The Dampak dan tantangan terhadap Transformasi kurikulum di Satuan Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.960Keywords:
Dampak, Tantangan, Transformasi KurikulumAbstract
Transformasi kurikulum merujuk pada proses perubahan signifikan atau perubahan besar dalam isi, struktur, atau metode pengajaran suatu kurikulum pendidikan. Ini melibatkan revolusi atau reformasi substansial dalam cara materi diajarkan, bagaimana siswa dinilai, dan bagaimana proses pembelajaran dirancang dan dilaksanakan. Dalam penelitian ini akan ulas lebih mendalam tentang dampak dan tantangan terhadap perubahan kurikulum di satuan pendidikan dikarenakan transformasi kurikulum di Indonesia harus memberikan perubahan yang positif bagi pengalaman belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan studi kepustakaan dan wawancara pada sekolah yang ada SDN sebelas Delta Pawan, SDN dua puluh dua Delta Pawan, SMPN dua Ketapang dan SMPN tiga Ketapang. Semua sampel sekolah tersebut masuk di dalam populasi sekolah yang berada di ruang lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Ketapang. Dari hasil studi dan wawancara maka didapatkan dampak dan tantangan terhadap transformasi kurikulum dipandang dari tiga aspek pengangku kepentingan pendidikan yaitu siswa, guru dan kepala sekolah. Maka dari hasil penelitian tersebut didapatkan dampak terhadap transformasi kurikulum di Indonesia sangat besar terutama dalam pengembangan diri terkait dengan teknologi informasi dan penting bagi sekolah untuk terus meningkatkan pendekatan pembelajaran guna memperbaiki hasil belajar siswa. Sedangkan tantangan terhadap transformasi pendidikan adalah setiap siswa dan guru dituntut berperan aktif dalam segala aspek pembelajaran di sekolah.
Downloads
References
Alimuddin, A., Juntak, J. N. S., Jusnita, R. A. E., Murniawaty, I., & Wono, H. Y. (2023). Teknologi Dalam Pendidikan: Membantu Siswa Beradaptasi Dengan Revolusi Industri 4.0. Journal on Education, 5(4), 11777–11790.
Aziz, F. Z., Setiawan, F., Hariadi, D., & Setianingsih, F. N. (2022). Transformasi kebijakan kurikulum pendidikan di Indonesia sebagai landasan pengelolaan pendidikan. Attractive: Innovative Education Journal, 4(2), 217–228.
Dendodi, D., Aunnurrahman, A., & Halida, H. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berdasarkan Landasan Filosofis Belalek Pada Masyarakat Melayu Sambas. Journal On Education, 6(1), 9381–9388.
Fakhruddin, M., Ananda, R., & Istiningsih, S. (2013). Perubahan Paradigma Dalam Organisasi Belajar Di Abad 21. Perspektif Ilmu Pendidikan, 27(2), 110–117.
Farid, A., & others. (2023). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 580–597.
Idris, M. H. (2023). Transformasi Kurikulum Merdeka dalam Mitigasi Pembelajaran di BKB PAUD HIU. Al Qalam, 11(1).
Jaya, H., Hambali, M., & Fakhrurrozi, F. (2023). Transformasi pendidikan: peran pendidikan berkelanjutan dalam menghadapi tantangan abad ke-21. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2416–2422.
Ngongo, V. L., Hidayat, T., & Wiyanto, W. (2019). Pendidikan Di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Prastowo, A. (2018). Transformasi kurikulum pendidikan dasar dan menengah di Indonesia. Jip (Jurnal Ilmiah PGMI), 4(2), 111–125.
Qolbi, S. K., & Hamami, T. (2021). Impelementasi asas-asas pengembangan kurikulum terhadap pengembangan kurikulum pendidikan agama islam. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1120–1132.
Qomariyah, N., & Maghfiroh, M. (2022). Transisi kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka: peran dan tantangan dalam lembaga pendidikan. Gunung Djati Conference Series, 10, 105–115.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kualitatif (Qualitative research approach). Deepublish.
Santika, I. G. N., Suarni, N. K., & Lasmawan, I. W. (2022). Analisis perubahan kurikulum ditinjau dari kurikulum sebagai suatu ide. Jurnal Education and Development, 10(3), 694–700.
Subadi, T. (2006). Metode penelitian kualitatif. Muhammadiyah University Press.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. In Alfabeta, Bandung.
Sukmawati, E., ST, S., Keb, M., Fitriadi, H., Pradana, Y., Dumiyati, M. P., Arifin, S. P., Saleh, M. S., Trustisari, H., Wijayanto, P. A., & others. (2022). Digitalisasi sebagai pengembangan model pembelajaran. Cendikia Mulia Mandiri.
Surachman, A., Putri, D. E., Nugroho, A., & others. (2024). Transformasi Pendidikan di Era Digital Tantangan dan Peluang. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(2), 52–63.
Suradi, A. (2018). Pendidikan berbasis multikultural dalam pelestarian kebudayaan lokal nusantara di era globalisasi. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 5(1), 111–130.
Thana, P. M., & Hanipah, S. (2023). Kurikulum Merdeka: Transformasi Pendidikan SD Untuk Menghadapi Tantangan Abad ke-21. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 281–288.
Turnip, R. S. (2023). Peningkatan Literasi Digital di Kalangan Pelajar: Pengenalan dan Praktik Penggunaan Teknologi Pendidikan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2302–2310.
Zaelani, Z., Junaidi, J., Muhammad, M., & Muhsinin, M. (2023). Transformasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Perkembangan Terkini dan Tantangan di Era Digital. Schemata: Jurnal Pasca Sarjana IAIN Mataram, 12(1), 67–80.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Dendodi Dendodi, Nurdiana Nurdiana, Yayuk Dwi Astuti, Aunurrahman Aunurrahman, Warneri Warneri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).