Peran Artificial Intelligence sebagai Salah Satu Faktor dalam Menentukan Kualitas Mahasiswa di Era Society 5.0
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.963Abstract
Artificial Intelligence merupakan salah satu bagian dari teknologi yang mampu melakukan berbagai hal layaknya manusia dalam berpikir, memahami, dan bertindak. Mahasiswa termasuk salah satu sumber daya manusia yang sering menggunakan bantuan Artificial Intelligence dalam berbagai kegiatan dalam menunjang pembelajaran mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Artificial Intelligence sebagai salah satu faktor yang dapat menentukan kualitas mahasiswa di era society lima titik nol. Penelitian ini dilakukan berdasarkan pendekatan studi atau penelitian literatur yang merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, yakni Artificial Intelligence atau AI memiliki beberapa dampak yang dapat terjadi terhadap kemampuan kognitif mahasiswa, dampak positif yang dapat timbul adalah meningkatnya wawasan dan menjadikan mahasiswa lebih produktif apabila teknologi AI dimanfaatkan dengan baik. Sebaliknya, apabila teknologi AI tidak dimanfaatkan dengan baik, akan timbul permasalahan yang lebih buruk yaitu melemahnya kemampuan berpikir mahasiswa dikarenakan ketergantungan pada AI tersebut.
Downloads
References
Fukuyama Mayumi, “Society 5.0: Aiming for a New Human-Centered Society,” Japan SPOTLIGHT, vol., no. Society 5.0, pp. 1–4, 2018, [Online]. Available: http://www8.cao.go.jp/cstp/
M. Ngafifi, “Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya,” J. Pembang. Pendidik. Fondasi dan Apl., vol. 2, no. 1, pp. 33–47, 2014, doi: 10.21831/jppfa.v2i1.2616.
J. Kristiyono, “Budaya Internet: Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Mendukung Penggunaan Media Di Masyarakat,” Scriptura, vol. 5, no. 1, pp. 23–30, 2015, doi: 10.9744/scriptura.5.1.23-30.
S. L. Zahara, Z. U. Azkia, and M. M. Chusni, “Implementasi Teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam Bidang Pendidikan.,” J. Penelit. Sains dan Pendidik., vol. 3, no. 1, pp. 15–20, 2023, doi: 10.23971/jpsp.v3i1.4022.
Condoleezza Rice, J. B. Taylor, J. Widom, and A. Zegart, “the Stanford Emerging Technology Review 2023,” 2023.
Fujitsu, “The advance of artificial intelligence,” 2020, [Online]. Available: https://www.fujitsu.com/global/imagesgig5/fjc_advance-of-ai.pdf
M. Sobron and Lubis, “Implementasi Artificial Intelligence Pada System Manufaktur Terpadu,” Semin. Nas. Tek. UISU, vol. 4, no. 1, pp. 1–7, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek/article/view/4134
V. A. Putri, K. Carissa, A. Sotyawardani, and R. A. Rafael, “Peran Artificial Intelligence dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa di Universitas Negeri Surabaya,” Pros. Semin. Nas., pp. 615–630, 2023.
Muhammad Yahya, Wahyudi, and Akmal Hidayat, “Implementasi Artificial Intelligence (AI) di Bidang Pendidikan Kejuruan Pada Era Revolusi Industri 4.0,” Semin. Nas. Dies Natalis 62, vol. 1, pp. 190–199, 2023, doi: 10.59562/semnasdies.v1i1.794.
E. R. Hadian, Tantan, Berteman dengan ChatGPT: Sebuah Transformasi dalam Pendidikan. Jakarta: Edu Publiser, 2023.
S. R. Kusumaningrum et al., “Persepsi Dosen Di Indonesia Terhadap Penggunaan Chatgpt Di Lingkup Akademik,” Community Dev. J. J. Pengabdi. Masy., vol. 4, no. 6, pp. 11898–11905, 2023, [Online]. Available: http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/22861
S. Lay et al., “Strategi Mempertahankan Reputasi Perguruan Tinggi untuk Menjaga Mutu Pendidikan di Era Global,” J. Educ. Res., vol. 5, no. 1, pp. 323–329, 2024.
D. M. A. Lexy J. Moleong, Moleong, Lexi J, 2014. ” Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi”. Bandung : Remaja Rosdakarya., vol. 4, no. 2. 2019.
E. Hamdi, A. S., & Bahruddin, Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish, 2014.
A. Supratiknya, Purwanto. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar., 2015.
M. Calderon, A., & Ruiz, A systematic literature Review on serious games evaluation: An application to software project management. Computers & Education, 2015.
E. Susanto, “Analisis Implementasi Kecerdasan Buatan DalamPembelajaran,” Sindoro Cendekia Pendidik., vol. 1, no. 8, pp. 101–112, 2023.
A. Arly, N. Dwi, and R. Andini, “Implementasi Penggunaan Artificial Intelligence Dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa Ilmu Komunikasi di Kelas A,” Pros. Semin. Nas., pp. 362–374, 2023.
A. Syahputra, E. Sukmawati, R. Syafitri, S. Ar Ridho Jl Labuhan Tanggga Besar Kecamatan Bangko Kab Rokan hilir, I. Tafakkuh Fiddin Dumai, and U. Muhammadiyah Riau, “Dampak Buruk Era Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Remaja Usia Sekolah (dalam Perspektif Pendidikan Islam),” J. Educ. Res., vol. 4, no. 3, pp. 1265–1271, 2023, [Online]. Available: https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/402
H. Hidayah and M. Hidayat, “Hubungan kemampuan manajemen kelas dengan aktivitas belajar siswa di mis al-washliyah kualuh leidong,” J. mumtaz Sekol. tinggi ilmu Tarb. mumtaz karimun, vol. 3, no. 1, pp. 21–31, 2023, [Online]. Available: http://e-journal.stitmumtaz.ac.id/index.php/stitmumtaz/article/view/92/75
Lestari, S., Usadiati, W., & Misrita. (2021). Bahasa: Jurnal Keilmuan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia The Correlation Between Students ’ Artificial Intelligence And Their English Reading Skills Achievement. Jurnal Keilmuan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 103–111.
Adinda, A., Nanda, D., Rea, A. (2023). Implementasi Penggunaan Artificial Intelligence Dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa Ilmu Komunikasi di Kelas A. Prosiding Seminar Nasional Universitas Negeri Surabaya, pp. 362-374.
Jenita, J., Saputra, A. M. A., Salwa, S., Wijayanto, G. W., Haryanto, H., & Novandalina, A. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence Dalam Menyusun Artikel Ilmiah Terindeks Sinta. Community Development . Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 04(5), 10292–10299.
Velda, A., P., Putri, Kadek C., A., S., & Raihan A., R. (2023). Peran Artificial Intelligence dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa di Universitas Negeri Surabaya. Prosiding Seminar Nasional Universitas Negeri Surabaya, pp. 615-630.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Ahmad Yani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).