Penerapan Teknik Reframing untuk Meningkatkan Self-Confidence Korban Bullying Siswa MTs.S Muhammadiyah 26 Galang

Authors

  • Linda Linda Bimbingan dan Konseling, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
  • Sri Ngayomi Yudha Wastuti Bimbingan dan Konseling, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.944

Keywords:

Teknik Reframing, Self-Confidence, Korban Bullying

Abstract

Korban bullying di lingkungan sekolah seringkali mengalami penurunan self-confidence akibat perlakuan negatif yang mereka terima. Tujuan penelitian ini ialah menganalisis serta menjabarkan pengaplikasian teknik reframing sebagai metode untuk meningkatkan self-confidence siswa korban bullying. Metode penelitian yang dimanfaatkan ialah deskriptif kualitatif melalui pengumpulan data dengan cara observasi, dokumentasi serta wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya penerapan teknik reframing mempunyai efek positif untuk meningkatkan self-confidence siswa korban bullying. Penelitian ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang pentingnya teknik reframing dalam membantu korban bullying mendapatkan kembali self-confidence mereka.                                                                                                                                         

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriliyani, N. E. (2019). Kontribusi Self Esteem dan Kepercayaan Diri terhadap Perilaku Bullying di Kalangan Siswa Kelas VII di SMP Negeri 14 Banjarmasin. Jurnal Pelayanan Bimbingan Dan Konseling, 2(4), 200–207. https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/jpbk/index

Azmi, I. U., Nafi’ah, N., Thamrin, M., & Akhwani, A. (2021). Studi Komparasi Kepercayaan Diri (Self Confidance) Siswa yang Mengalami Verbal Bullying dan Yang Tidak Mengalami Verbal Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3551–3558. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1389

Fajrin, N., & Christina, E. (2020). Teknik Reframing untuk Meningkatkan Percaya Diri Korban Perundungan Verbal di Sekolah Dasar. Jurnal BK Unesa, 11(4), 620–629.

Hadijah, N. (2023). Hubungan Tindakan Bullying Dengan Kepercayaan Diri Pada Remaja Di SMA “X” Banjarmasin. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 11(3), 573–580. http://repository.unism.ac.id/id/eprint/2268

Jabeen, F., Treur, J., Hirzalla, N. A., Maaiveld, T. M., & Gerritsen, C. (2020). Victim no more: A temporal-causal analysis of how a mediator can help out a bullying victim. Journal of Information and Telecommunication, 4(2), 229–250. https://doi.org/10.1080/24751839.2020.1724739

Jelita, N. S. D., Purnamasari, I., & Basyar, M. A. K. (2021). Dampak Bullying Terhadap Kepercayaan Diri Anak. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2), 232–240. https://doi.org/10.24176/re.v11i2.5530

Junita, N., Musni, R., Amalia, I., Mardhatillah, S. P., Azizah, C., & Husnawesnate, H. (2023). Expressive Writting Therapy Dalam Menurunkan Kecemasan Pada Korban Bullying. Jurnal Diversita, 9(1), 78–84. https://doi.org/10.31289/diversita.v9i1.8333

Lailatusa’adah. (2020). Konseling Individu Teknik Thought Stopping Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama. 250–256.

Mardiah, A. (2023). Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Korban Bullying Melalui Konseling Individual Rational Emotif Behaviour Therapy Teknik Home Work Assigment Pada Siswa Kelas Vii a Smp Negeri 1 Amuntai Selatan Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(1), 184–204. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i1.448

Moh Anang Zulqurnain, & Mohammad Thoha. (2022). Analisis Kepercayaan Diri Pada Korban Bullying. Edu Consilium : Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam, 3(2), 69–82. https://doi.org/10.19105/ec.v3i2.6737

Nabilla, R. S., & Borualogo, I. S. (2023). Resiliensi sebagai Mediator antara Perundungan dan Subjective Well-Being Siswa SMP Korban Perundungan. Bandung Conference Series: Psychology Science, 3(2), 915–924. https://doi.org/10.29313/bcsps.v3i2.7425

Nooryanto, F. H., Prihatin, L., & Dewi, C. C. (2023). Kajian Hukuman Bagi Pelaku dan Perlindungan Hukum Bagi Korban dalam Tindak Pidana Bullying dan Cyber Bullying. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 169–177. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1363

Nursalim, M. (2022). Pelatihan Konseling Traumatis untuk Membantu Korban Bullying di SMA Kota Surabaya. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 3(2), 251–259. https://doi.org/10.37680/amalee.v3i2.1183

Oktaviany, D., & Ramadan, Z. H. (2023). Analisis Dampak Bullying Terhadap Psikologi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1245–1251. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5400

Prihatin, L., Nooryanto, F. H., Suyani, S., Suryadi, S., Halim, A., & Kusumawati, S. (2023). Penyuluhan Mencegah Bullying di Lingkungan Sekolah pada Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 36–41. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1361

Putri, S. A., & Ihsana Sabriani Borualogo. (2023). Studi Deskriptif Persepsi Siswa, Orang Tua dan Guru Mengenai Perundungan pada Siswa SMP di Kota Bandung. Bandung Conference Series: Psychology Science, 3(2), 935–943. https://doi.org/10.29313/bcsps.v3i2.7427

Ringroad Selatan Blado Potorono, J., Oktavianto, E., Idfit Istiqomah, R., & Nur Hartiningsih, S. (2022). CARING: Indonesian Journal of Nursing Science *Corresponding author at: STIKes Surya Global Spirituality Correlates with The Self-Confidence of Teenagers as Bullying Victim. CARING: Indonesian Journal of Nursing Science (IJNS), 4(1), 9–16. https://talenta.usu.ac.id/IJNS

Riries, G., & Awaliyah, N. (2014). Meningkatakan Kepercayaan Diri Siswa Korban Bullying Melalui Konseling Individu Teknik Homework Assigment. Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 3(1), 58–64.

Samsudi, M. A., & Muhid, A. (2020). Efek Bullying Terhadap Proses Belajar Siswa. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 2(02), 122–133. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v2i02.466

Saragih, B. P., & Soetikno, N. (2023). Self-Esteem Korban Bullying : Studi Literatur. Jurnal Muara Medika Dan Psikologi Klinis, 3(1), 79–90. https://doi.org/10.24912/jmmpk.v3i1.27087

Sestiani, R. A., & Muhid, A. (2022). Pentingnya Dukungan Sosial Terhadap Kepercayaan Diri Penyintas Bullying: Literature Review. Jurnal Tematik, 3(2), 245–251. https://journals.usm.ac.id/index.php/tematik/article/view/4568

Siregar, S. A. D., & Yusri, F. (2023). Pengaruh Konseling Kelompok Terhadap Kepercayaan Diri Korban Bullying Pada Anak Usia SD. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.30605/cjpe.612023.2264

Syarofudin, A. (2023). Implementasi Konseling Krisis Untuk Mengatasi Trauma Korban Bullying Di Sekolah Menengah Atas. Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 1862. https://doi.org/10.33394/realita.v8i1.6759

Syavika, N., Pratiwi, R., Sahputra, D., Saragih, M. P. D., & Daulay, A. A. (2023). Bentuk Emosi Bullying dan Korban Bullying di Sekolah (Studi Kasus SMP Negeri 27 Medan). Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1), 741. https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i1.3093

Downloads

Published

2024-05-05

How to Cite

Linda, L., & Wastuti, S. N. Y. (2024). Penerapan Teknik Reframing untuk Meningkatkan Self-Confidence Korban Bullying Siswa MTs.S Muhammadiyah 26 Galang. Journal of Education Research, 5(2), 1779–1784. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.944

Issue

Section

Articles

Citation Check