Implementasi penguatan pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab di sekolah dasar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.936Keywords:
Implementasi, Pendidikan, Karakter Disiplin, Tanggung JawabAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pendidikan di indonesia yang ada sekarang dalam keadaan belum berhasil sepenuhnya terutama dalam hal penanaman karakter pada peserta didik. Hal tersebut, maka perlu adanya penerapan pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab pada siswa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pemahaman kepala sekolah dan guru, implementasi pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab, dan hambatan dalam mengimplementasikan pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab di SDN seratus sembilan puluh dua Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas IV, dan siswa kelas IV SDN seratus sembilan puluh dua Pekanbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah memahami karakter disiplin adalah mentaati semua aturan yang dibuat atau berlaku sedangkan guru memahami karakter disiplin adalah kesadaran akan aturan yang berlaku diseluruh tempat. Kepala sekolah juga memahami karakter tanggung jawab adalah melaksanakan tugas yang ada dan kewajibannya secara bersungguh-sungguh, sedangkan guru memahami karakter tanggung jawab sebagai sesuatu yang bersifat wajib yang harus dilakukan. Pengimplementasikan pendidikan karakter di sekolah dilakukan dengan integritas dalam program pengembangan diri dan kegiatan spontan. Pengintegrasikan karakter dalam mata pelajaran seperti menegur, mengingatkan dan pembiasaan. Hambatan dari implementasi penguatan pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab berasal dari faktor keluarga dan lingkungan.
Downloads
References
Abdul, M & Dian, A. 2012. Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Angga, Abidin, Y, & Iskandar, S. 2022. Penerapan pendidikan karkter dengan model pembelajaran berbasis keterampilan abad 21: Jurnalbasicedu.
Agus wibowo, 2012. Pendidikan Karakter: Srategi membangun karakter bangsa berperadaban. Yogyakarta: pustaka pelajar.
Arikunto, Suharsimi. 2013.Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyi Mirdanda. 2018. Motivasi Berprestasi Dan Disiplin Peserta Didik. Pontianak: Yudha English Gallery.
Aulina,C,N. 2013. Penanaman disiplin pada anak usia dini. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan. Dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.
Darmadi. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Hardani, dkk. 2020 Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta : CV. Pustaka Ilmu.
Hartati, W. 2017. Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin di SD Negeri 7 Tanjung Raja. JMKSP Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan.
Hidayah, N. 2015. Penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar.
Irhan, Muhammad.2013. Psikologi Pendidikan: Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Khafid, M. 2007. Pengaruh disiplin belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar ekonomi. Dinamika Pendidikan.
Kosim, M. 2020. Penguatan pendidikan karakter di era industri 4.0: Optimalisasi pendidikan agama islam di sekolah. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam.
Kurniasih, Imas dan Sani. 2014. Implementasi Kurikulum 2013: Konsep Dan Penerapan.Surabaya: Kata Pena.
Kurniawan, Syamsul. 2016. Pendidikan Karakter (Konsepsi dan Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi & Masyarakat). Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Kusumastuti A, & Khoiron, M.A.2019 Metode Penelitian Kualitatif. Semarang : Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo.
Lickona, Thomas. 2013. Pendidikan Karakter: Panduan lengkap mendidik siswa menjadi pintar dan baik. Bandung: Penerbit Nusa Media.
Mardiyah. 2015. Peran Orangtua Dalam Pendidikan Agama Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak. Jurnal Kependidikan.
Masang, A. 2021. Hakikat pendidikan. Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam.
Mohamad Mustari. 2014. Nilai karakter: Refleksi untuk pendidikan. Jakarta: Rajawali Press
Moses, Melmambessy. 2012.Analisis Pengaruh Pendidikan, Pelatihan, dan Pengalaman Kerja terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Papua. Media Riset Bisnis & Manajemen
Mustari, Mohammad. 2014. Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Nizar,S. 2001. Pengantar Dasar-dasar Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama.
Nurla I. A. 2011 Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah tc; Jogjakarta: Laksana.
Pribadi, R.A. dkk. 2021. Proses penguatan pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab dalam pembelajaran siswa melalui penegakan peraturan. Jurnal pendidikan tambusai, 5(3), 9136-9142.
Republik Indonesia, 2012. Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Cet I;Jogjakarta: Laksana.
Septembri, S. P. 2022. Implementasi Reward dan Punishment dalam Penguatan Pendidikan Karakter Disiplin Siswa di MI Ma'arif Mojorejo, Jetis, Ponorogo Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: alfabeta
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta
Triyanto & Teguh. 2014. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Depdiknas
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Zubaedi. 2012. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya Pada Lembaga Pendidikan Cet. II; Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Dara Mustika, Mufarizuddin Mufarizuddin, Rizki Ananda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).