Pengembangan Asesmen Pembelajaran Matematika untuk Menguji Kemampuan Bernalar Kritis dan Kreatif Siswa Sekolah Menengah Atas

Authors

  • Agus Priyanto Program Studi Magister Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Agung Hartoyo Program Studi Magister Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Evi Noviani Program Studi Magister Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Tanjungpura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.975

Keywords:

Bernalar Kritis dan Kreatif, Asesmen Pembelajaran Matematika, SPLTV

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan asesmen pembelajaran matematika untuk menguji kemampuan bernalar kritis dan kreatif. Subjek uji coba penyebaran dalam penelitian adalah siswa kelas X IPA dua SMA Negeri tiga Sanggau. Objek penelitian ini adalah asesmen pembelajaran matematika pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel  untuk menguji kemampuan bernalar kritis dan kreatif siswa SMA Negeri tiga Sanggau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asesmen pembelajaran matematika sangat layak untuk digunakan, dimana hasil validasi dari ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media menunjukkan asesmen SPLTV dikategorikan hasil tersebut secara keseluruhan asesmen pembelajaran matematika materi SPLTV ini sangat layak untuk digunakan pada asesmen pembelajaran di kelas sepuluh. Sedangkan hasil ujicoba asesmen bernalar kritis terhadap tiga puluh lima siswa memperlihatkan hasil delapan siswa berada pada kategori baik, empat belas siswa berada pada kategori cukup dan tiga belas orang siswa dengan kategori kurang. Sedangakan berdasarkan kemampuan berpikir kreatif memperlihatkan lima siswa berada pada kategori baik, delapan belas siswa berada pada kategori cukup dan dua belas orang siswa dengan kategori kurang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraena, Y., dkk. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan dasar, dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Arikunto, (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineke Citra

Lestari, K.E dan Ridwan M. (2016). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Alfabeta.

Hassoubah. (2004). Developing Creative & Critical Thinking Skills. Bandung: Nuansa Cendekia.

Sari, E.N., & Rahardjo, S.B. (2021). Developing Critical and Creative Thinking Skills through Mathematical Story Problems. Journal on Mathematics Education, 12(2), 195-206.

Satria, M.R., Andiarti, A., dan Herutami, I. (2021). Panduan Pengembangan Penguatan Projek Profil Pelajar Pancasila Jenjang Pendidikan Dasar dan menengah (SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA). Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Shalahuddin. (2006). Identifikasi Level Berfikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Open Ended pada Materi SPLTV. Jurnal Pendidikan, 4(2), 188-195.

Thiagarajan. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children A Source Book. Indiana: ERIC

Widoyoko. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

BSKAP, Kemendikbud. 2022. Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Retrieved Oktober 2022, from http://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/07/V.2-Dimensi-elemen-subelemen-Profil-Pelajar-Pancasila-pada-Kurikulum-Merdeka.pdf

Gokhale. Anuradha A. (2002). Collaborative Learning Enhances Critical Thinking. http:// scholar. lib. vt. Edu/ enjournals/ JTE.

Harriman. 2017. “Berfikir Kreatif.” Journal of Chemical Information and Modeling, Vol. 53, No. 9, 1689–1699.

Respon Asesmen Nasional. (2022). Rapor Mutu Pendidikan Jenjang SMA Provinsi Kalimantan Barat. Jakarta: Puspendik. Diunduh dari laman https://pusmendik.kemdikbud.go.id/profil_pendidikan (2023-02-23 18:45:59)..

Sari, E. N., & Rahardjo, S. B. (2021). Developing Critical and Creative Thinking Skills through Mathematical Story Problems. Journal on Mathematics Education, 12(2), 195-206

Shute, V.J., & becker, B.J. (Eds). (2022). Innovative Assessment for the 21st Century: Supporting Educational Needs. Routledge

Downloads

Published

2024-04-24

How to Cite

Priyanto, A., Hartoyo, A., & Noviani, E. (2024). Pengembangan Asesmen Pembelajaran Matematika untuk Menguji Kemampuan Bernalar Kritis dan Kreatif Siswa Sekolah Menengah Atas. Journal of Education Research, 5(2), 1139–1146. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.975

Issue

Section

Articles

Citation Check