Penerapan Teknik Reframing untuk Meningkatkan Self-Confidence Korban Bullying Siswa MTs.S Muhammadiyah 26 Galang
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.944Keywords:
Teknik Reframing, Self-Confidence, Korban BullyingAbstract
Korban bullying di lingkungan sekolah seringkali mengalami penurunan self-confidence akibat perlakuan negatif yang mereka terima. Tujuan penelitian ini ialah menganalisis serta menjabarkan pengaplikasian teknik reframing sebagai metode untuk meningkatkan self-confidence siswa korban bullying. Metode penelitian yang dimanfaatkan ialah deskriptif kualitatif melalui pengumpulan data dengan cara observasi, dokumentasi serta wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya penerapan teknik reframing mempunyai efek positif untuk meningkatkan self-confidence siswa korban bullying. Penelitian ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang pentingnya teknik reframing dalam membantu korban bullying mendapatkan kembali self-confidence mereka.
Downloads
References
Apriliyani, N. E. (2019). Kontribusi Self Esteem dan Kepercayaan Diri terhadap Perilaku Bullying di Kalangan Siswa Kelas VII di SMP Negeri 14 Banjarmasin. Jurnal Pelayanan Bimbingan Dan Konseling, 2(4), 200–207. https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/jpbk/index
Azmi, I. U., Nafi’ah, N., Thamrin, M., & Akhwani, A. (2021). Studi Komparasi Kepercayaan Diri (Self Confidance) Siswa yang Mengalami Verbal Bullying dan Yang Tidak Mengalami Verbal Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3551–3558. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1389
Fajrin, N., & Christina, E. (2020). Teknik Reframing untuk Meningkatkan Percaya Diri Korban Perundungan Verbal di Sekolah Dasar. Jurnal BK Unesa, 11(4), 620–629.
Hadijah, N. (2023). Hubungan Tindakan Bullying Dengan Kepercayaan Diri Pada Remaja Di SMA “X” Banjarmasin. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 11(3), 573–580. http://repository.unism.ac.id/id/eprint/2268
Jabeen, F., Treur, J., Hirzalla, N. A., Maaiveld, T. M., & Gerritsen, C. (2020). Victim no more: A temporal-causal analysis of how a mediator can help out a bullying victim. Journal of Information and Telecommunication, 4(2), 229–250. https://doi.org/10.1080/24751839.2020.1724739
Jelita, N. S. D., Purnamasari, I., & Basyar, M. A. K. (2021). Dampak Bullying Terhadap Kepercayaan Diri Anak. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2), 232–240. https://doi.org/10.24176/re.v11i2.5530
Junita, N., Musni, R., Amalia, I., Mardhatillah, S. P., Azizah, C., & Husnawesnate, H. (2023). Expressive Writting Therapy Dalam Menurunkan Kecemasan Pada Korban Bullying. Jurnal Diversita, 9(1), 78–84. https://doi.org/10.31289/diversita.v9i1.8333
Lailatusa’adah. (2020). Konseling Individu Teknik Thought Stopping Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama. 250–256.
Mardiah, A. (2023). Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Korban Bullying Melalui Konseling Individual Rational Emotif Behaviour Therapy Teknik Home Work Assigment Pada Siswa Kelas Vii a Smp Negeri 1 Amuntai Selatan Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(1), 184–204. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i1.448
Moh Anang Zulqurnain, & Mohammad Thoha. (2022). Analisis Kepercayaan Diri Pada Korban Bullying. Edu Consilium : Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam, 3(2), 69–82. https://doi.org/10.19105/ec.v3i2.6737
Nabilla, R. S., & Borualogo, I. S. (2023). Resiliensi sebagai Mediator antara Perundungan dan Subjective Well-Being Siswa SMP Korban Perundungan. Bandung Conference Series: Psychology Science, 3(2), 915–924. https://doi.org/10.29313/bcsps.v3i2.7425
Nooryanto, F. H., Prihatin, L., & Dewi, C. C. (2023). Kajian Hukuman Bagi Pelaku dan Perlindungan Hukum Bagi Korban dalam Tindak Pidana Bullying dan Cyber Bullying. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 169–177. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1363
Nursalim, M. (2022). Pelatihan Konseling Traumatis untuk Membantu Korban Bullying di SMA Kota Surabaya. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 3(2), 251–259. https://doi.org/10.37680/amalee.v3i2.1183
Oktaviany, D., & Ramadan, Z. H. (2023). Analisis Dampak Bullying Terhadap Psikologi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1245–1251. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5400
Prihatin, L., Nooryanto, F. H., Suyani, S., Suryadi, S., Halim, A., & Kusumawati, S. (2023). Penyuluhan Mencegah Bullying di Lingkungan Sekolah pada Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 36–41. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1361
Putri, S. A., & Ihsana Sabriani Borualogo. (2023). Studi Deskriptif Persepsi Siswa, Orang Tua dan Guru Mengenai Perundungan pada Siswa SMP di Kota Bandung. Bandung Conference Series: Psychology Science, 3(2), 935–943. https://doi.org/10.29313/bcsps.v3i2.7427
Ringroad Selatan Blado Potorono, J., Oktavianto, E., Idfit Istiqomah, R., & Nur Hartiningsih, S. (2022). CARING: Indonesian Journal of Nursing Science *Corresponding author at: STIKes Surya Global Spirituality Correlates with The Self-Confidence of Teenagers as Bullying Victim. CARING: Indonesian Journal of Nursing Science (IJNS), 4(1), 9–16. https://talenta.usu.ac.id/IJNS
Riries, G., & Awaliyah, N. (2014). Meningkatakan Kepercayaan Diri Siswa Korban Bullying Melalui Konseling Individu Teknik Homework Assigment. Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 3(1), 58–64.
Samsudi, M. A., & Muhid, A. (2020). Efek Bullying Terhadap Proses Belajar Siswa. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 2(02), 122–133. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v2i02.466
Saragih, B. P., & Soetikno, N. (2023). Self-Esteem Korban Bullying : Studi Literatur. Jurnal Muara Medika Dan Psikologi Klinis, 3(1), 79–90. https://doi.org/10.24912/jmmpk.v3i1.27087
Sestiani, R. A., & Muhid, A. (2022). Pentingnya Dukungan Sosial Terhadap Kepercayaan Diri Penyintas Bullying: Literature Review. Jurnal Tematik, 3(2), 245–251. https://journals.usm.ac.id/index.php/tematik/article/view/4568
Siregar, S. A. D., & Yusri, F. (2023). Pengaruh Konseling Kelompok Terhadap Kepercayaan Diri Korban Bullying Pada Anak Usia SD. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.30605/cjpe.612023.2264
Syarofudin, A. (2023). Implementasi Konseling Krisis Untuk Mengatasi Trauma Korban Bullying Di Sekolah Menengah Atas. Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 1862. https://doi.org/10.33394/realita.v8i1.6759
Syavika, N., Pratiwi, R., Sahputra, D., Saragih, M. P. D., & Daulay, A. A. (2023). Bentuk Emosi Bullying dan Korban Bullying di Sekolah (Studi Kasus SMP Negeri 27 Medan). Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1), 741. https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i1.3093
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Linda Linda, Sri Ngayomi Yudha Wastuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).