Implementasi Canva dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas Sungai Kakap Kubu Raya

Authors

  • Dian Shinta Sari IKIP PGRI Pontianak , Indonesia
  • Desi Sri Astuti IKIP PGRI Pontianak , Indonesia
  • Suparjan Suparjan Universitas Tanjungpura, Pontianak, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.938

Keywords:

Implementasi, Canva, Pembelajaran, Respon Siswa

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah terkait dengan pesatnya kemajuan teknologi khususnya dalam konteks pendidikan. Dalam perkembangan teknologi pendidikan, media yang interaktif dan bervariasi seperti Canva menjadi relevan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana Canva digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris. Metode penelitian yang diterapkan adalah deskriptif kualitatif, dimana pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan penyebaran kuesioner. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Analisis data menggunakan pendekatan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penerapan Canva dalam pembelajaran bahasa Inggris di kelas XI SMAN Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya berlangsung menarik, interaktif, dan menumbuhkan keterlibatan aktif siswa dan guru sehingga menghasilkan lingkungan belajar yang kondusif. Kesimpulannya, penerapan Canva dalam pembelajaran bahasa Inggris mendapat respon positif dari siswa dan dinilai berhasil mendukung proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdika, Y., Arham, M. A., & Sudirman, S. (2019). Pengaruh Metode Tanya Jawab Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jambura Economic Education Journal, 1(2).

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran, edisi revisi ke-16 (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Anwar, K., & others. (2021). The perception of using technology canva application as a media for english teacher creating media virtual teaching and english learning in loei thailand. Journal of English Teaching, Literature, and Applied Linguistics, 5(1), 62–69.

Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31–43.

Cipta, R. (1999). Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Jurnal Gerbang, 8(1).

Hakim, D. L. (2017). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Matematika Media Prezi. UNES Journal of Community Service, 2(2), 157–163.

Iskandar, I. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas VIII. 2 di MTs Negeri Pinrang. IAIN Parepare.

Mila, N., Alisyahbana, A. N. Q. A., Arisah, N., Hasan, M., & others. (2021). Efektivitas pemanfaatan Canva sebagai media pembelajaran daring. Prosiding Penelitian Pendidikan dan Pengabdian 2021, 1(1), 181–188.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods Sourcebook (3rd Edition). SAGE Publications, Inc.

Munir, M. (2017). Pembelajaran digital. Bandung: Alfabeta.

Ramli, M. (2012). Media dan teknologi pembelajaran. Antasari Press.

Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi canva sebagai media pembuatan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa inggris. Abdimas Siliwangi, 4(2), 335–343.

Sadiman, A. S. (2006). Media Pendidikan pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya.

Shittu, A. T., Basha, K. M., Suryani, N., AbdulRahman, N., Badariah, T., & Ahmad, T. (2011). Investigating s tudents ’ attitude and intention to use Social software in higher institution of learning in Malaysia Shittu , Ahmed Tajudeen. Multicultural Education & Technology Journal, 5(3), 194–208. https://doi.org/10.1108/17504971111166929

Suja, I. W. (2019). Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran. Lembaga Pengembangan Pembelajaran Dan Penjaminan Mutu (Lpppm) Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 5–10.

Surani, D., & Hamidah, H. (2020). Students perceptions in online class learning during the Covid-19 pandemic. International Journal on Advanced Science, Education, and Religion, 3(3), 83–95.

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79–85.

Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 102–118.

Downloads

Published

2024-04-18

How to Cite

Sari, D. S., Astuti, D. S., & Suparjan, S. (2024). Implementasi Canva dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas Sungai Kakap Kubu Raya. Journal of Education Research, 5(2), 1064–1070. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.938

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)