Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Padlet ULIK (Ular Tangga Interaktif Kreatif) terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD

Authors

  • Hesti Agustini Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Rana Gustian Nugraha Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Nurdinah Hanifah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.931

Keywords:

media padlet, ular tangga, hasil belajar, IPAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan media pembelajaran padlet ULIK atau Ular Tangga Interaktif Kreatif terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD IT Insan Qur’ani Lampung. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan menggunakan one group pre-test and post-test design terhadap tiga puluh satu  siswa. Data dikumpulkan menggunakan tes kemudian dianalisis menggunakan uji rata-rata dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran padlet ULIK terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD IT Insan Qur’ani, Lampung. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata  berdasarkan hasil rerata pre-test, standar tafsiran efektivitas N-Gain menurut Hake berada di kategori cukup efektif.  Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, & Suharsimi. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Rineka Cipta.

Lilliefors, H. W. (1967). On the Kolmogorov-Smirnov Test for Normality with Mean and Variance Unknown. Journal of the American Statistical Association, 62(318), 399–402. https://doi.org/10.1080/01621459.1967.10482916

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://lmsspada.kemdikbud.go.id/pluginfile.php/423559/mod_resource/content/2/Bahan bacaan.pdf

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Wahyuni E. (2022). Efforts To Improve Student Learning Outcomes Through The Stem Approach In Learning The Consept Of Voltaic Cell (A Study in Grade 12, Public High School 2 of Takengon). Chimica Didactica Acta, 10(2), 52–59.

Wati, A. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2(1), 68–73. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1728

Downloads

Published

2024-03-15

How to Cite

Agustini, H., Nugraha, R. G., & Hanifah, N. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Padlet ULIK (Ular Tangga Interaktif Kreatif) terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD. Journal of Education Research, 5(1), 807–814. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.931

Issue

Section

Articles

Citation Check