Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Projek dengan Metode Integrated Teaching and Learning pada Kurikulum Merdeka di Jenjang Pendidikan Dasar

Authors

  • Revan Dwi Erlangga Magister Pendidikan Islam, Universitas Islam Bandung, Indonesia
  • Nan Rahminawati Magister Pendidikan Islam, Universitas Islam Bandung, Indonesia
  • Asep Dudi Suhardini Magister Pendidikan Islam, Universitas Islam Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.958

Keywords:

Implementasi Model, PjBL, Kurikulum Merdeka

Abstract

Kurikulum merdeka harus diimplementasikan oleh setiap lembaga pendidikan. Namun pengimplementasian kurikulum merdeka terutama dalam pelaksanaan projek menuai permasalahan. Maka penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah dokumen pembelajaran projek atau PjBL dengan menggunakan Integrated Teaching and Learning guna menjawab permasalahan yang muncul dalam pengimplementasian kurikulum merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan grounded theory. Hasil penelitian menunjukkan: Landasan digunakannya model PjBL karena adanya regulasi tentang pengimplementasian kurikulum merdeka. Kelebihan sintaks pembelajaran PjBL dengan ITL dalam projek yang dijalankan dapat dikaitkan dengan setiap mata pelajaran. Prinsip reaksi menggambarkan cara guru dalam memberikan respon kepada siswanya sebagai pembimbing dan fasilitator terhadap kemampuan siswa. Sistem social munculnya interaksi antara guru dan siswa maupun siswa dengan siswa. Dampak yang muncul yakni ketercapaian KI atau KD, TP atau ATP, maupun pilar karakter P tiga dalam pembelajaran. Sistem pendukung yang dapat terlihat yakni pedoman kurikulum yang menjadi acuan pembelajaran serta SDM yang berkualitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Teguh Purnawanto. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 2(1).

Andika Apriawan. (2022). Sistem Sosial Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Menumbuhkan Kesadaran dan Inklusi Sosial Siswa IPS MAN 2 Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(4). https://doi.org/10.36312/jime.v8i3.3753/http

Anwar, R. N. (2023). Perencanaan Pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Sekolah Penggerak Project Learning. Journal Of Psychology and Child Developmment, 3. https://doi.org/10.37680/absorbent_mind.v3i2.3241

Bethari Widiya Hardanti. (2020). LANDASAN ONTOLOGIS, AKSIOLOGIS, EPITESMOLOGIS ALIRANFILSAFAT ESENSIALISME DAN PANDANGANYA TERHADAP PENDIDIKAN. Reforma: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(2).

BSKAP. (2022a). Keputusan Kepala BSKAP No.008/H/KR/2022 Tahun 2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka.

BSKAP. (2022b). Keputusan Kepala BSKAP No.009/H/KR/2022 Tahun 2022 tentang dimensi, Elemen dan Sub Elemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka .

Delviana Aulia, D., Parida, R., Hidayat, S., & Sari Dewi, R. (2022). Landasan Filosofos Pendidikan. Journal on Education, 05(01), 432–441.

Dini, A., Mohammad, R., & Haq, S. (2021). SARANA DAN PRASARANA DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(1), 186–199.

Elizar. (2017). Penerapan Model Student Centered Learning di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan. Jurnal Edukasi Lingua Sastra, 15(2).

Fadhilah, F., & Yuliah, E. (2023). Prospek Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Mengembangkan Adab Peserta Didik. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum Dan Pendidikan, 23(2).

Haidar Rahman. (2013). KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS CERITA PENDEK DENGAN MODEL QUANTUM DAN PROJECT BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA SMP.

Handayani, L. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning pada Masa Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMP Negeri 4 Gunungsari. Jurnal Paedagogy, 7(3), 168. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2726

Ismayanti. (2017). PENERAPAN STRATEGI REFLEKSI PADA AKHIR PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI FLUIDA. Karst : Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 3(1).

Kahfi, A. (2022). IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KARAKTER SISWA DI SEKOLAH.

Kemendikbudristek. (2023). Laporan PISA 2022 Dan Pemulihan Pembelajaran di Indonesia.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Naskah Akademik Profil Pelajar Pancasila. Badan Penelitian, Pengembangan Dan Perbukuan Kemendikbud.

Kementrian Pendidikan, K. R. dan T. (2022a). Buku Saku Kurikulum Merdeka.

Kementrian Pendidikan, K. R. dan T. (2022b). Permendikbudristek No. 5 Tahun 2022 tentang Standar Kompetensi Lulusan pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.

Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. (2022a). Kepmendikbudristek No. 56 Tahun 2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.

Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. (2022b). Permendikbudristek No. 7 Tahun 2022 tentang Standar Isi pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.

Linawatiningsih. (2023). MANAJEMEN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SMP N 1 PURWOSARI GUNUNGKIDUL TAHUN 2023. Tesis. UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA YOGYAKARTA.

Lukman Hakim. (2017). INTEGRATED LEARNING DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. At-Turas, 4(2).

M. Ferry Irawan. (2023). PERENCANAAN PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR. PIONIR : Jurnal Pendidikan, 12(3), 38–46.

Mariati. (2021). Tantangan Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Perguruan Tinggi. SiNTESa CERED Seminar Nasional Teknologi Edukasi Dan Humaniora, 1, 1.

Muhammad Afandi. (2013). Model & Metode Pembelajaran di Sekolah. Unissula Press.

Muhartono, D. S., Wahyuni, S., Umiyati, S., Azhar, A. W., & Puspaningrum, I. I. (2023). Evaluasi Pelaksanaan Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Rangka Peningkatan Hasil Belajar. PUBLICIANA , 23(1), 1–48. https://doi.org/10.36563/p

Nashrullah, M., & Pd. (2021). PENGANTAR KURIKULUM PROFIL PELAJAR PANCASILA DI PENDIDIKAN DASAR. www.kakapress.com

Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk pemulihan krisis pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 19(2), 251–262. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.45301

Nurapni Aulia Sulkipli. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA PADA SMP NEGERI 1 MAKASSAR. Tesis. Universitas Bosowa Makasar.

Nurjanah, A., Solehudin, A., & Primajaya, A. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Model Pembelajaran Untuk Guru Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (Studi Kasus: Smk Pgri Telagasari). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(17), 32–45. https://doi.org/10.5281/zenodo.7069500

Nurlaila. (2018). URGENSI PERENCANAAN PEMBELAJARAN DALAM PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU. Jurnal Ilmiah Sustainable, 1(1).

Penelitian Kebijakan Badan Penelitian, P., Pengembangan, D., Perbukuan, D., Pendidikan, K., & Kebudayaan, D. (2020). Naskah Akademik Prohram Sekolah Penggerak.

Rahman, B. (2014). REFLEKSI DIRI DAN PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU. Jurnal Paedagogia, 17(1). http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paedagogia

Rahminawati, N. (2021). Sistem Penjaminan Mutu Internal Dalam Peningkatan Kualitas Sekolah Dasar. JAMP : Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(3), 212–219. https://doi.org/10.17977/um027v4i32021p212

Rahminawati, N. (2022). Bahan Ajar Manajemen Pendidikan. Unisba Press.

Ramdanil Mubarok. (2020). MODEL PENGELOLAAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PADA MASA PANDEMI. In Journal of Islamic Education Management Oktober (Vol. 2020, Issue 2). https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/kelola

Retnasari, D. (2022). IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM KURIKULUM MERDEKA.

Revan Dwi Erlangga. (2023). Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan pada Jenjang Pendidikan Dasar (Studi Deskriptif Penggunaan Dana BOS Sekolah). Journal On Education, 6(2), 10976–10983. http://jonedu.org/index.php/joe

Rijal Fadli, M. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1

Rouf Akhmad Said, & Dedi Eko Riyadi. (2022). PENGEMBANGAN KURIKULUM SEKOLAH: KONSEP, MODEL DAN IMPLEMENTASI. AL-IBROH, 5(2).

Sopian, A. (2016). Tugas, Peran dan Fungsi Guru dalam Pendidikan. RAUDHAH Proud To Be Professionals, 1(1).

Sri Ida Kholida. (2020). KETERCAPAIAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH STRATEGI PEMBELAJARAN MELALUI MODEL PjBL DENGAN BERBANTUANAPLIKASI ZOOM DAN DI WHATSAPP MESSENGER MASA PANDEMIC COVID-19. PROSIDING Seminar Nasional Pendidikan Fisika FITK UNSIQ, 2(1).

Sri Putrianingsih. (2021). PERAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN TERHADAP KUALITAS PENGAJARAN. Inovatif, 5(1).

Sulistiyaningsih, S., & Sujarwo, S. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Pembelajaran Berbasis Proyek di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3205–3214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4456

Ummi Inayati. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad-21 di SD/MI. ICIE: International Conference on Islamic Education, 2(2).

Weni Sukarni. (2021). LITERATUR REVIEW: SISTEM SOSIAL MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP SIKAP SOSIAL SISWA. EDUMASPUL : Jurnal Pendidikan, 5(1).

Yenny Septi. (2021). PERENCANAAN MERDEKA BELAJAR BERBASIS LITERASI DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 12 SIJUNJUNG. Tesis. Institut Agama Islam Negeri Batusangkar.

Yunus Abidin. (2016). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. PT. Refika Aditama.

Downloads

Published

2024-05-21

How to Cite

Erlangga, R. D., Rahminawati, N., & Suhardini, A. D. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Projek dengan Metode Integrated Teaching and Learning pada Kurikulum Merdeka di Jenjang Pendidikan Dasar. Journal of Education Research, 5(2), 1880–1893. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.958

Issue

Section

Articles

Citation Check