Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.964Keywords:
Pembelajaran berdiferesiansi, sekolah dasar, Gaya BelajarAbstract
Pembelajaran berdiferensiasi sangat penting diimplementasikan di sekolah dasar, mengingat hal tersebut akan sangat bermanfaat bagi siswa untuk menunjukan kemampuannya baik itu kognitif maupun non kognitif. Riset ini bertujuan untuk mengukur berapa besar pengaruh pembelajaran berdiferensiasi di sekolah dasar, terutama pada aspek kognitif. Metode riset mengadopsi riset kuasi eksperimen dengan sampel siswa kelas empat sekolah dasar yang berjumlah empat puluh delapan siswa. Hasil riset menunjukan bahwa pembelajaran berdiferensiasi berpengaruh terhadap kemampuan aspek kognitif siswa sekolah dasar. Teridentifikasi juga gaya belajar mereka kedalam tiga kelompok, yaitu visual, auditori, dan kinestetik. Pembelajaran berdiferensiasi sangat penting dilakukan guru untuk memetakan gaya belajar siswa, dengan demikian guru akan mudah untuk menentukan pembelajaran. Kemampuan siswa akan lebih meningkatkan apabila guru memiliki profil siswa yang lengkap.
Downloads
References
Azmy, B., & Fanny, A., M. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Inventa : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 217–223.
Elviya, D., D., & Sukartiningsih, W. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar di SDN Lakarsantri I/472 Surabaya. JPGSD, 11(08), 1780–1793.
Farid, I., Yulianti, R., Hasan, A., & Hilaiyah, T. (2022). Strategi Pembelajaran Diferensiasi dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 11177–11182. https://doi.org/10.19184/se.v6i1.40019
Fitriah, I., & Widiyono, A. (2023). Analisis Kesulitan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Bagian Tubuh Tumbuhan di Sekolah Dasar. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(2), 961–974. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i2.302
Lestari, Hadarah, & Soleha. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar Negeri 10 Pangkalpinang. EDOIS: International Journal of Islamic Education, 1(2), 49–58. https://doi.org/10.32923/edois.v1i02.3710
Manggalastawa. (2023). Analisis Pembelajaran yang Berdiferensiasi pada Pelajaran Matematika Kurikulum Merdeka di SD. Jurnal Analisis Ilmu Pendidikan Dasar, 1(2), 34–40.
Marzoan. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar (Tinjauan Literature dalam Implementasi Kurikulum Merdeka). Renjana Pendidikan Dasar, 3(2), 113–122.
Miqwati, Susilowati, E., & Moonik, J. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 30–38. https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i1.4997
Pramudianti, M., Huda, C., Kusumaningsih, W., & Wati, C., E. (2023). Kefektifan Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Muatan Pelajaran PPKn Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(2), 1305–1312. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i2.4978
Ramadhan, W., Rifana, F., Meisya, R., Putro, K., Z., & Frasandy, R., N. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 32(01), 1–14. https://doi.org/10.37640/jcv.v3i2.1869
Rukmi, D., A., Nisa, A., F., Yustina, A., Vitriani, D., & Nurhayati, S. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Menumbuhkan Percaya Diri Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(4), 798–810. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i4.1824
Saputri, D., A., Nuroso, H., & Sulianto, J. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Perkembangan Kognitif Peserta Didik Sekolah Dasar. Journal on Education, 06(01), 4083–4090.
Sarie, F., N. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar Kelas VI. Jurnal Pendidikan Dasar : Jurnal Tunas Nusantara, 4(2), 492–498. https://doi.org/10.34001/jtn.v4i2.3782
Sulastini, R., Irnawati, R., Agustini, T., & Stefanie, S. (2023). Pendampingan Penyusunan Dokumen Rencana Pembelajaran Berdiferensiasi dan Asesmen dalam KOSP Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar di Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur. Journal of Education Research, 4(4), 2228–2235.
Wahyuni, R., & Witarsa, R. (2023). Penerapan Metode Inkuiri untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 4(1), 203–209.
Widyawati, R., & Rachmadyanti, P. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi IPS di Sekolah Dasar. JPGSD, 11(2), 365–379. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/52775
Yati, Y., Minsih, Fauziati, E., & Hidayati, Y., M. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Modelitas Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 726–735. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5147
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Dini Xena Dista, Neni Hermita, Retno Agnes Triani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).