Efektivitas Pelatihan Integrasi Canva dan Chat GPT sebagai Media Pembelajaran bagi Pendidik di kota Kupang

Authors

  • Rabya Mulyawati Ahmad Sekolah Tinggi Agama Islam Kupang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.953

Keywords:

Canva, Chat GPT

Abstract

Guru di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, masih menghadapi tantangan dalam memahami dan mengimplementasikan kecerdasan buatan atau AI seperti Canva dan Chat GPT dalam proses pembelajaran karena kurangnya sumber daya, dan infrastruktur teknologi yang diperlukan serta  pelatihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pelatihan integrasi Canva dan Chat GPT sebagai media pembelajaran bagi pendidik. Populasi penelitian ini terdiri dari para pendidik di Kupang, dengan sampel sebanyak empat puluh satu peserta. Pengumpulan data menggunkan instrumen soal, lembar observasi, dan angket presepsi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji t dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan. Pada aspek pengetahuan, terdapat peningkatan. Sementara itu, kemampuan praktis peserta pelatihan juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Sedangakan pada aspek presepsi hasil angket  menyatakan netral terhadap efektivitasnya.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan integrasi Canva dan Chat GPT sebagai media pembelajaran memberikan dampak positif yang signifikan terhadap pengetahuan dan keterampilan praktis pendidik di Kota Kupang

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, S., Egar, N., Affini, L., & Setyorini, A. (2022). Indonesian Teachers’ Motivation to Teach in A Contested Environment During The Crisis of Covid-19. 2018. https://doi.org/10.4108/eai.14-8-2021.2317645

Dimitriadou, E., & Lanitis, A. (2023). A critical evaluation, challenges, and future perspectives of using artificial intelligence and emerging technologies in smart classrooms. Smart Learning Environments, 10(1). https://doi.org/10.1186/s40561-023-00231-3

Fahimirad, M. (2018). A Review on Application of Artificial Intelligence in Teaching and Learning in Educational Contexts. International Journal of Learning and Development, 8(4), 106. https://doi.org/10.5296/ijld.v8i4.14057

Fitriyani, R. A., Putri, L. T., & Adawiyah, R. (2021). Tren Teknologi Artificial Intelligence Pengganti Model Iklan Di Masa Depan. Jurnal Sosial-Politika, 2(2), 118–129. https://doi.org/10.54144/jsp.v2i2.39

Hamid, T., Chhabra, M., Ravulakollu, K., Singh, P., Dalal, S., & Dewan, R. (2022). A Review on Artificial Intelligence in Orthopaedics. Proceedings of the 2022 9th International Conference on Computing for Sustainable Global Development, INDIACom 2022, 365–369. https://doi.org/10.23919/INDIACom54597.2022.9763178

Kewalramani, S., Arnott, L., & Dardanou, M. (2020). Technology-integrated pedagogical practices: a look into evidence-based teaching and coherent learning for young children. European Early Childhood Education Research Journal, 28(2), 163–166. https://doi.org/10.1080/1350293X.2020.1735739

Krstić, L., Aleksić, V., & Krstić, M. (2022). Artificial Intelligence in Education: A Review. September, 223–228. https://doi.org/10.46793/tie22.223k

Malik, R. S. (2018). Educational Challenges in 21St Century and Sustainable Development. Journal of Sustainable Development Education and Research, 2(1), 9. https://doi.org/10.17509/jsder.v2i1.12266

Mulyati, I., Indri Astuti, & Eny Ernawaty. (2022). Development of Canva Application Assisted Learning Media in Class XII Advanced Study Materials with 4-D Models. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 24(3), 322–329. https://doi.org/10.21009/jtp.v24i3.30483

Niemi, H. (2021). AI in learning: Preparing grounds for future learning. Journal of Pacific Rim Psychology, 15. https://doi.org/10.1177/18344909211038105

Pambudi, A. Y., Syafii, I., Kartikasari, D. W., Yarkhasy, A., Bulqiyah, H., Prayogo, L. M., Widodo, M., Apriono, D., Sukisno, Syahrial, M. F., Supriatna, U., & Zaki, A. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi AI dalam Pembuatan PTK bagi Guru SDN Karangasem Kecamatan Jenu. Seminar Nasional Paedagoria, 3, 1–8.

Potalla, M. (2018). ARTIFICIAL INTELLIGENCE. Artificial Intelligence in Sports. May, 37. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.16375.65445

Preston, J. (2021). Artificial Intelligence and the future of education, skills and learning. May.

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kompetesnsi Pedagogik. Publikasi Pendidikan, 10(3), 189. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.15275

Rahayu, S., & Hadi, K. Al. (2023). Pelatihan pemanfaatan Artificial Intelligence ( AI ) untuk keefektifan presentasi yang menarik dan komunikatif. 2021–2024.

Salas-Pilco, S. Z., Xiao, K., & Hu, X. (2022). Artificial Intelligence and Learning Analytics in Teacher Education: A Systematic Review. Education Sciences, 12(8). https://doi.org/10.3390/educsci12080569

Samaranayake, P. N. (2020). Student-centered learning with technology Running head : STUDENT-CENTERED LEARNING WITH TECHNOLOGY Student-centered learning with technology Pradeepika Samaranayake. January.

Shidiq, M. (2023). THE USE OF ARTIFICIAL INTELLIGENCE-BASED CHAT- GPT AND ITS CHALLENGES FOR THE WORLD OF EDUCATION ; FROM THE VIEWPOINT OF THE DEVELOPMENT OF CREATIVE WRITING SKILLS. 01(01), 353–357.

Subowo, E., Dhiyaulhaq, N., & Wahyu, I. (2022). Pelatihan Artificial Intelligence untuk Tenaga Pendidik dan Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah (Online Thematic Academy Kominfo RI). Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 3(3), 247–254. https://doi.org/10.37295/jpdw.v3i3.296

Umardulis, U. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru Menggunakan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Melalui Supervisi Klinis. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(4), 870–878. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i4.7539

Downloads

Published

2024-04-18

How to Cite

Ahmad, R. M. (2024). Efektivitas Pelatihan Integrasi Canva dan Chat GPT sebagai Media Pembelajaran bagi Pendidik di kota Kupang . Journal of Education Research, 5(2), 1081–1088. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.953

Issue

Section

Articles

Citation Check