Implementasi Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan (Pakem) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Mewujudkan Sekolah Unggulan Di Sdn Siwungkuk 01 Brebes
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.932Keywords:
Implemenetasi, Model Pembelajaran, PAKEM, PAIAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran secara mendalam tentang implementasi, faktor pendukung dan penghambat serta upaya yang sudah dilakukan guru dalam pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan atau PAKEM pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk mewujudkan sekolah unggulan di SDN Siwungkuk satu Brebes. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif, yaitu suatu metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah. dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan cara trianggulasi atau gabungan. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dokumentasi. analisis data melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi.Hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran PAKEM di SD Negeri Siwungkuk satu Brebes dilaksanakan dengan penggunaan metode pengajaran yang bervariatif dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode tersebut lebih mengedepankan keaktifan dan kerjasama dalam kelompok yang sangat memperhitungkan proses dan hasil, sehingga aspek kognitif, afektif serta psikomotorik siswa dapat berkembang secara terpadu, minat belajar siswa semakin meningkat dan juga meningkatkan kreativitas guru. Salah satu metode yang digunakan adalah metode diskusi kelompok kecil atau Small Group Discussion. Melalui metode ini masing-masing kelompok seorang siswa dapat dengan bebas menyalurkan pemikiran mereka. Walaupun begitu masih terdapat beberapa hal yang menyebabkan pelaksanaannya berjalan kurang maksimal. Salah satunya kurangnya media pembelajaran Selain faktor media, keterbatasan waktu serta motivasi siswa tentunya menjadi kendala bagi setiap guru dalam semua proses pembelajaran. Upaya yang dilakukan guru, dalam implementasi model pembelajaran PAKEM mencakup perencanaan pelaksanaan dan evaluasinya. Dengan demikian Implementasi model pembelajaran model PAKEM pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Siwungkuk satu Brebes sudah diterapkan dengan baik
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara. 2005.
Ahmad Susanto,Teori Belajar dan mengajar di Sekolah, Jakarta: Prenada Media Group,2013
Amad Munjin Nasih, Metode dan Teknik Pembelajaran pendidikan agama Islam, Bandung: 2009),
Asmani, Jamal Ma'mun, Marhaban. 2011. Tips Aplikasi PAKEM (Pembelajaran,Aktif, Kreatif, Efektif, fan Menyenangkan). Yogyakarya: Diva Press Aksara).
Ary, Pande Putu dkk. 2014. Pembelajaran PAKEM Berbantuan Permainan Pesan Berantai Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1): 1-11.
Diedrich, Paul B, The Guidance of Learning Activities, DalamSadirman,,Interaksi dan motivasi belajar mengajar, Jakarta : Raja Gravindo. 2009.
Diktoret Jenderal Pendidikan Islam, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003, ( Jakarta,2003)h.7
Ditjen Dikdasmen Depdiknas, Paket Pelatihan Untuk Sekolah Dan Masyarakat (Jakarta:Balai Pustaka,2005)
Fatah Syukur, Manajemen Pendidikan, (Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semgaran dan PMDC,2006),
Febriani, Dian. 2018. Penerapan Strategi PAKEM Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskriptif pada Siswa Kelas IV SDN 52 Kota Bengkulu. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(3), 207-213.
Gabringer, R. Scott. 2016. Rich Environment for Actve Learning Definition.
Research in Learning Technology, 3(2), 5-34.
H.Syaiful Sagala, Supervisi Pembelajaran Dalam Profesi Pendidikan (Bandung:Alfabeta,2010)
Haidar Putra Daulay, Pemberdayaan Pendidikan Islam di Indonesia, (Cet. I; Jakarta:Rineka Cipta,2009)
Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran.. Jakarta: Bumi Aksara.
Iskandar. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif).Jakarta: Gaung Persada Press. 2009.
Jhon W Creswell .Research Design Pendekatan Kualitatif. Kuantitatif, dan Mixed, terj. Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2009.
JS Badudu, Sutan Muhammad Zain, kamus Umum Bahasa Indonesia,(Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1996), 977. Keguruan".Dalam chabib thoha (eds). PBM-PAI di Sekolah: Eksistensi Dan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam, (Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang, 1998), cet.1,
Kurniasari, Ajeng Wahyu. 2014. Penerapan Pendekatan PAKEM dengan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Kandri 2 Kota Semarang. Jurnal Kependidikan Dasar, 1(2), 1-12.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosda Karya, 2005
Muhaimin, Paradigma pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Kamlaulya,2005)
Muhammad Rusydi Ikhsan, " Penerapan Pembelajaran Aktif, inovatif, Kreatif ,Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN Parigi kabupayen Gowa" ( trsis Univerasits Islam Negeri ( UIN) Alauddin Makassar, 2014).
Mulyasa, Menjadi Guru Profesional ( Bandung: Remaja Rosdakarya,2008)
Mundir. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif.Jember: STAIN Jember
Press. 2013.
Nurhayati. 2016. Peningkatan Partisipasi dan Prestasi Belajar PKn dengan Model PAKEM Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 43-51.
Nur Ubaiyati, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan Islam, (Semarang ; 2013),
Nurkholis, Pengantar Studi Al-Qur'an dan Al-Hadits. Yogyakarta: Teras, 2008.
Patoni,Achmad,Metodologi Pendidikan Agama Islam. Cetakan Pertama. Jakarta: PT.Bima Ilmu,2004
Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007
Setiawan, Deny. 2014. Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Karakter melalui
Penerapan Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial, 6(2), 61-72.
Siregar, Pariang Sonang dkk. 2017. Penerapan Pendekatan PAIKEM pada Pembelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri 010 Rambah. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, 5(2), 743-749.
Siti, ( 2010), Penerapan Pakem Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Optimal Siswa Kelas B Di TK Insan Harapan Bago- Besuk Probolinggo (Jurnal Inspirasi) Pendidikan Universitad Kanjuruhan Malang. Malang: FKIP KeguruanMalang.journal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/downloadSuppFile/479/13. diakses tanggal (14 desember)
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Kineka Cipta
Soyan Amri dan Lif Khoiru Ahmadi, Kontruksi Pengembangan Pembelajaran ( Cet.I;Jakarta: Prestasi Pusaka, 2010)
Tanjung, Akbar. Penerapan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTS Muhammadiyah.Skripsi: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. 2013.
Ulfa, Syarifah. Pengaruh Model Paikem (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan) Terhadap Minat Belajar Siswa (Studi Kasus Mata Pelajaran Akuntansi Pada Kelas XI Akuntansi SMK Pasundan 3 Bandung Semester Genap Tahun Ajaran 2015-2016). Skripsi. Bandung: Universitas Pasundan, 2016
UU RI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Yogyakarta: Diva Press Aksara).
Wardani, Naniek Sulistya. 2015. Implementasi PAKEM Melalui Model Pembelajaran Aktif dalam Perkuliahan Konsep Dasar IPS SD Berbasis Kecakapan Hidup. Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi, hal: 145-157.
Wicaksono, Antonius Alam. 2018. Pengembangan Buku Teks Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Jawa Timur dengan Model PAKEM Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 3(2), 144-151.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Triningsih Triningsih, Burhan Eko Purwanto Purwanto, Tri Mulyono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).