Implementasi Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan (Pakem) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Mewujudkan Sekolah Unggulan Di Sdn Siwungkuk 01 Brebes

Authors

  • Triningsih Triningsih Magister Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Burhan Eko Purwanto Purwanto Magister Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Tri Mulyono Magister Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.932

Keywords:

Implemenetasi, Model Pembelajaran, PAKEM, PAI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran secara mendalam tentang implementasi, faktor pendukung dan penghambat serta upaya yang sudah dilakukan guru dalam pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan atau PAKEM pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk mewujudkan sekolah unggulan di SDN Siwungkuk satu Brebes. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif, yaitu suatu metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah. dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan cara trianggulasi atau gabungan. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dokumentasi. analisis data melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi.Hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran PAKEM di SD Negeri Siwungkuk satu Brebes dilaksanakan dengan penggunaan metode pengajaran yang bervariatif dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode tersebut lebih mengedepankan keaktifan dan kerjasama dalam kelompok yang sangat memperhitungkan proses dan hasil, sehingga aspek kognitif, afektif serta psikomotorik siswa dapat berkembang secara terpadu, minat belajar siswa semakin meningkat dan juga meningkatkan kreativitas guru. Salah satu metode yang digunakan adalah metode diskusi kelompok kecil atau Small Group Discussion. Melalui metode ini masing-masing kelompok seorang siswa dapat dengan bebas menyalurkan pemikiran mereka. Walaupun begitu masih terdapat beberapa hal yang menyebabkan pelaksanaannya berjalan kurang maksimal. Salah satunya kurangnya media pembelajaran Selain faktor media, keterbatasan waktu serta motivasi siswa tentunya menjadi kendala bagi setiap guru dalam semua proses pembelajaran. Upaya yang dilakukan guru, dalam implementasi model pembelajaran PAKEM  mencakup perencanaan pelaksanaan dan evaluasinya. Dengan demikian Implementasi model pembelajaran model PAKEM pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Siwungkuk satu Brebes sudah diterapkan dengan baik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara. 2005.

Ahmad Susanto,Teori Belajar dan mengajar di Sekolah, Jakarta: Prenada Media Group,2013

Amad Munjin Nasih, Metode dan Teknik Pembelajaran pendidikan agama Islam, Bandung: 2009),

Asmani, Jamal Ma'mun, Marhaban. 2011. Tips Aplikasi PAKEM (Pembelajaran,Aktif, Kreatif, Efektif, fan Menyenangkan). Yogyakarya: Diva Press Aksara).

Ary, Pande Putu dkk. 2014. Pembelajaran PAKEM Berbantuan Permainan Pesan Berantai Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1): 1-11.

Diedrich, Paul B, The Guidance of Learning Activities, DalamSadirman,,Interaksi dan motivasi belajar mengajar, Jakarta : Raja Gravindo. 2009.

Diktoret Jenderal Pendidikan Islam, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003, ( Jakarta,2003)h.7

Ditjen Dikdasmen Depdiknas, Paket Pelatihan Untuk Sekolah Dan Masyarakat (Jakarta:Balai Pustaka,2005)

Fatah Syukur, Manajemen Pendidikan, (Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semgaran dan PMDC,2006),

Febriani, Dian. 2018. Penerapan Strategi PAKEM Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskriptif pada Siswa Kelas IV SDN 52 Kota Bengkulu. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(3), 207-213.

Gabringer, R. Scott. 2016. Rich Environment for Actve Learning Definition.

Research in Learning Technology, 3(2), 5-34.

H.Syaiful Sagala, Supervisi Pembelajaran Dalam Profesi Pendidikan (Bandung:Alfabeta,2010)

Haidar Putra Daulay, Pemberdayaan Pendidikan Islam di Indonesia, (Cet. I; Jakarta:Rineka Cipta,2009)

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran.. Jakarta: Bumi Aksara.

Iskandar. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif).Jakarta: Gaung Persada Press. 2009.

Jhon W Creswell .Research Design Pendekatan Kualitatif. Kuantitatif, dan Mixed, terj. Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2009.

JS Badudu, Sutan Muhammad Zain, kamus Umum Bahasa Indonesia,(Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1996), 977. Keguruan".Dalam chabib thoha (eds). PBM-PAI di Sekolah: Eksistensi Dan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam, (Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang, 1998), cet.1,

Kurniasari, Ajeng Wahyu. 2014. Penerapan Pendekatan PAKEM dengan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Kandri 2 Kota Semarang. Jurnal Kependidikan Dasar, 1(2), 1-12.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosda Karya, 2005

Muhaimin, Paradigma pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Kamlaulya,2005)

Muhammad Rusydi Ikhsan, " Penerapan Pembelajaran Aktif, inovatif, Kreatif ,Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN Parigi kabupayen Gowa" ( trsis Univerasits Islam Negeri ( UIN) Alauddin Makassar, 2014).

Mulyasa, Menjadi Guru Profesional ( Bandung: Remaja Rosdakarya,2008)

Mundir. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif.Jember: STAIN Jember

Press. 2013.

Nurhayati. 2016. Peningkatan Partisipasi dan Prestasi Belajar PKn dengan Model PAKEM Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 43-51.

Nur Ubaiyati, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan Islam, (Semarang ; 2013),

Nurkholis, Pengantar Studi Al-Qur'an dan Al-Hadits. Yogyakarta: Teras, 2008.

Patoni,Achmad,Metodologi Pendidikan Agama Islam. Cetakan Pertama. Jakarta: PT.Bima Ilmu,2004

Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007

Setiawan, Deny. 2014. Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Karakter melalui

Penerapan Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial, 6(2), 61-72.

Siregar, Pariang Sonang dkk. 2017. Penerapan Pendekatan PAIKEM pada Pembelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri 010 Rambah. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, 5(2), 743-749.

Siti, ( 2010), Penerapan Pakem Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Optimal Siswa Kelas B Di TK Insan Harapan Bago- Besuk Probolinggo (Jurnal Inspirasi) Pendidikan Universitad Kanjuruhan Malang. Malang: FKIP KeguruanMalang.journal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/downloadSuppFile/479/13. diakses tanggal (14 desember)

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Kineka Cipta

Soyan Amri dan Lif Khoiru Ahmadi, Kontruksi Pengembangan Pembelajaran ( Cet.I;Jakarta: Prestasi Pusaka, 2010)

Tanjung, Akbar. Penerapan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTS Muhammadiyah.Skripsi: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. 2013.

Ulfa, Syarifah. Pengaruh Model Paikem (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan) Terhadap Minat Belajar Siswa (Studi Kasus Mata Pelajaran Akuntansi Pada Kelas XI Akuntansi SMK Pasundan 3 Bandung Semester Genap Tahun Ajaran 2015-2016). Skripsi. Bandung: Universitas Pasundan, 2016

UU RI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Yogyakarta: Diva Press Aksara).

Wardani, Naniek Sulistya. 2015. Implementasi PAKEM Melalui Model Pembelajaran Aktif dalam Perkuliahan Konsep Dasar IPS SD Berbasis Kecakapan Hidup. Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi, hal: 145-157.

Wicaksono, Antonius Alam. 2018. Pengembangan Buku Teks Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Jawa Timur dengan Model PAKEM Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 3(2), 144-151.

Downloads

Published

2024-03-24

How to Cite

Triningsih, T., Purwanto, B. E. P., & Mulyono, T. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan (Pakem) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Mewujudkan Sekolah Unggulan Di Sdn Siwungkuk 01 Brebes. Journal of Education Research, 5(1), 896–901. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.932

Issue

Section

Articles

Citation Check