Dukungan Orangtua terhadap Kegiatan Belajar dan Bekerja pada Anak Sekolah di Wilayah Perdesaan

Authors

  • Abdul Rahman Program Studi Pendidikan Antropologi, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Nikodemus Niko Program Studi Sosiologi, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Indonesia
  • Rosramadhana Rosramadhana Program Studi Pendidikan Antropologi, Universitas Negeri Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.981

Abstract

Belajar dan bekerja bagi anak sekolah merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dalam masyarakat agraris. Fenomena ini dijumpai di Sulawesi Selatan, khususnya di Desa Bulutellue. Artikel ini bertujuan menganalisis bentuk aktivitas belajar bagi anak sekolah, dan keterlibatannya dalam melakukan aktivitas bekerja. Penelitian ini berjenis fenomenologi yang menempatkan informan yaitu Orangtua dan anak sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Data dianalisis dengan model interaktif Miles dan Huberman untuk reduksi data, display data, dan verivikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Orangtua mendukung dan menvasilitasi anak-anak mereka untuk belajar secara formal maupun informal sekaligus memberikan kesempatan kepada anak-anaknya untuk bekerja di luar waktu sekolah sebagai bentuk latihan dan keterampilan dalam menghadapi kehidupan setelah mereka membina rumah tangga. Sehingga, belajar dan bekerja merupakan model pembinaan anak pada masyarakat petani di Desa Bulutellue, sehingga penelitian ini berimplikasi terhadap munculnya pengecualiaan pemberlakuan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan pada lingkungan keluarga petani.      

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-09-20

How to Cite

Rahman, A., Niko, N., & Rosramadhana, R. (2024). Dukungan Orangtua terhadap Kegiatan Belajar dan Bekerja pada Anak Sekolah di Wilayah Perdesaan. Journal of Education Research, 5(4), 4485–4495. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.981

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check