Kesehatan Mental dan Perkembangan Anak Usia Pra Sekolah Saat Transisi Pandemik Covid 19

Authors

  • Chatarina Suryaningsih FITKES Unjani, Indonesia
  • Rahmi Imelisa FITKES Unjani , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.930

Keywords:

Anak Usia Pra Sekolah, Kesehatan Mental, Perkembangan, Transisi Pandemik

Abstract

Anak usia pra sekolah rentan terhadap gangguan kesehatan mental akibat kondisi lingkungannya.  Selain gangguan kesehatan mental pada anak, orangtua diharapkan lebih peka terhadap perkembangan anak terutama di masa transisi menuju pasca pandemi covid, dan memastikan anak dapat beradaptasi saat kembali bersosialisasi dengan orang di sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi dan mengembangkan kerangka konsep deteksi dini berdasarkan fenomena. Desain penelitan yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan grounded theory. Partisipan penelitian adalah ibu yang mempunyai anak usia pra sekolah yang bersekolah di TK wilayah Kota Cimahi. Teknik pengambilan sampling adalah tehnik purposive sampling dengan jumlah partisipan adalah dua belas orang. Hasil penelitian terdapat tujuh tema dan enam pedoman, yaitu terdapat dampak transisi pandemic terhadap ibu dan anak terdiri dari fisik dan non fisik, adanya peran ibu dalam peningkatan pertumbuhan perkembangan, dan Kesehatan mental anal selam masa transisi pandemic, adanya peran pemerintah dalam peningkatan pelaksanaan program Kesehatan untuk anak, penambahan dan peningkatan program pemerintah bagi anak, intervensi yang mendukung peningkatan pertumbuhan, perkembangan dan Kesehatan mental anak, peran keluarga dan lingkungan untuk meningkatkan pertumbuhan, perkembangan dan Kesehatan mental anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agusriani, A., & Fauziddin, M. (2021). Strategi Orangtua Mengatasi Kejenuhan Anak Belajar dari Rumah Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1729–1740. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.961

Ahmad, B., & Bonso, H. (2022). DAMPAK PANDEMI TERHADAP PENINGKATAN FUNGSI IBU RUMAH TANGGA DALAM KELUARGA (Studi Kasus Ibu-Ibu Wali Murid SD Yapis 2 Samofa Biak Numfor-Papua). JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(1), 1880–1887. https://doi.org/10.58258/jisip.v6i1.2685

Arafah, M. (2020). Pola Transformasi Pelaku Ekonomi Di Era Transisi Pandemik Ke New Normal. JURNAL AL-TSARWAH, 3(2), 1–9. https://doi.org/10.33758/mbi.v14i4.342.1

Ariviana, I. S., Wuryaningsih, E. W., & Kurniyawan, E. H. (2021). Tingkat Stres, Ansietas, dan Depresi Mahasiswa Profesi Ners di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 4(4), 741–752.

Fakhruroji, M., Tresnawaty, B., Sumadiria, A. S. H., Risdayah, E., & Kunci, K. (2020). Strategi Komunikasi Publik Penanganan COVID-19 di Indonesia : Perspektif Sosiologi Komunikasi Massa dan Agama. Ilmu Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(1), 1–11.

Febrianti, H., Wanda, D., & Apriyanti, E. (2023). Tinjauan Literatur Sistematis: Status Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Pasca Covid-19. Journal of The Indonesian Nutrition Association, 46(1), 87–98. https://doi.org/10.36457/gizindo.v46i1.836

Fuadia, N. (2022). Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Dini. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 3(1), 31–47. https://doi.org/10.53800/wawasan.v3i1.131

Hafifah, N., & Abidin, Z. (2020). Peran Posyandu dalam Meningkatkan Kualitas Kesehatan Ibu dan Anak di Desa Sukawening, Kabupaten Bogor. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat, 2(5), 893–900.

IDAI. (2020). Panduan Klinis Tata Laksana COVID-19 Pada Anak. Indonesian Pediatric Society, 33.

Kartikasari, T., Sumayni, W., & Susanti, D. (2023). Membangun Kesehatan Mental Anak Usia Dini dengan Pengasuhan Positif. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 8521–8526. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2640

Kemendikbud. (2020). Perkembangan Anak Usia Dini Modul 2.

Kemenkes. (2017). Progam Pengendalian HIV AIDS dan PIMS Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. Kementerian Kesehatan RI, 4247608(021), 613–614.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Pedoman Pelayanan Kesehatan Anak Usia Sekolah dan Remaja di Masa Pandemi COVID-19.

Kementrian Kesehatan RI. (2020). Panduan Pelayanan Kesehatan Balita Pada Masa Pandemi Covid-19. In Kementrian Kesehatan RI.

Magklara, K., Giannopoulou, I., Kotsis, K., Tsalamanios, E., Grigoriadou, A., Ladopoulou, K., Koullourou, I., Serdari, A., Sadeghi, N., O’Callaghan, G., Priftis, D., Ntakolia, C., Stringaris, A., Lazaratou, E., Lagakou, E., Mamaki, E., Neou, E., Polaki, O., Triantafyllou, G., … Vassara, V. (2022). Mental health of children and adolescents with pre-existing psychiatric and developmental disorders during the first pandemic-related lockdown: A cross-sectional study in Greece. Psychiatry Research Communications, 2(2), 100034. https://doi.org/10.1016/j.psycom.2022.100034

Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55

Megawanti, P., Megawati, E., & Nurkhafifah, S. (2020). 33.Persepsi Peserta Didik Terhadap Pjj Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 75–82.

Melinda, A. E., & Izzati, I. (2021). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Melalui Teman Sebaya. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 127. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.34533

Moleong, L. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif (Issue 32). Remaja Rosdakarya.

Nasution Siti, K. (2021). Upaya Pemulihan Dampak COVID-19 Terhadap Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak/Keluarga Berencana di Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia, 10(3), 1–4. http://dask.kebijakankesehatanindonesia.net/wp-content/uploads/2021/08/2021-POLICY-BRIEF-Upaya-Pemulihan-Dampak-COVID-19-terhadap-Pelayanan-Kesehatan-Ibu-dan-Anak-KIA-Keluarga-Berencana-di-Provinsi-Sumatera-Utara.pdf

Ningsih, K. W., Martilova, D., Ambiyar, A., & Fadhilah, F. (2021). Analisis Kepatuhan Ibu Terhadap Imunisasi Di Masa Pandemic Covid 19 Di Klinik Cahaya Bunda. JOMIS (Journal of Midwifery Science), 5(2), 122–129. https://doi.org/10.36341/jomis.v5i2.1590

Nurhidayah, I., Gunani, R. G., Ramdhanie, G. G., & Hidayati, N. (2020). Deteksi Dan Stimulasi Perkembangan Sosial Pada Anak Prasekolah: Literatur Review. Jurnal Ilmu Keperawatan Anak, 3(2), 42–58. https://doi.org/10.32584/jika.v3i2.786

Osgood, K., Dean, H. S., & Kimball, H. (2021). Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Kesehatan Mental Anak Yang Kita Ketahui selama ini.

RI, D. K. (2007). Pedoman Teknis Penanggulangan Krisis Kesehatan Akibat Bencana. Bakti Husada, 148, 148–162.

Ridlo, I. A. (2020). Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental Pandemi COVID-19 dan Tantangan Kebijakan Kesehatan Mental di Indonesia. Departemen Administrasi Dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga, 155–164. https://doi.org/10.20473/jpkm.v5i12020.155-164

Safrizal. (2020). Pedoman Umum Menghadapi Pandemi Covid-19 Bagi Pemerintah Daerah: Pencegahan, Pengendalian, Diagnosis dan Manajemen. Tim Kerja Kementrian Dalam Negeri.

Sampurno, M. B. T., Kusumandyoko, T. C., & Islam, M. A. (2020). Budaya Media Sosial, Edukasi Masyarakat, dan Pandemi COVID-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15210

Sejati, Y. G., Wati, I., & Fajriyah, N. (2020). Menjaga Stabilitas Mental Anak di Masa Pandemi Covid-19 melalui Aktivitas Bincang Asyik. Jurnal Golden Age, 04(2), 282–289.

Shofiyah, A., Nusaibah, I. B., & Fauziah, P. Y. (2021). Parenting Disorder Era Pandemi Covid-19 : Dampak pada Penerapan Pengasuhan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1461–1471. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1769

Shumba, C., Maina, R., Mbuthia, G., Kimani, R., Mbugua, S., Shah, S., Abubakar, A., Luchters, S., Shaibu, S., & Ndirangu, E. (2020). Reorienting nurturing care for early childhood development during the covid-19 pandemic in kenya: A review. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(19), 1–19. https://doi.org/10.3390/ijerph17197028

Simfoni PPA. (2019). Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. In Kemenpppa.Go.Id. https://kekerasan.kemenpppa.go.id/ringkasan

Sonartra, E. N. (2019). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Kesehatan Mental Anak Dan Remaja : Literatur Review Era. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, 17(1), 25–31. https://doi.org/10.26753/jikk.v17i1.507

Suryaningsih, C., & Sanjaya, I. (2022). The Impact Of The Covid-19 Pandemic On The Mental Health Of Preschool-Aged Children Based On The Perspective Of Mothers In Ra Inovatif Naashirussunnah Cimahi In 2022 Chatarina. Jurnal Kesehatan Al Irsyad, 15(September), 1–23.

Syahrul, F., Adi, A. C., Rachmayanti, R. D., Qurniyawati, E., & Shofiya, S. (2023). Health Literacy : Transisi Pandemi-Endemi Covid-19 pada Guru dalam Akselerasi Pemahaman Siswa di Kecamatan Bulak Surabaya. Abdimasku, 6(1), 128–134.

Tanjung, R. (2020). Peran Orangtua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2, 64–73. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i2.18

Wahidah, I., Septiadi, M. A., Rafqie, M. C. A., Fitria, N., Hartono, S., & Athallah, R. (2020). Pandemik Covid-19 : Analisis Perencanaan Pemerintah dan Masyarakat dalam Berbagai Upaya Pencegahan COVID-19 Pandemic : Analysis of Government and Community Planning in Various Prevention Measures. 11(3), 179–188.

Winarti, A. (2020). Implementasi Parenting Pada Pendidikan Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. JurnalPendidikan PembelajaranPemberdayaan Masyarakat, II(2), 131–145. http://ejournal.uicm-unbar.ac.id/index.php/jp3m/article/view/272/142

Zimlichman, E., Nicklin, W., Aggarwal, R., & Bates, D. W. (2021). Health Care 2030: The Coming Transformation. NEJM Catalyst Innovations in Care Delivery., Mar 3;2(2). https://doi.org/10.1056/CAT.20.0569

Downloads

Published

2024-03-24

How to Cite

Suryaningsih, C., & Imelisa, R. (2024). Kesehatan Mental dan Perkembangan Anak Usia Pra Sekolah Saat Transisi Pandemik Covid 19 . Journal of Education Research, 5(1), 902–913. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.930

Issue

Section

Articles

Citation Check