Pengembangan Ensiklopedia Tema Ekosistem Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman untuk Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Amalia Risqy Nafisah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
  • Fitri Indriani Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.970

Keywords:

Ensiklopedia, Ekosistem Terintegrasi, Nilai-Nilai Keislaman

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya temuan di lapangan masih terbatasnya sumber belajar IPA utamanya adalah Ensiklopedia. Salah satu faktornya adalah harga Ensiklopedia yang cukup mahal. Sehingga, guru lebih mengutamakan menggunakan buku atau sumber belajar yang lebih murah dan terjangkau harganya terutama bagi peserta didik. Pembelajaran IPA yang diberikan oleh guru belum diintegrasikan dengan nilai-nilai keislaman. Sehingga mata pelajaran IPA dengan agama terkesan dikotomik. Sementara mata pelajaran IPA memiliki relasi yang cukup untuk diintegrasikan dengan ilmu agama. Hal ini penting agar peserta didik terhindar dari split personality. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development model empat D yaitu Define, Design, Development, and Disseminate. Penilaian kualitas melalui uji validasi oleh ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Penilaian kelayakan melalui penilaian guru dan peserta didik kelas IV dan V SD Muhammadiyah Semoya dengan uji coba kelompok kecil. Pengambilan data berdasarkan hasil dari angket penilaian. Berdasarkan hasil pengembangan diperoleh penilaian kualitas produk materi, media, dan bahasa sebesar delapan empat koma tiga sangat baik. Penilaian aspek kelayakan produk dari hasil uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata sebesar sembilan puluh delapan sangat baik dan penilaian dari guru diperoleh rata-rata sebesar sembilan puluh empat sangat baik. Selanjutnya jumlah keseluruhan skor dari penilaian ahli, guru dan peserta didik memperoleh skor lima ratus sembilan puluh dengan rata-rata sembilan puluh delapan sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa produk media ensiklopedia terintegrasi nilai-nilai keislaman berkualitas dan layak untuk digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adwaiyah, R., & Kartika, I. (2021). Pengembangan Ensiklopedia IPA Berbasis Integrasi-Interkoneksi Islam-Sains sebagai Sumber Belajar Mandiri Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah. EDUSAINS, 13(1), 35–45.

Al-Tabany Badar, T. I. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual. Jakarta: Prenada Media.

Andini, S., Anjarini, T., & Khaq, M. (2022). Ensiklopedia Digital Berbasis HOTS Terintegrasi Karakter pada Materi IPA Kelas 5 SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 605–614.

Arnentis, & Suryawati, E. (2015). Analisis Pemahaman dan Penguatan Karakter Mahasiswa melalui Integrasi Ayat-Ayat Qauliyah pada Materi Perkuliahan Perkembangan Hewan. Seminar Nasional XII : Biologi, Sains, Lingkungan, Dan Pembelajarannya, 602–606.

Astuti Juli, M. I., & Sakti, P. K. (2016). Erlangga Straight Point Series. Penerbit Erlangga.

Bagir Abidin, Z. (2005). Integrasi ilmu dan agama : interpretasi dan aksi. Yogyakarta: Mizan Baru Utama.

Bayu, D. (2020). Mengapa Orang Indonesia Suka Buang Sampah Sembarangan. Www.Kompas.Com. https://www.kompas.com/tren/read/2020/11/05/191000265/mengapa-orang-indonesia-suka-buang-sampah-sembarangan-

Dwijayani, N. M. (2019). Development of Circle Learning Media to Improve Student Learning Outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187.

Edarwati, S. (2018). Pengembangan Ensiklopedia IPA Berbasis Integrasi Islam untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Kelas IV SD Negeri 003 Enok Kecamatan Enok. Jurnal Al-Aulia, 4(01), 40–57.

Farida, C., Destiniar, & Fuadiah, N. F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Materi Penyajian Data. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2258–2267.

Ismail, M. J. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59–68.

Kounlaxay, K., Shim, Y., Kang, S. J., Kwak, H. Y., & Kim, S. K. (2021). Learning Media on Mathematical Education Based on Augmented Reality. KSII Transactions on Internet and Information Systems, 15(3), 1015–1029.

Kumala, F. N., Ika, C., Nita, R., Agustin, A. V., & Malang, U. K. (2020). Pengembangan Ensiklopedia Bangun Ruang Berbasis Inkuiri untuk Kelas 5 Sekolah Dasar. Seminar Nasional PSD UNIKAMA, 4, 207.

Masduki, L. R., Paridjo, P., & Kurniasih, E. (2016). Pengembangan Media Matematika Ensiklopedia Dengan Pendekatan Matematika Realistik di Sekolah Dasar. JIPMat, 1(1).

Muakhiri, B. (2014). Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa SD. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 0(1).

Prihartana, W. (2015). Ensiklopedia Umum. Jurnal Adabiya, 5(85), 1–14.

Purba Novelindah, T., Pangaribuan, F., & Hutauruk, A. J. (2022). Pengembangan LKS Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika dengan Konteks Gonrang Sipitu Pitu Simalungun pada Materi Geometri Bangun Ruang Tabung. Jurnal Basicedu, 6(3), 524–532.

Purbosari, P. M. (2016). Pembelajaran Berbasis Proyek Membuat Ensiklopedia Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk Meningkatkan Academic Skill pada Mahasiswa. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 231.

Qadir Abd, M. H. (2019). Integralisasi Ilmu Pengetahuan Upaya Konversi Iain Menjadi UIN. CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman, 5(1).

Rahma Arina, R., Sucipto, H., Ishaq, M., Affriyenni, Y., & Hidayati, S. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh pada PAUD (Pengembangan Metode Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemic Covid-19 Melalui Virtual Learning dalam Optimalisasi Perkembangan Anak Usia Dini. Madiun: Bayfa Cendekia Indonesia.

Robi’in, B., Purwanti, S. dan, & Pujiyono, W. (2019). Pemanfaatan Sistem Pembelajaran Online untuk Guru, Orang Tua, dan Siswa Sekolah Dasar Muhammadiyah Condongcatur Sleman. Prosiding SENADIMAS Ke-4, 4, 544–550.

Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Susilana, R., & Riyana, C. (2007). Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.

Wiji, S. (2011). Perpustakaan & Buku: Wacana Penulisan & Penerbitan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Yasa, A. D., Nita, C. I. R., & Putri, A. M. I. (2020). Pengembangan Ensiklopedia Tata Surya Berbasis Pendekatan Inkuiri untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. BADA’A : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 137–146.

Yuanita, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran di Masa Pandemi Berbasis Audio Visual dan Nilai-nilai Keislaman untuk Sekolah Dasar. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 31.

Zabidi Marhamah Nur Fatin, Norshariani Abd Rahman, L. H. (2021). Integration of Islamic Values for Environmental Conservation: An Analysis of School Textbooks. Religions, 12(509), 1–18.

Downloads

Published

2024-04-24

How to Cite

Nafisah, A. R., & Indriani, F. (2024). Pengembangan Ensiklopedia Tema Ekosistem Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman untuk Siswa Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 5(2), 1129–1138. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.970

Issue

Section

Articles

Citation Check