A Pengaruh Student Agency terhadap Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran Yang Dimediasi Motivasi Diri
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.928Keywords:
Student Agency, Keterlibatan Siswa, Motivasi Diri, Efikasi DiriAbstract
Pandemi membawa perubahan dalam dunia Pendidikan. Pembelajaran pada masa pandemi menuntut siswa lebih terlibat dalam pembelajaran, memperhatikan well being serta realistis pada apa yang hendak dicapai. Tujuan penelitian ini, menganalisis pengaruh student agency terhadap keterlibatan siswa dalam pembelajaran, dengan mediasi motivasi diri. Student agency mengacu pada kemampuan siswa mengambil inisiatif, bertanggung jawab atas pembelajaran mereka, dan memiliki kontrol atas proses belajar. Motivasi diri, mencakup motivasi intrinsik dan ekstrinsik yang mendorong siswa terlibat dan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, melibatkan tiga puluh delapan responden siswa kelas enam SD YPJ Kuala Kencana. Instrumen penelitian berbentuk kuesioner. Data dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif dan analisis jalur dengan aplikasi SPSS. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Student Agency berpengaruh signifikan terhadap keterlibatan siswa, karena siswa merasa lebih termotivasi, dan lebih bertanggung jawab.
Downloads
References
Agustiono. dan Hariastuti. (2021). Hubungan antara persepsi terhadap iklim kelas, efikasi diri dengan motivasi belajar. Jurnal BK Unesa. Diunduh 21 Februari 2021, dari situs World Wide Web: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/viewFile/36339/32304
Amir, H. (2016). Korelasi pengaruh faktor efikasi diri dan manajemen diri terhadap motivasi berprestasi pada mahasiswa pendidikan kimia Universitas Bengkulu. Jurnal Manajer Pendidikan, vol. 10, No. 4, 336-342. Diunduh 20 Februari 2021, dari situs Google schoolar: file:///C:/Users/mwirastu/Downloads/1277-Article%20Text-1624-2428-10-20170330.pdf
Anggraini, O.D., Wahyuni, E.N., dan Soejanto, L.T. (2017). Hubungan antara efikasi diri dengan resiliensi menghadapi ujian pada siswa kelas XII SMAN 1 Trawas. Jurnal Konseling Indonesia, vol. 2, No. 2, 50 – 56
Anindya, D. (2020). The Power of Student Agency. United Stateof America: Teacher College Press
Aranda, A.R. and Roth, M.R (2015) ,‘I finally felt like I had power’: student agency and voice in an online and classroom-based role-play simulation, Research in Learning Technology Jurnal Vol.23, 2-13. Dunduh 20 September 2020, dari situs google Scholar: http://www.google.scholar.com
Arifin, D. (2020). Pengelompokan kriteria resiko covid 19 di daerah berdasarkan zonasi warna. Diunduh 18 September 2020, dari situs World Wide Web: .https://bnpb.go.id/berita/pengelompokan-kriteria-risiko-covid19-di-daerah-berdasarkan-zonasi-warna
Arnold, J. and Clarke, D.J. What is ‘Agency”? perspectivein science education research. International Journaf of Science Educatin reserch, vol. 36. No.5, 735-754
Bandura, A. 2000. Exercise of human agency through collective efficacy. Current Directions in Psychological Science juounal, Vol 9, No. 3, 75–78.
Bandura, A. (ed). (2009). Self Efficacy in Changing Societies. Edinburgh: Cambridge University Press
Basharina, O. (2009). Student agency and language learning processes and outcomes. Calico Journal, vol. 26, No 2, 390-412
Cahyani, A., Listiani, I dan Larasati, S.Pd. Motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring di masa pandemic covid-19, vol.3, No.01, 123-140
Deed, C., Cox, P., Dorman, J., Edwards, D., Farrelly, K., dan Keeffe. (2014). Personalised learning in the open classroom: The mutuality of teacher and student agency, International Journal of Pedagogies and Learning, Vol 9, 66–75. Diunduh 20 September 2020, dari situs google scholar: https://www.researchgate.net
Lase,D. Ndraha, A., dan Harefa, GG. (2020). Persepsi Orang TuaSiswa Sekolah Dasar di Kota Gunungsitoli Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid, Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan. Vol.1.3i2.46, 86 - 98
Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan. (2020). Panduan Pembelajaran Jarak Jauh. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Yayasan Pendidikan Jayawijaya. (2020). Rencana Pembelajaran Jarak Jauh. Yayasan Pendidikan Jayawijaya
Emda, A. (2017). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Jurnal Vol. 5 No. 2, 93-196
Fikri dan Ariani, L. (2019). Keterlibatan siswa (student engagement) di sekolah sebagai salah satu upaya peningkatan keberhasilan siswa di sekolah. 13 April 2009. Banjarmasin: Fakultas Pendidikan Psikologi, Aula C1
Fredricks, J.A., Filsecker,M and Lawson, M.A. (2016). Student engagement, context, and adjustment: Addressing definitional, measurement, and methodological issues. Diunduh 22 September 2020, dari situs google scholar: https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0959475216300159
Garn, A.C. and Jolly, L. (2014). High Ability tudents’ voice on learning motivation. Journal of Advanced Academics, Vol. 25, No.1, 7–24
Ghazali, I. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Yogyakarta: Graha Ilmu
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro
Harahap, D. (2008). Analisis hubungan antara efikasi-diri siswa dengan hasil belajar kimianya. Diunduh 20 September 2020, dari situs google scholar: http://digilib.unimed.ac.id/
Klemenic. M. (2017). From Student engagement to student agency: Conceptual consideration of europen policies on student centered learning in higher education, Higher Education Policy Journal, 30, (69–85). Diunduh 22 September 2020, dari situs google scholar: https://scholar.harvard.edu/files/manja_klemencic/files/klemencic2017_article_fromstudentengagementtostudent.pdf
Kuh, G.G. (2009). The national survey of student engagement: conceptual and empirical foundation. Diunduh 20 Februari 201, dari situs
Lase, D., Ndraha, A dan Harefa, D.D. Persepsi orang tua siswa sekolah dasar di Kota Gunung Kidul terhadap kebijakan pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan, vol.2, No2, 85-98
Lindgren, R and Mc Daniel, R. (2012). Transforming online learning thransforming online learning through narrative and Student Agency. Educational Technology & Society journal, vol. 4, No.15, 344-355
Lisa. (2020). Inovasi pendidikan pada masa pandemi covid. Prosiding Seminar Nasional FIP, 063-071. Di unduh 18 Februari 2020, dari situs Google scholar: file:///C:/Users/mwirastu/Downloads/111-Article%20Text-146-1-10-20210120.pdf
Luo, H., Yang, T., Xue,J and Zuo,M. (2019). Impact of student agency on learning performance and learning experience in a flipped classroom. British Journal of Educational Technology, vol. 50, No. 2, 819-831
Margolis, H and Mccabe, P.P. (2006). Improving self-efficacy and motivation: What to do, what to say. Intervention in school and clinic Jurnal. Vol. 41, No. 4, 218-227
Margono, S. (1997). Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: PT. Rineka cipta
Marpaung dan Cendana. (2020). Keterampilan guru untuk membangun minat keterlibatan siswa dalam pembelajaran online. Jurnal Inovasi Penelitian, voli. No.7, 1245-1252
Mukaromah, D, Sugiyo, Mulawarman, (2018) Keterlibatan Siswa dalam pembelajaran ditinjau dari Efikasi Diri dan Self Regulated Learning, Indonesian Journal of Guidance and Counseling. Vol 7, No 2, 14-19
Naeni, N.I. (2015), Peran student engagement dalam memidiasi pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar akutansi siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negri 2 Pekalong
Nurfitriani, D. (2020). Kendala peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran daring di Masa Pandemi. Diunduh, 22 Februari 2021, dari situs world wide: https://www.kompasiana.com/diannurfitriani1585/5fe1ea19d541df65ae1116e2/kendala-peserta-didik-dalam-melaksanakan-pembelajaran-daring-di-masa-pandemic
Nurrindar, M. Wahjudi, E. (2021), Pengaruh Self Efficacy terhadap keterlibatan siswa melalui Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Akutansi, Vol. 9 No.1, 140 -148
Margaret Vaughn. (2021). Student Agency in The Classroom, Amsterdam: Teacher College Press
Rackley, Mariah. (2020), Exploring Student Agency and Motivation in Perzonalized Learning Enviroments. Pennyslavina: in partial fullfillment of the requirement for the degree of Doctor of Education, Drexel University
Redaksi. (2020, 5 Juli). Pendidikan dasar masa pandemi: Peran guru tergantikan teknologi?. Dalam Jurnal Pos media
Rustika1, I. (2018). Efikasi Diri: tinjauan teori Albert Bandura. Jurnal Buletin Psikologi, vol. 20, No. 2, 18-25
Sanjaya, W. (2010). Kurikulum dan pembelajaran, teori dan praktek pengembangan kurikulum KTSP. Jakarta: Kencana
Santrock, J.W. (2010). Educational Psychology. Dallas : University of Texas
Sasongko, A.I. (2020). Hubungan antara efikasi diri dan motivasi belajar pada siswa. Surakarta: Tugas akhir program sarjana, Fakultas Psikologi: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Shelvi. (2020, 22 Juli). Seminar Nasional online PGSD FIP UNY 2020, ”Strategi kebijakan pendidikan Indonesia dalam pandemi covid-19 pendidikan di era normal baru. Di unduh, 18 Februari 2020, dari situs World Wide Web: http://fip.uny.ac.id/berita/seminar-nasional-online-pgsd-fip-uny-2020-%E2%80%9Cstrategi-kebijakan-pendidikan-Indonesia-dalam
Setiawati, A.R. (2019). Pengaruh budaya organisasi terhadap job satisfaction yang dimediasi oleh workplace spirituality pada karyawan di PT. Toyopack Prima Mandiri di Jakarta. Di Unduh 19 Oktober 2020, dari World Wide web: http://www.repository.trisakti.ac.id
Sjukur, S.B. (2012). Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar siswa tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, vol. 2, No. 3, 368-378
Susan M. Brookhart Connie M. Moss &Beverly A. Long. (2009). Promoting student ownership of learning through high-impact formative assessment practices. Journal of Multi Disciplinary Evaluation, vol.6, No. 12, 52-67
Syarif, I. (2012). Pengaruh model blended learning terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SMK, Jurnal Pendidikan Vokasi, vol. 2, No. 2, 336-341
Taub, M., Sawyer, R., Smth, A., Rowe, J., Azewedo, R., Lester, J. (2020). The Impact of Student Agency on learning, emotions, and problem solving behaviors in a game based learning environment. Computers and education journal, Vol 147
Thibodeaux, Harapnuik, D., and Cummings. (2019). Student Perceptions of the Influence of Choice, Ownership, and Voice in Learning and the Learning Environment. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, vol. 31, No. 1, 50-62
Toshalis, E., dan Nakula, J.M. Motivation, Engagement, And Student Voice, Boston: Jobs For The Future
Uzuntiryaki, E. (2008). Exploring the sources of turkish pre-service chemistry teachers’ chemistry self-efficacy beliefs. Australion Journal of Teacher Education, Vol. 33, No. 6, 12-28
Williams, P. (2017). Student agency for powerfull learning, Knowledge Ques journal, vol 45 no 4. Diunduh 22 September 2020, dari situs google scholar: https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1136307.pdf.
Willms, J. (2003). Engagement at school: A sense of belonging and participatiom. Diunduh 19 Februari 2021, dari World Wide Web: https://meteoreducation.com/wp-content/uploads/oecd-student-engagement-study.pdf
Wolpert, H and Gawron. (2018). Just Ask Us: Kids Speaks Out on Student Engagement. United State of America: Crowin Press
Yamzon, A. (1999). Examination of the relationship between student choice in project-based learning and achievement. Diunduh 22 September 2020, dari situs google scholar: https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED430940.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Maria Emmaculata Ella Wirastuti, Bernarda Meteray, Sri Listyarini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).