Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru di MTs Zia Salsabila

Authors

  • Lydia Amelia Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

Keywords:

Strategi, Kepala Sekolah, Kedisiplinan Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kedisiplinan guru dan bagaimana strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan guru di MTS Zia Salsabila. Penelitian ini dilatarbelakangi kedisiplinan guru di MTS Zia Salsabila ini secara umum sudah terlaksana dengan cukup baik. Dihitung secara skala indikator yaitu melalui indikator kehadiran dan ketaatan tingkat kedisiplinan guru di MTS Zia Salsabila ini sekitar 70-80%, tetapi hanya saja beberapa guru memang masih ada yang terlambat datang ke sekolah/terlambat masuk kelas, absen/izin tidak masuk kelas, dan ada juga guru yang tidak menggunakan perangkat pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data yaitu teknik wawancara, teknik observasi dan teknik dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta menggunakan teknik keabsahan data trianggulasi. Hasil dari penelitian ini meliputi: (1) Kedisiplinan guru di MTS Zia Salsabila ini secara umum sudah terlaksana dengan cukup baik. Dihitung secara skala indikator yaitu melalui indikator kehadiran dan ketaatan tingkat kedisiplinan guru di MTS Zia Salsabila ini sekitar 70-80%, (2) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru di MTS Zia Salsabila yaitu memberikan keteladanan, memberikan motivasi, menjalin kerja sama yang baik dengan warga sekolah, mengevaluasi perkembangan kedisiplinan guru, guru wajib mempunyai perangkat pembelajaran, pemberian reward dan punishment. (3) Perkembangan kedisiplinan guru setelah kepala madrasah MTS Zia Salsabila menerapkan strategi kedisiplinan sudah cukup baik, meskipun ada beberapa kendala yang dialami oleh kepala sekolah yaitu perbedaan karakter setiap guru, masih adanya guru yang tidak komitmen seperti terlambat datang ke sekolah/terlambat masuk kelas, absen/izin tidak masuk kelas, dan tidak menggunakan perangkat pembelajaran. Tetapi kepala madrasah selalu berusaha dalam mengatasi permasalahan tersebut dengan melakukan pendekatan secara personal melalui komunikasi yang baik, melakukan pembinaan, memberikan motivasi, memberikan reward dan punishment, kemudian memberikan bimbingan dan kesempatan kepada guru untuk dapat menunjukan kemampuannya terhadap tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang guru agar terciptanya kedisiplinan yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Qur’an Al-Karim dan Terjemahannya. Departemen Agama RI, Semarang: PT. Karya Toha Putra.

Afrizal. (2014). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: Rajawali Pres.

Alfiandrizal, Sesmiarni, Z., Devi, I., Syafitri, A., Yakub, M.A. (2023), Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru Di MTS Negeri 2 Agam, 3(2), 14386-14397

Arianti, A. (2019). Peranan Guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2).

Arifin, A. (2011). Dakwah Kontemporer, Sebuah Studi Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Budin, S. (2019). Strategi Manajemen Sekolah. Jurnal Menata, 2(2).

Danim, S. (2012). Kepemimpinan Pendidikan: Kepemimpinan Jenius (IQ+ EQ) Etika. Perilaku Motivasional, dan Mitos. Bandung: Alfabeta.

Effendi, O. U. (1984). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Fajri, Heri. (2020). Strategi Keapala Sekolah Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru MAS 17 Bambong, Kabupaten Pidie, Jurnal Geuthee: Penelitian Multidisiplin 2.3, 332-345

Fathoni, A. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrohman, P dan Sutikno, M. S. (2007). Srategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.

Hasan, M. I. (2002). Pokok-Pokok Materi Metode Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Maulida, A. (2016). Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru PAI di SMP IT Nur Hidayah Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan IAIN Surakarta.

Moloeng, L. J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2006). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2007). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2011). Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Oktorius, A. (2017). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Sekolah Dasar Unggulan ‘Aisyiyah (SDUA) Taman Harapan Curup. Skripsi, Fakultas Tarbiyah STAIN.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional RI. (2004). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, Edisi Keempat (Cetakan Kedua).

Salim dan Syahrum. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif: Konsep dan Aplikasi dalam Ilmu Sosial, Keagamaan dan Pendidikan. Bandung: Citapustaka Media.

Salim. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Ciptapustaka Media.

Siahaan, A. dan Bayoangin, T. (2014). Manajemen Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Citapustaka Media.

Siahaan, A., Fitri, A. dkk. (2023). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Yayasan Pendidikan Islam Al-Anwar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(1).

Siahaan, A., Nurhasanah, N, dkk. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan di SMA Swasta Dwiwarna. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6).

Siahaan, A. (2018). Kepemimpinan Pendidikan: Aplikasi Kepemimpinan Efektif, Strategis, dan Berkelanjutan. Medan: CV. Widya Puspita.

Sinungun, M. (2009). Produktivitas Apa dan Bagaimana, Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiono. (2010). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sumadinata, N. S. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Kerjasama Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia Dengan Remaja Rosda Karya.

Sutrisno, E. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wahjosumidjo. (2011). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Markis Uriatman. (2015). Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru. Jurnal Manajer Pendidikan, 9(6).

Wafi, A., (2017) Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Budaya Disiplin Peserta Didik di Madrasah Aliyah Manaratul Islam Cilandak Jakarta Selatan.”Skripsi. (Fak. Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Downloads

Published

2024-04-07

How to Cite

Amelia, L. (2024). Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru di MTs Zia Salsabila. Journal of Education Research, 5(2), 1000–1013. Retrieved from https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/941

Issue

Section

Articles

Citation Check