Analisis Peran Stakeholder dalam Pengambilan Keputusan Manajemen Sekolah: Perspektif Pendidikan

Authors

  • Jaenudin Jaenudin Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.937

Keywords:

Stakeholder, Pengambilan Keputusan Manajemen Sekolah, Efektivitas

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji analisis peran stakeholder dalam konteks pengambilan keputusan manajemen sekolah dengan fokus pada perspektif pendidikan. Stakeholder, yang melibatkan guru, orang tua siswa, komite sekolah, dan masyarakat sekitar, diidentifikasi sebagai unsur kunci dalam pengelolaan sekolah yang efektif. Metode yang digunakan yaitu menggunakan metode studi literatur,yaitu menggali wawasan mendalam mengenai interaksi dan kontribusi stakeholder dalam pengambilan keputusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi aktif stakeholder dalam proses pengambilan keputusan manajemen sekolah memberikan dampak positif terhadap efektivitas manajemen dan kinerja siswa. Orang tua siswa, sebagai stakeholder utama, memiliki peran yang signifikan dalam membentuk kebijakan pendidikan dan memberikan dukungan holistik bagi anak-anak mereka. Namun, tantangan muncul dalam mengelola beragam kepentingan dan memastikan keterlibatan semua pihak secara seimbang. Saran yang diajukan melibatkan peningkatan mekanisme komunikasi antara sekolah dan stakeholder serta pengembangan kebijakan yang lebih inklusif dan adaptif sesuai dengan konteks lokal. Kesimpulan dari penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana stakeholder dapat berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmui, A., Sudirman, S., & Sridana, S. (2019). Peran Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 4(1), 61–66.

Athiyah, C. U. (2019). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah sebagai alternatif desentralisasi pendidikan di MAN 4 Jakarta. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 7(1), 130–145.

Berliani, T., & Dagau, E. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan Pada Sekolah Swasta Efektif Di Kota Palangka Raya. Equity In Education Journal, 2(1), 46–53.

El Widad, Z., & Abu Bakar, M. Y. (2021). Wajah baru pendidikan Indonesia di masa pandemi dan analisis problematika kebijakan pendidikan di tengah pandemi. MAPPESONA Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.30863/mappesona.v4i1.1768

Gupta, R., & Patel, S. (2024). "Globalization and the Evolving Roles of Stakeholders in Secondary School Management Decision-Making." International Journal of Educational Management, 38(4), 523-540.

Hanan, A. (2018). M Analisis Manajemen Strategik Kepala MTs Ishlahul Muslimin Senteluk Lombok Barat Perspektif SWOT. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 157–171.

Handoyo, K., Mudhofir, M., & Maslamah, M. (2021). Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Madrasah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 321–332.

Huda, S. A. (2018). The influence of managerial skill and creativity on decision making in public junior high schools of Tangerang City and Regency. Research in Social Sciences and Technology, 3(2), 79–92.

Huda, S. A., & Jaenudin. (2021). MANAJEMEN PENDIDIKAN SEKOLAH Ditinjau dari Konsep Tenaga Pendidik dan Kependidikan. uwais inspirasi indonesia.

Ibrohim, B. (2018). Manajemen berbasis sekolah: Strategi alternatif dalam persaingan mutu. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 57–72.

Ichsan, F. N., Gistituati, N., & Marsidi, S. (2020). Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Pada Masa Darurat Covid 19. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 27(2), 45–58.

Irwanto, I., Susrianingsih, S., Habibi, H., & Ardat, A. (2023). Manajemen lembaga pendidikan Islam di madrasah: analisis tentang model dan implementasinya. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(1), 162–174.

Isamuddin, I., Faisal, F., Maisah, M., Hakim, L., & Us, K. A. (2021). Implementasi analisis swot pada manajemen strategik dalam perencanaan peningkatan mutu pendidikan di madrasah tsanawiyah nurul islam muara bungo. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 1034–1050.

Iskandar, W. (2019). Analisis kebijakan pendidikan dalam perspektif madrasah. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 1–22.

Johnson, A., Smith, B., & Davis, C. (2023). "Exploring the Impact of Educational Technology on Stakeholder Involvement in School Management Decision-Making." Journal of Educational Technology Research, 45(2), 189-206.

Lestari, A. S. (2019). Penerapan Manajemen Strategik Dengan Analisis SWOT Pada SMP Negeri 4 Kendari. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(1), 1–24.

Modelu, R., & Pido, A. (2019). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS): antara Harapan dan Realita di SMA Negeri 3 Atinggola. Al-Minhaj: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 128–142.

Mustakim, B. (2020). Perspektif Psikologi Pengambilan Keputusan dalam Kepemimpinan Partisipatif di Organisasi Pendidikan. Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam, 8(2).

Rozak, A., & Az-Ziyadah, A. I. (2021). Kebijakan Pendidikan Di Indonesia. Alim| Journal of Islamic Education, 3(2), 197–208.

Santika, I. G. N., Suarni, N. K., & Lasmawan, I. W. (2022). Analisis perubahan kurikulum ditinjau dari kurikulum sebagai suatu ide. Jurnal Education and Development, 10(3), 694–700.

Setiawan, D., Aziz, S. A., & Hilman, C. (2022). Pengembangan Social dan Pembangunan Pendidikan Berbasis Masyarakat. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(2), 74–84.

Siregar, R. (2019). Implementasi sistem informasi manajemen dalam pengambilan keputusan bagi pemimpin untuk meningkatkan mutu pendidikan di yayasan universitas labuhanbatu.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Evaluasi. Yogyakarta: Alfabeta.

Suhardi, M., & Huda, S. A. (2020). Decision Making In Public Junior High Schools Of Tangerang City And Regency. International Journal for Educational and Vocational Studies, 2(6).

Suriono, Z. (2021). Analisis SWOT dalam identifikasi mutu pendidikan. ALACRITY: Journal of Education, 94–103.

Syafaruddin, S., Napitupulu, D. S., & Harahap, A. S. (2020). Komunikasi interpersonal kepala sekolah dalam pengambilan keputusan dan peningkatan mutu di SMA Al-Ulum Kota Medan. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 9(01), 227–238.

Wang, X., Chen, Y., & Li, J. (2022). "Cross-Cultural Analysis of the Role of Parents in School Management Decision-Making: A Meta-Analysis." Comparative Education Review, 66(1), 120-138.

Wuisan, D. S. S., & Mariyanti, T. (2023). Analisa Peran Triple Helik dalam Mengatasi Tantangan Pendidikan di Era Industri 4.0. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 1(2), 123–132.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Jaenudin, J. (2024). Analisis Peran Stakeholder dalam Pengambilan Keputusan Manajemen Sekolah: Perspektif Pendidikan. Journal of Education Research, 5(1), 939–944. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.937

Issue

Section

Articles