Implementasi Canva dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas Sungai Kakap Kubu Raya
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.938Keywords:
Implementasi, Canva, Pembelajaran, Respon SiswaAbstract
Latar belakang penelitian ini adalah terkait dengan pesatnya kemajuan teknologi khususnya dalam konteks pendidikan. Dalam perkembangan teknologi pendidikan, media yang interaktif dan bervariasi seperti Canva menjadi relevan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana Canva digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris. Metode penelitian yang diterapkan adalah deskriptif kualitatif, dimana pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan penyebaran kuesioner. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Analisis data menggunakan pendekatan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penerapan Canva dalam pembelajaran bahasa Inggris di kelas XI SMAN Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya berlangsung menarik, interaktif, dan menumbuhkan keterlibatan aktif siswa dan guru sehingga menghasilkan lingkungan belajar yang kondusif. Kesimpulannya, penerapan Canva dalam pembelajaran bahasa Inggris mendapat respon positif dari siswa dan dinilai berhasil mendukung proses pembelajaran.
Downloads
References
Abdika, Y., Arham, M. A., & Sudirman, S. (2019). Pengaruh Metode Tanya Jawab Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jambura Economic Education Journal, 1(2).
Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran, edisi revisi ke-16 (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Anwar, K., & others. (2021). The perception of using technology canva application as a media for english teacher creating media virtual teaching and english learning in loei thailand. Journal of English Teaching, Literature, and Applied Linguistics, 5(1), 62–69.
Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31–43.
Cipta, R. (1999). Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Jurnal Gerbang, 8(1).
Hakim, D. L. (2017). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Matematika Media Prezi. UNES Journal of Community Service, 2(2), 157–163.
Iskandar, I. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas VIII. 2 di MTs Negeri Pinrang. IAIN Parepare.
Mila, N., Alisyahbana, A. N. Q. A., Arisah, N., Hasan, M., & others. (2021). Efektivitas pemanfaatan Canva sebagai media pembelajaran daring. Prosiding Penelitian Pendidikan dan Pengabdian 2021, 1(1), 181–188.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods Sourcebook (3rd Edition). SAGE Publications, Inc.
Munir, M. (2017). Pembelajaran digital. Bandung: Alfabeta.
Ramli, M. (2012). Media dan teknologi pembelajaran. Antasari Press.
Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi canva sebagai media pembuatan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa inggris. Abdimas Siliwangi, 4(2), 335–343.
Sadiman, A. S. (2006). Media Pendidikan pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya.
Shittu, A. T., Basha, K. M., Suryani, N., AbdulRahman, N., Badariah, T., & Ahmad, T. (2011). Investigating s tudents ’ attitude and intention to use Social software in higher institution of learning in Malaysia Shittu , Ahmed Tajudeen. Multicultural Education & Technology Journal, 5(3), 194–208. https://doi.org/10.1108/17504971111166929
Suja, I. W. (2019). Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran. Lembaga Pengembangan Pembelajaran Dan Penjaminan Mutu (Lpppm) Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 5–10.
Surani, D., & Hamidah, H. (2020). Students perceptions in online class learning during the Covid-19 pandemic. International Journal on Advanced Science, Education, and Religion, 3(3), 83–95.
Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79–85.
Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 102–118.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Dian Shinta Sari, Desi Sri Astuti, Suparjan Suparjan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).