Pengembangan Asesmen Pembelajaran Matematika untuk Menguji Kemampuan Bernalar Kritis dan Kreatif Siswa Sekolah Menengah Atas
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.975Keywords:
Bernalar Kritis dan Kreatif, Asesmen Pembelajaran Matematika, SPLTVAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan asesmen pembelajaran matematika untuk menguji kemampuan bernalar kritis dan kreatif. Subjek uji coba penyebaran dalam penelitian adalah siswa kelas X IPA dua SMA Negeri tiga Sanggau. Objek penelitian ini adalah asesmen pembelajaran matematika pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel untuk menguji kemampuan bernalar kritis dan kreatif siswa SMA Negeri tiga Sanggau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asesmen pembelajaran matematika sangat layak untuk digunakan, dimana hasil validasi dari ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media menunjukkan asesmen SPLTV dikategorikan hasil tersebut secara keseluruhan asesmen pembelajaran matematika materi SPLTV ini sangat layak untuk digunakan pada asesmen pembelajaran di kelas sepuluh. Sedangkan hasil ujicoba asesmen bernalar kritis terhadap tiga puluh lima siswa memperlihatkan hasil delapan siswa berada pada kategori baik, empat belas siswa berada pada kategori cukup dan tiga belas orang siswa dengan kategori kurang. Sedangakan berdasarkan kemampuan berpikir kreatif memperlihatkan lima siswa berada pada kategori baik, delapan belas siswa berada pada kategori cukup dan dua belas orang siswa dengan kategori kurang.
Downloads
References
Anggraena, Y., dkk. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan dasar, dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Arikunto, (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineke Citra
Lestari, K.E dan Ridwan M. (2016). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Alfabeta.
Hassoubah. (2004). Developing Creative & Critical Thinking Skills. Bandung: Nuansa Cendekia.
Sari, E.N., & Rahardjo, S.B. (2021). Developing Critical and Creative Thinking Skills through Mathematical Story Problems. Journal on Mathematics Education, 12(2), 195-206.
Satria, M.R., Andiarti, A., dan Herutami, I. (2021). Panduan Pengembangan Penguatan Projek Profil Pelajar Pancasila Jenjang Pendidikan Dasar dan menengah (SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA). Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Shalahuddin. (2006). Identifikasi Level Berfikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Open Ended pada Materi SPLTV. Jurnal Pendidikan, 4(2), 188-195.
Thiagarajan. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children A Source Book. Indiana: ERIC
Widoyoko. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
BSKAP, Kemendikbud. 2022. Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Retrieved Oktober 2022, from http://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/07/V.2-Dimensi-elemen-subelemen-Profil-Pelajar-Pancasila-pada-Kurikulum-Merdeka.pdf
Gokhale. Anuradha A. (2002). Collaborative Learning Enhances Critical Thinking. http:// scholar. lib. vt. Edu/ enjournals/ JTE.
Harriman. 2017. “Berfikir Kreatif.” Journal of Chemical Information and Modeling, Vol. 53, No. 9, 1689–1699.
Respon Asesmen Nasional. (2022). Rapor Mutu Pendidikan Jenjang SMA Provinsi Kalimantan Barat. Jakarta: Puspendik. Diunduh dari laman https://pusmendik.kemdikbud.go.id/profil_pendidikan (2023-02-23 18:45:59)..
Sari, E. N., & Rahardjo, S. B. (2021). Developing Critical and Creative Thinking Skills through Mathematical Story Problems. Journal on Mathematics Education, 12(2), 195-206
Shute, V.J., & becker, B.J. (Eds). (2022). Innovative Assessment for the 21st Century: Supporting Educational Needs. Routledge
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Agus Priyanto, Agung Hartoyo, Evi Noviani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).