Self-Regulated Learning terhadap Prokrastinasi Penyelesaian Studi Akhir

Authors

  • Harjoni Harjoni Prodi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Lhokseumawe, Aceh , Indonesia
  • Alimuddin Alimuddin Fakultas Syariah dan Hukum, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia
  • Nur Asiah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.951

Keywords:

Self-Regulated Learning, Prokrastinasi Penyelesaian Studi, Mahasiswa

Abstract

Proses penyelesaian skripsi sering sekali tidak sesuai dengan harapan. Tujuan penelitian ini. pertama, menguraikan permasalahan prokrastinasi dalam menyelesaikan skripsi yang dialami oleh mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Lhokseumawe; kedua, menguraikan penerapan dari program pemberdayaan Self-Regulated Learning kepada mahasiswa yang mengalami permasalahan prokrastinasi; dan ketiga, menguraikan dampak dari adanya penerapan program pemberdayaan Self-Regulated Learning. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan PAR digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan prokrastinasi dalam menyelesaikan skripsi terjadi disebabkan adanya persepsi dan anggapan bahwa skripsi merupakan pekerjaan yang sulit, pekerjaan yang berat, dan adanya ketakutan   gagal dalam penyelesaian skripsi; Penerapan program pemberdayaan Self-Regulated Learning dilakukan melalui proses yang mampu melahirkan dan menggerakkan serta mendorong lahirnya perilaku, kognisi, dan afeksi mahasiswa yang mengalami prokrastinasi secara sistematis yang berorientasi ke arah pencapaian tujuan, proses-proses tersebut terdiri dari observasi diri, keputusan diri dan refleksi diri; dan dampak adanya penerapan program pemberdayaan Self-Regulated Learning bagi mahasiswa menunjukkan telah berhasil.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, Y., Nisa, H., Sari, K., & Kumala, I. D. (2021). Perbedaan Prokrastinasi Akademik Ditinjau dari Jenis Kelamin pada Mahasiswa. Seurune : Jurnal Psikologi Unsyiah, 4(2). https://doi.org/10.24815/s-jpu.v4i2.22108

Bella Khansa Puspita, & Dewi Kumalasari. (2022). Prokrastinasi dan Stres Akademik Mahasiswa. Jurnal Penelitian Psikologi, 13(2). https://doi.org/10.29080/jpp.v13i2.818

Bjork, R. A., & Bjork, E. L. (2019). Forgetting as the friend of learning: Implications for teaching and selfregulated learning. Advances in Physiology Education, 43(2). https://doi.org/10.1152/advan.00001.2019

Darwin, D. A., & Rachmawati, A. Y. (2019). Mengurangi Perilaku Prokrastinasi pada Mahasiswa. Seminar Nasional 2019, September.

Dewitte, S., & Schouwenburg, H. C. (2002). Procrastination, Temptations, and Incentives: The Struggle between the Present and the Future in Procrastinators and the Punctual. European Journal of Personality, 16(6). https://doi.org/10.1002/per.461

Ferrari, J. R., & Olivette, M. J. (1994). Parental authority and the development of female dysfunctional procrastination. Journal of Research in Personality, 28(1). https://doi.org/10.1006/jrpe.1994.1008

Kinicki, A., & Fugate, M. (2020). Organizational Behavior. McGraw Hill Education, 20(2).

Laforge, M. C. (2005). Applying Explanatory Style to Academic Procrastination. Journal of Academy of Business Education, 6.

Lakuana, N., & Anisa, N. (2022). Analysis Of Students’ Words Mistake In Skripsi Examination. BABASAL English Education Journal, 3(1). https://doi.org/10.32529/beej.v3i1.1541

Magalhães, P., Pereira, B., Oliveira, A., Santos, D., Núñez, J. C., & Rosário, P. (2021). The mediator role of routines on the relationship between general procrastination, academic procrastination and perceived importance of sleep and bedtime procrastination. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(15). https://doi.org/10.3390/ijerph18157796

Mastuti, E. (2009). Memahami Perilaku Prokrastinasi Akademik Berdasarkan Tingkat Self Regulation Learning. Jurnal Psikologi Indonesia, VI(1).

McNiel, D. E., Eisner, J. P., & Binder, R. L. (2003). The relationship between aggressive attributional style and violence by psychiatric patients. Journal of Consulting and Clinical Psychology, 71(2). https://doi.org/10.1037/0022-006X.71.2.399

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). In PT. Remaja Rosda Karya.

Mursalim, M. H., T, M., & Silondae, D. P. (2020). Hubungan antara Self-Regulated Learning dengan Prokrastinasi Akademik dalam Penyelesaian Skripsi pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UHO. Jurnal Sublimapsi, 1(2). https://doi.org/10.36709/sublimapsi.v1i2.12003

Nicol, D., & MacFarlane-Dick, D. (2006). Formative assessment and selfregulated learning: A model and seven principles of good feedback practice. Studies in Higher Education, 31(2). https://doi.org/10.1080/03075070600572090

Panadero, E., & Alonso-Tapia, J. (2014). How do students self-regulate? Review of Zimmerman’s cyclical model of self-regulated learning. Anales de Psicologia, 30(2). https://doi.org/10.6018/analesps.30.2.167221

Park, S. W., & Sperling, R. A. (2012). Academic Procrastinators and Their Self-Regulation. Psychology, 03(01). https://doi.org/10.4236/psych.2012.31003

Pertiwi, G. A. (2020). Pengaruh Stres Akademik dan Manajemen Waktu Terhadap Prokrastinasi Akademik. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(4). https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i4.5578

Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1). https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020

Sanecka, E. (2022). Psychopathy and procrastination: Triarchic conceptualization of psychopathy and its relations to active and passive procrastination. Current Psychology, 41(2). https://doi.org/10.1007/s12144-020-00604-8

Sari, R. L. (2020). Studi Komparasi Prokrastinasi (Procrastination) Antar Siswa. Al-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Syariah, 8(2).

Savira, F., & Suharsono, Y. (2013). Self-Regulated Learning (SRL) dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa Akselerasi. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 01(01).

Sawitri, A. R., & Widiasavitri, P. N. (2021). Strategi Coping Mahasiswa yang Sedang Menyusun Skripsi di Tengah Pandemi COVID-19. Jurnal Psikologi Udayana, 8(1). https://doi.org/10.24843/jpu.2021.v08.i01.p08

Setiawan, H. P., & Faradina, S. (2018). Perfeksionisme dengan Prokrastinasi Akademik dalam Menyelesaikan Skripsi pada Mahasiswa Universitas Syiah Kuala. Seurune : Jurnal Psikologi Unsyiah, 1(2). https://doi.org/10.24815/s-jpu.v1i2.11570

Steel, P. (2007). The nature of procrastination: A meta-analytic and theoretical review of quintessential self-regulatory failure. In Psychological Bulletin (Vol. 133, Issue 1). https://doi.org/10.1037/0033-2909.133.1.65

Supriyantini, S., & Nufus, K. (2018). Hubungan Self efficacy dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa USU yang Sedang Menyusun Skripsi. Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA), 1(1). https://doi.org/10.32734/lwsa.v1i1.179

Ulum, M. I. (2016). Strategi Self-Regulated Learning untuk Menurunkan Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(2). https://doi.org/10.15575/psy.v3i2.1107

Vardia, M. A., & Kamilah, N. F. (2023). Hubungan antara Efikasi Diri dengan Problem-Solving dalam Mengerjakan Skripsi Mahasiswa Psikologi Universitas Islam Raden Rahmat. Flourishing Journal, 2(7). https://doi.org/10.17977/um070v2i72022p522-528

Vermunt, J. D. H. M., & Van Rijswijk, F. A. W. M. (1988). Analysis and development of students’ skill in selfregulated learning. Higher Education, 17(6). https://doi.org/10.1007/BF00143780

Wolters, C. A. (2003). Understanding procrastination from a self-regulated learning perspective. Journal of Educational Psychology, 95(1). https://doi.org/10.1037/0022-0663.95.1.179

Wulan, D. A. N., & Abdullah, S. M. (2014). Prokrastinasi akademik dalam penyelesaian skripsi. Jurnal Sosio - Humaniora, 5(1).

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Harjoni, H., Alimuddin, A., & Asiah, N. (2024). Self-Regulated Learning terhadap Prokrastinasi Penyelesaian Studi Akhir . Journal of Education Research, 5(1), 975–983. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.951

Issue

Section

Articles

Citation Check