Analisis Isi Materi Pendidikan Agama Islam pada Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.956Keywords:
Pendidikan, Agama Islam, Kurikulum MerdekaAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis isi materi Pendidikan Agama Islam pada Kurikulum Merdeka. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya permasalahan yang dihadapi dalam proses belajar mengajar. Seperti, kurangnya sarana dan prasarana, kurangnya interaksi social, bahkan sulitnya memberikan gambaran konkrit kepada siswa. Berdasarkan hasil studi research maupun literatur, didapatkan beberapa problematika yang dihadapi siswa diantaranya adalah kurangnya minat belajar siswa untuk mempelajari materi pendidikan agama islam, penggunaan metode dan strategi yang membosankan, masih adanya guru yang kurang memenuhi dari standar kompetensi guru yang seharusnya harus dimiliki, masih ditemukan siswa yang bermalas-malasan dalam kegiatan belajar materi Pendidikan Agama Islam pada penerapan kurikulum merdeka. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data dengan studi kepustakaan. Hasil analisis menunjukkan bahwa isi materi Pendidikan Agama Islam dalam kurikulum merdeka sudah sejalan dengan upaya untuk pengembangan peserta didik yaitu nilai-nilai dan ajaran Islam yang sangat mulia, memperluas wawasan dan pengetahuan, mengembangkan keterampilan peserta didik agar menjadi muslim yang kaaffah serta menghadirkan nilai-nilai moderasi beragama.
Downloads
References
Abdul, Majid. (2019). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung : PT Remaja Rosda Karya.
Amalia, Jihanna. & Achadi, Muh.Wasith. (2023). Analisis Kurikulum Merdeka Belajar Materi PAI pada Kelas 10 SMK Negeri 1 Depok Yogyakarta. Nusantara : Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol. 03, No. 01.
Amelia Rizky Indhartono. (2022). Literasi Digital Pada Kurikulum Merdeka Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Teknologi Pembelajaran, Vol.6, No.1.,
Arifin, Muzayyin, (2008). Kapita Selekta Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara
Darise, G. N. (2021). Pendidikan Agama Islam Dalam Konteks “Merdeka Belajar. Journal of Islamic Education: The Teacher of Civilization, 2(2)
Hamdan. (2014). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) Teori Dan Praktek. Aswaja Pressindo.
Husni, M. 2023. Problematika siswa dalam pembelajaran PAI pada implementasi Kurikulum Merdeka di SMA MUTIARA 1 Jakarta utara tahun ajaran 2022/2023. Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah
Mubarok, D. 2021. Pelaksanaan Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fikih Melalui Metode Demonstrasi Berbasis ICT. Tanzhimuna, 1(1), 1–18
Nur 'inayah, Novita. 2021. Integrasi Dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Menghadapi Era 4.0 di SMK Negeri Tambakboyo. Journal of Education and Learning Sciences, Vol. 01, No. 01.
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Rifa’I, Ahmad, N. Elis Kurnia Asih, Dewi Fatmawati (2022) Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran PAI Di Sekolah, Jurnal Syntax Admiration 3(8)
Sarinah. 2015. Pengantar Kurikulum. Yogyakarta : Deepublish Publisher
Sugiyono, P. 2016. Metode Penelitian Manajemen (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi (Mixed Methods), Penelitian Tindakan (Action Research, dan Penelitian Evaluasi). Bandung : Alfabeta Cv.
Taufik, A & Setyowati, N. 2021. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA/SMK Kelas X. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Siti Khalijah, Zuliana Zuliana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).