Analisis Peran Stakeholder dalam Pengambilan Keputusan Manajemen Sekolah: Perspektif Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.937Keywords:
Stakeholder, Pengambilan Keputusan Manajemen Sekolah, EfektivitasAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji analisis peran stakeholder dalam konteks pengambilan keputusan manajemen sekolah dengan fokus pada perspektif pendidikan. Stakeholder, yang melibatkan guru, orang tua siswa, komite sekolah, dan masyarakat sekitar, diidentifikasi sebagai unsur kunci dalam pengelolaan sekolah yang efektif. Metode yang digunakan yaitu menggunakan metode studi literatur,yaitu menggali wawasan mendalam mengenai interaksi dan kontribusi stakeholder dalam pengambilan keputusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi aktif stakeholder dalam proses pengambilan keputusan manajemen sekolah memberikan dampak positif terhadap efektivitas manajemen dan kinerja siswa. Orang tua siswa, sebagai stakeholder utama, memiliki peran yang signifikan dalam membentuk kebijakan pendidikan dan memberikan dukungan holistik bagi anak-anak mereka. Namun, tantangan muncul dalam mengelola beragam kepentingan dan memastikan keterlibatan semua pihak secara seimbang. Saran yang diajukan melibatkan peningkatan mekanisme komunikasi antara sekolah dan stakeholder serta pengembangan kebijakan yang lebih inklusif dan adaptif sesuai dengan konteks lokal. Kesimpulan dari penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana stakeholder dapat berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat sekolah.
Downloads
References
Asmui, A., Sudirman, S., & Sridana, S. (2019). Peran Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 4(1), 61–66.
Athiyah, C. U. (2019). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah sebagai alternatif desentralisasi pendidikan di MAN 4 Jakarta. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 7(1), 130–145.
Berliani, T., & Dagau, E. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan Pada Sekolah Swasta Efektif Di Kota Palangka Raya. Equity In Education Journal, 2(1), 46–53.
El Widad, Z., & Abu Bakar, M. Y. (2021). Wajah baru pendidikan Indonesia di masa pandemi dan analisis problematika kebijakan pendidikan di tengah pandemi. MAPPESONA Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.30863/mappesona.v4i1.1768
Gupta, R., & Patel, S. (2024). "Globalization and the Evolving Roles of Stakeholders in Secondary School Management Decision-Making." International Journal of Educational Management, 38(4), 523-540.
Hanan, A. (2018). M Analisis Manajemen Strategik Kepala MTs Ishlahul Muslimin Senteluk Lombok Barat Perspektif SWOT. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 157–171.
Handoyo, K., Mudhofir, M., & Maslamah, M. (2021). Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Madrasah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 321–332.
Huda, S. A. (2018). The influence of managerial skill and creativity on decision making in public junior high schools of Tangerang City and Regency. Research in Social Sciences and Technology, 3(2), 79–92.
Huda, S. A., & Jaenudin. (2021). MANAJEMEN PENDIDIKAN SEKOLAH Ditinjau dari Konsep Tenaga Pendidik dan Kependidikan. uwais inspirasi indonesia.
Ibrohim, B. (2018). Manajemen berbasis sekolah: Strategi alternatif dalam persaingan mutu. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 57–72.
Ichsan, F. N., Gistituati, N., & Marsidi, S. (2020). Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Pada Masa Darurat Covid 19. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 27(2), 45–58.
Irwanto, I., Susrianingsih, S., Habibi, H., & Ardat, A. (2023). Manajemen lembaga pendidikan Islam di madrasah: analisis tentang model dan implementasinya. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(1), 162–174.
Isamuddin, I., Faisal, F., Maisah, M., Hakim, L., & Us, K. A. (2021). Implementasi analisis swot pada manajemen strategik dalam perencanaan peningkatan mutu pendidikan di madrasah tsanawiyah nurul islam muara bungo. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 1034–1050.
Iskandar, W. (2019). Analisis kebijakan pendidikan dalam perspektif madrasah. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 1–22.
Johnson, A., Smith, B., & Davis, C. (2023). "Exploring the Impact of Educational Technology on Stakeholder Involvement in School Management Decision-Making." Journal of Educational Technology Research, 45(2), 189-206.
Lestari, A. S. (2019). Penerapan Manajemen Strategik Dengan Analisis SWOT Pada SMP Negeri 4 Kendari. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(1), 1–24.
Modelu, R., & Pido, A. (2019). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS): antara Harapan dan Realita di SMA Negeri 3 Atinggola. Al-Minhaj: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 128–142.
Mustakim, B. (2020). Perspektif Psikologi Pengambilan Keputusan dalam Kepemimpinan Partisipatif di Organisasi Pendidikan. Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam, 8(2).
Rozak, A., & Az-Ziyadah, A. I. (2021). Kebijakan Pendidikan Di Indonesia. Alim| Journal of Islamic Education, 3(2), 197–208.
Santika, I. G. N., Suarni, N. K., & Lasmawan, I. W. (2022). Analisis perubahan kurikulum ditinjau dari kurikulum sebagai suatu ide. Jurnal Education and Development, 10(3), 694–700.
Setiawan, D., Aziz, S. A., & Hilman, C. (2022). Pengembangan Social dan Pembangunan Pendidikan Berbasis Masyarakat. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(2), 74–84.
Siregar, R. (2019). Implementasi sistem informasi manajemen dalam pengambilan keputusan bagi pemimpin untuk meningkatkan mutu pendidikan di yayasan universitas labuhanbatu.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Evaluasi. Yogyakarta: Alfabeta.
Suhardi, M., & Huda, S. A. (2020). Decision Making In Public Junior High Schools Of Tangerang City And Regency. International Journal for Educational and Vocational Studies, 2(6).
Suriono, Z. (2021). Analisis SWOT dalam identifikasi mutu pendidikan. ALACRITY: Journal of Education, 94–103.
Syafaruddin, S., Napitupulu, D. S., & Harahap, A. S. (2020). Komunikasi interpersonal kepala sekolah dalam pengambilan keputusan dan peningkatan mutu di SMA Al-Ulum Kota Medan. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 9(01), 227–238.
Wang, X., Chen, Y., & Li, J. (2022). "Cross-Cultural Analysis of the Role of Parents in School Management Decision-Making: A Meta-Analysis." Comparative Education Review, 66(1), 120-138.
Wuisan, D. S. S., & Mariyanti, T. (2023). Analisa Peran Triple Helik dalam Mengatasi Tantangan Pendidikan di Era Industri 4.0. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 1(2), 123–132.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jaenudin Jaenudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).