Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru di MTs Zia Salsabila
Keywords:
Strategi, Kepala Sekolah, Kedisiplinan GuruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kedisiplinan guru dan bagaimana strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan guru di MTS Zia Salsabila. Penelitian ini dilatarbelakangi kedisiplinan guru di MTS Zia Salsabila ini secara umum sudah terlaksana dengan cukup baik. Dihitung secara skala indikator yaitu melalui indikator kehadiran dan ketaatan tingkat kedisiplinan guru di MTS Zia Salsabila ini sekitar 70-80%, tetapi hanya saja beberapa guru memang masih ada yang terlambat datang ke sekolah/terlambat masuk kelas, absen/izin tidak masuk kelas, dan ada juga guru yang tidak menggunakan perangkat pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data yaitu teknik wawancara, teknik observasi dan teknik dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta menggunakan teknik keabsahan data trianggulasi. Hasil dari penelitian ini meliputi: (1) Kedisiplinan guru di MTS Zia Salsabila ini secara umum sudah terlaksana dengan cukup baik. Dihitung secara skala indikator yaitu melalui indikator kehadiran dan ketaatan tingkat kedisiplinan guru di MTS Zia Salsabila ini sekitar 70-80%, (2) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru di MTS Zia Salsabila yaitu memberikan keteladanan, memberikan motivasi, menjalin kerja sama yang baik dengan warga sekolah, mengevaluasi perkembangan kedisiplinan guru, guru wajib mempunyai perangkat pembelajaran, pemberian reward dan punishment. (3) Perkembangan kedisiplinan guru setelah kepala madrasah MTS Zia Salsabila menerapkan strategi kedisiplinan sudah cukup baik, meskipun ada beberapa kendala yang dialami oleh kepala sekolah yaitu perbedaan karakter setiap guru, masih adanya guru yang tidak komitmen seperti terlambat datang ke sekolah/terlambat masuk kelas, absen/izin tidak masuk kelas, dan tidak menggunakan perangkat pembelajaran. Tetapi kepala madrasah selalu berusaha dalam mengatasi permasalahan tersebut dengan melakukan pendekatan secara personal melalui komunikasi yang baik, melakukan pembinaan, memberikan motivasi, memberikan reward dan punishment, kemudian memberikan bimbingan dan kesempatan kepada guru untuk dapat menunjukan kemampuannya terhadap tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang guru agar terciptanya kedisiplinan yang baik.
Downloads
References
Al-Qur’an Al-Karim dan Terjemahannya. Departemen Agama RI, Semarang: PT. Karya Toha Putra.
Afrizal. (2014). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: Rajawali Pres.
Alfiandrizal, Sesmiarni, Z., Devi, I., Syafitri, A., Yakub, M.A. (2023), Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru Di MTS Negeri 2 Agam, 3(2), 14386-14397
Arianti, A. (2019). Peranan Guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2).
Arifin, A. (2011). Dakwah Kontemporer, Sebuah Studi Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Budin, S. (2019). Strategi Manajemen Sekolah. Jurnal Menata, 2(2).
Danim, S. (2012). Kepemimpinan Pendidikan: Kepemimpinan Jenius (IQ+ EQ) Etika. Perilaku Motivasional, dan Mitos. Bandung: Alfabeta.
Effendi, O. U. (1984). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Fajri, Heri. (2020). Strategi Keapala Sekolah Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru MAS 17 Bambong, Kabupaten Pidie, Jurnal Geuthee: Penelitian Multidisiplin 2.3, 332-345
Fathoni, A. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Fathurrohman, P dan Sutikno, M. S. (2007). Srategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.
Hasan, M. I. (2002). Pokok-Pokok Materi Metode Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Maulida, A. (2016). Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru PAI di SMP IT Nur Hidayah Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan IAIN Surakarta.
Moloeng, L. J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2006). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2007). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2011). Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
Oktorius, A. (2017). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Sekolah Dasar Unggulan ‘Aisyiyah (SDUA) Taman Harapan Curup. Skripsi, Fakultas Tarbiyah STAIN.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional RI. (2004). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, Edisi Keempat (Cetakan Kedua).
Salim dan Syahrum. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif: Konsep dan Aplikasi dalam Ilmu Sosial, Keagamaan dan Pendidikan. Bandung: Citapustaka Media.
Salim. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Ciptapustaka Media.
Siahaan, A. dan Bayoangin, T. (2014). Manajemen Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Citapustaka Media.
Siahaan, A., Fitri, A. dkk. (2023). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Yayasan Pendidikan Islam Al-Anwar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(1).
Siahaan, A., Nurhasanah, N, dkk. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan di SMA Swasta Dwiwarna. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6).
Siahaan, A. (2018). Kepemimpinan Pendidikan: Aplikasi Kepemimpinan Efektif, Strategis, dan Berkelanjutan. Medan: CV. Widya Puspita.
Sinungun, M. (2009). Produktivitas Apa dan Bagaimana, Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiono. (2010). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sumadinata, N. S. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Kerjasama Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia Dengan Remaja Rosda Karya.
Sutrisno, E. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wahjosumidjo. (2011). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Markis Uriatman. (2015). Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru. Jurnal Manajer Pendidikan, 9(6).
Wafi, A., (2017) Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Budaya Disiplin Peserta Didik di Madrasah Aliyah Manaratul Islam Cilandak Jakarta Selatan.”Skripsi. (Fak. Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Lydia Amelia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).