Implementasi Pendidikan Multikultural sebagai Penguatan Nilai Karakter Santri di Pondok Pesantren Darul Mujahadah Kabupaten Tegal

Authors

  • Mohammad Eko Hadi Kuncoro Program Studi Magister Pedagogi, Pascasarjana, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Maufur Maufur Program Studi Magister Pedagogi, Pascasarjana, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Basukiyatno Basukiyatno Program Studi Magister Pedagogi, Pascasarjana, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

Keywords:

Pendidikan Multikultural, Nilai Karakter

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan implementasi pendidikan multikultural di Pondok Pesantren Darul Mujahadah, (2) Mendeskripsian faktor yang mendukung penguatan nilai karakter dalam implementasi pendidikan multikultural di Pondok Pesantren Darul Mujahadah, dan (3) Mendeskripsikan faktor penghambat implementasi pendidikan multikultural sebagai penguatan nilai karakter di Pondok Pesantren Darul Mujahadah Kabupaten Tegal. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif studi kasus, di mana peneliti fokus untuk menyelidiki kondisi objek penelitian yang bersifat alamiah dengan penekanan pada pemahaman makna. Teknik pengambilan data melalui observasi lapangan dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan implementasi pendidikan multikultural di Pondok Pesantren Darul Mujahadah antara lain: Materi pembelajaran diintegrasikan dengan nilai-nilai multikultural, seperti toleransi, penghargaan terhadap perbedaan, dan persatuan dalam keragaman. Metode pembelajaran yang digunakan mendorong interaksi dan kerjasama antar santri dari berbagai latar belakang budaya. Pesantren mengadakan kegiatan-kegiatan yang mempromosikan multikultural, seperti gebyar budaya santri. Faktor yang mendukung penguatan nilai karakter dalam implementasi pendidikan multikultural antara faktor internal yang terdiri atas kurikulum pesantren, kegiatan belajar mengajar yang interaktif, kegiatan ekstrakurikuler, keteladanan dari kyai, ustadz/ustadzah dan lingkungan pesantren yang kondusif. Faktor eksternal terdiri atas dukungan dari orang tua santri, kerjasama dengan masyarakat, dan dukungan dari pemerintah. Sedangkan faktor penghambat terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terdiri dari kurikulum yang belum sepenuhnya mengintegrasikan pendidikan multikultural dengan pendidikan karakter, keterbatasan sumber daya manusia, keterbatasan sarana dan prasarana, sikap dan mentalitas santri, tradisi dan budaya yang belum sepenuhnya mendukung pendidikan multikultural. Sedangkan faktor eksternal adalah  kurangnya dukungan dari orang tua santri, sikap masyarakat yang resisten terhadap perubahan terhadap budaya lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd al-Qadir Audah, 1985, at-Tasyri’ al-Jinaiy al-Islamiy, Juz II, Beirut: Dar al-Fikr al-Arabi.

Abd al-Wahhab Khalaf, 1978, Ilm Ushul al-Fiqh, Kuwait: Dar al-Qalam.

Adrian, 2017, Metodologi Penelitian, Tulungangung: Akademia Pustaka Arikunto.

Anisa Medina (2022). Toleransi: Pengertian, Tujuan dan Unsur di Dalamnya. https://fahum.umsu.ac.id/toleransi-pengertian-tujuan-dan-unsur-di-dalamnya/. Diakses tanggal 2 Januari 2023.

Arifin, Armani, 2014, Pengantar Ilmu Dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta:Ciputat Pres.

Arifin, Zainal, 2002, Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arifin,H. M, 1978, Pokok-pokok Tentang Bimbingan dan Penyuluhan Agama di Sekolah Maupun di Luar Sekolah, Jakarta: Bulan Bintang.

Arikunto, Suharsimi, 2022, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Asmani, Jamal Ma’mur Asmani, 2011, Tuntunan Lengkap Metodologi Praktis Penelitian Pendidikan, Yogyakarta: Diva Press.

Assegaf, Abd. Rahman, 2013, Aliran Pemikiran Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Athiyyah al-Abrasyi, 1969, At-Tarbiyyah al-Islamiyyah wa Falsafatuha, Beirut: Dar al-Fikr.

Badriah, Siti (2021). Implementasi: Pengertian, Tujuan, dan Jenis-Jenisnya. https://www.gramedia.com/literasi/implementasi/#:~:text=Implementasi%20adalah%20adanya%20suatu%20kegiatan,dilakukan%20untuk%20mencapai%20suatu%20tujuan. Diakses tanggal 2 Januari 2023.

Baidhawi, Zakiyuddin, 2007, Pendidikan Agama Berwawan Multikultural, Jakarta: Erlangga.

Darmadi, 2017, Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa, Yogyakarta: Deepublish.

Departemen Agama RI, 2006, Nama dan Data potensi pondok-pondok pesantren Indonesia. Jakarta: Depag RI

Departemen Pendidikan Nasional (2004). Kurikulum 2004. Standard Kompetensi Taman Kanak-kanak dan Raudatul Athfal. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan TK dan SD.

Dhofier, Zamakhsyari, 2011, Tradisi Pesantren, Jakarta: LP3ES.

Effendi, Ahmad, 2020, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural di SMAS Paramarta 1 Seputih Banyak, Tesis, UIN Raden Intan Lampung.

Effendi, Johan, 2004, Kemusliman dan Kemajemukan Agama, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Effendy, Bahar. Konsep Aswaja ala Mbah Hasyim Asy'ari. Jombang: Maktabah Pustaka Warisan Islam, Tebuireng, 2009. (Pembahasan tentang Peran KH. M. Hasyim Asy'ari dalam Pendidikan Pesantren)

Fahrani, Dian (2022). Implementasi Pendidikan Multikultural sebagai Upaya Penguatan Nilai Karakter Toleransi Sdn Kapuk Muara 01. https://www.neliti.com/publications/464779 /implementasi-pendidikan-multikultural-sebagai-upaya-penguatan-nilai-karakter-tol. 2022 // DOI: 10.29040/jie.v6i2.5229.

Fitri, Agus Zaenul, 2012, Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Haryono, Anwar, Hukum Islam: Keluasan dan Keadilan, Jakarta: Bulan Bintang, 1968.

Ibrohim, 2018, Metode Penelitian Kualitatif: Panduan Penelitian beserta contoh Proposal Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Idi, Abdullah, 2011, Sosiologi Pendidikan : Individu, Masyarakat, dan Pendidikan, Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.

Ildi, Abdullah, 2017, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik, Yogyakarta; Ar Ruz Media.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, 2008.

Karimah, Ummah, 2018, Pondok Pesantren dan Pendidikan: Relevansinya Dalam Tujuan Pendidikan, Misykat, Volume 03, Nomor 01, Juni.

Kompas.com (2023) "Pengertian Toleransi: Unsur, Tujuan, dan Manfaat". https://www.kompas.com/skola/read/2023/03/23/220000469/pengertian-toleransi--unsur-tujuan-dan-manfaat?page=all. Diakses tanggal 2 Januari 2023.

Kompri, 2018, Manajemen Dan Kepemimpinan Pondok Pesantren, Jakarta: Prenada Media.

Kuntoro, Sodiq A., 1988, Hubungan antara beberapa Faktor Guru, Strategi, Intruksional, dan Hasil Belajar Siswa taman Kanak-kanak, Disertasi S3. Fakultas Pasca Sarjana Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jakarta. Maret 1988.

Kurniawan, Syamsul, 2014, Pendidikan Karakter: Konsepsi & Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi dan Masyarakat, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Langgulung, H, 1986, Manusia dan Pendidikan: Suatu Analisa PSikologi, dan Pendidikan, Jakarta: Pustaka Al-Husna.

Lathiful Khuluq. (2000). Fajar Kebangunan Ulama Biografi KH. Hasyim Asy'ari. Yogyakarta: LKIS.

Laudia Tysara. (2023). Pengertian Pendidikan, Pahami Tujuannya Menurut Undang-Undang. https://www.liputan6.com/hot/read/5310230/pengertian-pendidikan-pahami-tujuannya-menurut-undang-undang?page=3. Diakses tanggal 2 Januari 2023.

Lickona, Thomas, 2012, Mendidik Untuk Membentuk Karakter: BagaimanaSekolah dapat Memberikan Pendidikan Sikap Hormat dan Bertanggung Jawab. (Penerjemah: Juma Abdu Wamaungo), Jakarta: Bumi Aksara.

Madjid, Abd, 2016, Pengembangan Kinerja Guru, Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru.

Magono S., 2010, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Maksum, A., Latifah, N., Marini, A., 2021, Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar (Sebuah Studi Pustaka), Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara.

Manab, Abdul, 2018, Manajemen Perubahan Kurikulum: Mendesain Pembelajaran, Yogyakarta: Kailmedia.

Mas’ud, Abdurrahman, 2005, Reproduksi Ulama di Era Globalisasi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Masdudi, 2015, Bimbingan Dan Konseling Perspektif Sekolah, Cirebon: Nurjati Press.

Masnur, Muslich, 2011, Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Jakarta: Bumi Aksara.

Mastuhu, 1994, Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren, Jakarta: INIS.

Moleong, Lexy J, 2017, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Muchlas Samani dan Hariyanto, 2002, Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ngalim, Purwanto, 2009, Ilmu Pendidikan Teoretis Dan Praktis, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Praja, Juhaya S., 1988, Epistemologi Hukum Islam, Jakarta: IAIN.

Qomar, Muzammil, 2007, Manajemen Pendidikan Islam, Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Rahman, Abd, 2022, Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan, Al Urwatul Wutsqa: Volume 2, No. 1; Juni 2022.

Ramadhani, Suci (2022) "Pengertian pondok pesantren, ketahui fungsi dan tujuan dibentuknya": https://www.brilio.net/wow/pengertian-pondok-pesantren-ketahui-fungsi-dan-tujuan-dibentuknya-220908f.html. Diakses tanggal 2 Januari 2023.

Ramayulis, 2002, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia.

Samoperna. (2022). Pendidikan Multikultural, Tujuan, Fungsi dan Prinsipnya. https://www.sampoernaacademy.sch.id/id/pendidikan-multikultural/. Diakses tanggal 2 Januari 2023.

Setiawan, Guntur, 2004, Implementasi dalam Birokrasi Pembangunan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Shihab, Quraish, 2010, Membumikan Al-Qur'an, Jakarta: Lentera Hati.

Soebahar, Abdul Halim, 2013, Modernisasi Pesantren: Studi Transformasi Kepemimpinan Kiai dan Sistem Pendidikan Pesantren, Jogjakarta: LkiS.

Solichin Abdul Wahab. (2018). Evaluasi Kritis: Reorientasi Evaluasi Kebijakan Publik dan Kebijakan Sosial. Jakarta: Prenada Media.

Sugiyono, 2019, Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatid dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sutopo, 2018, Pengantar Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press.

Syafriyanto, Eka, 2018, Implementasi Pembelajaran Agama Islam Berwawasan Rekontruksi Sosial, Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 6, November 2015 P. ISSN: 20869118.

Syahrulloh, moh, 2022, Penerapan Pendidikan Multikultural dalam Interaksi Santri di Pondok Pesantren Tahfizil Qur`an, Indonesian Proceedings and Annual Conference of Islamic Education (IPACIE), Available at: https://prosiding.uit lirboyo.ac.id/index.php/psnp/article/view/24 (Accessed: 13 December 2023).

Tilaar,H.A.R., 2003, Kekuasaan dan Pendidikan, Magelang: Teralitera.

Tohidi, Abi Iman, 2017, Konsep Pendidikan Karakter Menurut Al-Ghazali Dalam Kitab Ayyuha Al-Walad, OASIS : Jurnal Ilmiah Kajian Islam 2, no. 1.

Usman, Nurdin, 2002, Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: PT Raja Gravindo Persada.

Wiryosukarto, Amir Hamzah & Ahmad Fuad Effendi, 1996, KH. Imam Zarkasyi: Dari Gontor Merintis Pesantren Modern, Ponorogo: Gontor Press.

Downloads

Published

2024-04-07

How to Cite

Kuncoro, M. E. H., Maufur, M., & Basukiyatno, B. (2024). Implementasi Pendidikan Multikultural sebagai Penguatan Nilai Karakter Santri di Pondok Pesantren Darul Mujahadah Kabupaten Tegal. Journal of Education Research, 5(2), 1015–1025. Retrieved from https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/962

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)