A Pengaruh Student Agency terhadap Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran Yang Dimediasi Motivasi Diri

Authors

  • Maria Emmaculata Ella Wirastuti Yayasan Pendidikan Jayawijaya, Indonesia
  • Bernarda Meteray Pendidikan Dasar, Universitas Terbuka Indonesia, Indonesia
  • Sri Listyarini Pendidikan Dasar, Universitas Terbuka Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.928

Keywords:

Student Agency, Keterlibatan Siswa, Motivasi Diri, Efikasi Diri

Abstract

Pandemi membawa perubahan dalam dunia Pendidikan. Pembelajaran pada masa pandemi menuntut siswa lebih terlibat dalam pembelajaran, memperhatikan well being serta realistis pada apa yang hendak dicapai. Tujuan penelitian ini, menganalisis pengaruh student agency terhadap keterlibatan siswa dalam pembelajaran, dengan mediasi motivasi diri. Student agency mengacu pada kemampuan siswa mengambil inisiatif, bertanggung jawab atas pembelajaran mereka, dan memiliki kontrol atas proses belajar. Motivasi diri, mencakup motivasi intrinsik dan ekstrinsik yang mendorong siswa terlibat dan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.  Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, melibatkan tiga puluh delapan responden siswa kelas enam SD YPJ Kuala Kencana. Instrumen penelitian berbentuk kuesioner. Data dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif dan analisis jalur  dengan aplikasi SPSS. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Student Agency  berpengaruh signifikan terhadap keterlibatan siswa, karena siswa merasa lebih termotivasi, dan lebih bertanggung jawab.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustiono. dan Hariastuti. (2021). Hubungan antara persepsi terhadap iklim kelas, efikasi diri dengan motivasi belajar. Jurnal BK Unesa. Diunduh 21 Februari 2021, dari situs World Wide Web: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/viewFile/36339/32304

Amir, H. (2016). Korelasi pengaruh faktor efikasi diri dan manajemen diri terhadap motivasi berprestasi pada mahasiswa pendidikan kimia Universitas Bengkulu. Jurnal Manajer Pendidikan, vol. 10, No. 4, 336-342. Diunduh 20 Februari 2021, dari situs Google schoolar: file:///C:/Users/mwirastu/Downloads/1277-Article%20Text-1624-2428-10-20170330.pdf

Anggraini, O.D., Wahyuni, E.N., dan Soejanto, L.T. (2017). Hubungan antara efikasi diri dengan resiliensi menghadapi ujian pada siswa kelas XII SMAN 1 Trawas. Jurnal Konseling Indonesia, vol. 2, No. 2, 50 – 56

Anindya, D. (2020). The Power of Student Agency. United Stateof America: Teacher College Press

Aranda, A.R. and Roth, M.R (2015) ,‘I finally felt like I had power’: student agency and voice in an online and classroom-based role-play simulation, Research in Learning Technology Jurnal Vol.23, 2-13. Dunduh 20 September 2020, dari situs google Scholar: http://www.google.scholar.com

Arifin, D. (2020). Pengelompokan kriteria resiko covid 19 di daerah berdasarkan zonasi warna. Diunduh 18 September 2020, dari situs World Wide Web: .https://bnpb.go.id/berita/pengelompokan-kriteria-risiko-covid19-di-daerah-berdasarkan-zonasi-warna

Arnold, J. and Clarke, D.J. What is ‘Agency”? perspectivein science education research. International Journaf of Science Educatin reserch, vol. 36. No.5, 735-754

Bandura, A. 2000. Exercise of human agency through collective efficacy. Current Directions in Psychological Science juounal, Vol 9, No. 3, 75–78.

Bandura, A. (ed). (2009). Self Efficacy in Changing Societies. Edinburgh: Cambridge University Press

Basharina, O. (2009). Student agency and language learning processes and outcomes. Calico Journal, vol. 26, No 2, 390-412

Cahyani, A., Listiani, I dan Larasati, S.Pd. Motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring di masa pandemic covid-19, vol.3, No.01, 123-140

Deed, C., Cox, P., Dorman, J., Edwards, D., Farrelly, K., dan Keeffe. (2014). Personalised learning in the open classroom: The mutuality of teacher and student agency, International Journal of Pedagogies and Learning, Vol 9, 66–75. Diunduh 20 September 2020, dari situs google scholar: https://www.researchgate.net

Lase,D. Ndraha, A., dan Harefa, GG. (2020). Persepsi Orang TuaSiswa Sekolah Dasar di Kota Gunungsitoli Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid, Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan. Vol.1.3i2.46, 86 - 98

Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan. (2020). Panduan Pembelajaran Jarak Jauh. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Yayasan Pendidikan Jayawijaya. (2020). Rencana Pembelajaran Jarak Jauh. Yayasan Pendidikan Jayawijaya

Emda, A. (2017). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Jurnal Vol. 5 No. 2, 93-196

Fikri dan Ariani, L. (2019). Keterlibatan siswa (student engagement) di sekolah sebagai salah satu upaya peningkatan keberhasilan siswa di sekolah. 13 April 2009. Banjarmasin: Fakultas Pendidikan Psikologi, Aula C1

Fredricks, J.A., Filsecker,M and Lawson, M.A. (2016). Student engagement, context, and adjustment: Addressing definitional, measurement, and methodological issues. Diunduh 22 September 2020, dari situs google scholar: https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0959475216300159

Garn, A.C. and Jolly, L. (2014). High Ability tudents’ voice on learning motivation. Journal of Advanced Academics, Vol. 25, No.1, 7–24

Ghazali, I. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Yogyakarta: Graha Ilmu

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro

Harahap, D. (2008). Analisis hubungan antara efikasi-diri siswa dengan hasil belajar kimianya. Diunduh 20 September 2020, dari situs google scholar: http://digilib.unimed.ac.id/

Klemenic. M. (2017). From Student engagement to student agency: Conceptual consideration of europen policies on student centered learning in higher education, Higher Education Policy Journal, 30, (69–85). Diunduh 22 September 2020, dari situs google scholar: https://scholar.harvard.edu/files/manja_klemencic/files/klemencic2017_article_fromstudentengagementtostudent.pdf

Kuh, G.G. (2009). The national survey of student engagement: conceptual and empirical foundation. Diunduh 20 Februari 201, dari situs

Lase, D., Ndraha, A dan Harefa, D.D. Persepsi orang tua siswa sekolah dasar di Kota Gunung Kidul terhadap kebijakan pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan, vol.2, No2, 85-98

Lindgren, R and Mc Daniel, R. (2012). Transforming online learning thransforming online learning through narrative and Student Agency. Educational Technology & Society journal, vol. 4, No.15, 344-355

Lisa. (2020). Inovasi pendidikan pada masa pandemi covid. Prosiding Seminar Nasional FIP, 063-071. Di unduh 18 Februari 2020, dari situs Google scholar: file:///C:/Users/mwirastu/Downloads/111-Article%20Text-146-1-10-20210120.pdf

Luo, H., Yang, T., Xue,J and Zuo,M. (2019). Impact of student agency on learning performance and learning experience in a flipped classroom. British Journal of Educational Technology, vol. 50, No. 2, 819-831

Margolis, H and Mccabe, P.P. (2006). Improving self-efficacy and motivation: What to do, what to say. Intervention in school and clinic Jurnal. Vol. 41, No. 4, 218-227

Margono, S. (1997). Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: PT. Rineka cipta

Marpaung dan Cendana. (2020). Keterampilan guru untuk membangun minat keterlibatan siswa dalam pembelajaran online. Jurnal Inovasi Penelitian, voli. No.7, 1245-1252

Mukaromah, D, Sugiyo, Mulawarman, (2018) Keterlibatan Siswa dalam pembelajaran ditinjau dari Efikasi Diri dan Self Regulated Learning, Indonesian Journal of Guidance and Counseling. Vol 7, No 2, 14-19

Naeni, N.I. (2015), Peran student engagement dalam memidiasi pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar akutansi siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negri 2 Pekalong

Nurfitriani, D. (2020). Kendala peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran daring di Masa Pandemi. Diunduh, 22 Februari 2021, dari situs world wide: https://www.kompasiana.com/diannurfitriani1585/5fe1ea19d541df65ae1116e2/kendala-peserta-didik-dalam-melaksanakan-pembelajaran-daring-di-masa-pandemic

Nurrindar, M. Wahjudi, E. (2021), Pengaruh Self Efficacy terhadap keterlibatan siswa melalui Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Akutansi, Vol. 9 No.1, 140 -148

Margaret Vaughn. (2021). Student Agency in The Classroom, Amsterdam: Teacher College Press

Rackley, Mariah. (2020), Exploring Student Agency and Motivation in Perzonalized Learning Enviroments. Pennyslavina: in partial fullfillment of the requirement for the degree of Doctor of Education, Drexel University

Redaksi. (2020, 5 Juli). Pendidikan dasar masa pandemi: Peran guru tergantikan teknologi?. Dalam Jurnal Pos media

Rustika1, I. (2018). Efikasi Diri: tinjauan teori Albert Bandura. Jurnal Buletin Psikologi, vol. 20, No. 2, 18-25

Sanjaya, W. (2010). Kurikulum dan pembelajaran, teori dan praktek pengembangan kurikulum KTSP. Jakarta: Kencana

Santrock, J.W. (2010). Educational Psychology. Dallas : University of Texas

Sasongko, A.I. (2020). Hubungan antara efikasi diri dan motivasi belajar pada siswa. Surakarta: Tugas akhir program sarjana, Fakultas Psikologi: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Shelvi. (2020, 22 Juli). Seminar Nasional online PGSD FIP UNY 2020, ”Strategi kebijakan pendidikan Indonesia dalam pandemi covid-19 pendidikan di era normal baru. Di unduh, 18 Februari 2020, dari situs World Wide Web: http://fip.uny.ac.id/berita/seminar-nasional-online-pgsd-fip-uny-2020-%E2%80%9Cstrategi-kebijakan-pendidikan-Indonesia-dalam

Setiawati, A.R. (2019). Pengaruh budaya organisasi terhadap job satisfaction yang dimediasi oleh workplace spirituality pada karyawan di PT. Toyopack Prima Mandiri di Jakarta. Di Unduh 19 Oktober 2020, dari World Wide web: http://www.repository.trisakti.ac.id

Sjukur, S.B. (2012). Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar siswa tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, vol. 2, No. 3, 368-378

Susan M. Brookhart Connie M. Moss &Beverly A. Long. (2009). Promoting student ownership of learning through high-impact formative assessment practices. Journal of Multi Disciplinary Evaluation, vol.6, No. 12, 52-67

Syarif, I. (2012). Pengaruh model blended learning terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SMK, Jurnal Pendidikan Vokasi, vol. 2, No. 2, 336-341

Taub, M., Sawyer, R., Smth, A., Rowe, J., Azewedo, R., Lester, J. (2020). The Impact of Student Agency on learning, emotions, and problem solving behaviors in a game based learning environment. Computers and education journal, Vol 147

Thibodeaux, Harapnuik, D., and Cummings. (2019). Student Perceptions of the Influence of Choice, Ownership, and Voice in Learning and the Learning Environment. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, vol. 31, No. 1, 50-62

Toshalis, E., dan Nakula, J.M. Motivation, Engagement, And Student Voice, Boston: Jobs For The Future

Uzuntiryaki, E. (2008). Exploring the sources of turkish pre-service chemistry teachers’ chemistry self-efficacy beliefs. Australion Journal of Teacher Education, Vol. 33, No. 6, 12-28

Williams, P. (2017). Student agency for powerfull learning, Knowledge Ques journal, vol 45 no 4. Diunduh 22 September 2020, dari situs google scholar: https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1136307.pdf.

Willms, J. (2003). Engagement at school: A sense of belonging and participatiom. Diunduh 19 Februari 2021, dari World Wide Web: https://meteoreducation.com/wp-content/uploads/oecd-student-engagement-study.pdf

Wolpert, H and Gawron. (2018). Just Ask Us: Kids Speaks Out on Student Engagement. United State of America: Crowin Press

Yamzon, A. (1999). Examination of the relationship between student choice in project-based learning and achievement. Diunduh 22 September 2020, dari situs google scholar: https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED430940.pdf

Downloads

Published

2024-04-18

How to Cite

Wirastuti, M. E. E., Meteray, B., & Listyarini, S. (2024). A Pengaruh Student Agency terhadap Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran Yang Dimediasi Motivasi Diri . Journal of Education Research, 5(2), 1056–1063. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.928

Issue

Section

Articles

Citation Check