The Students’ Ability in Analysing Simple Sentences Using Immediate Constituent (Ic)

Authors

  • Adz Dzaa Riaat Fajri Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Tanjungpura
  • Sudarsono Sudarsono Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Tanjungpura
  • Yanti Sri Rezeki Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Tanjungpura
  • Eusabinus Bunau Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Tanjungpura
  • Luwandi Suhartono Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.916

Keywords:

Konstituen langsung, Diagram pohon linguistik, Struktur kalimat, Struktur frasa

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menyelidiki kemampuan siswa dalam menganalisis kalimat sederhana menggunakan Konstituen Langsung (KL). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami sejauh mana siswa mampu menganalisis kalimat sederhana menggunakan KL dan untuk mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan. Celah penelitian adalah untuk memberikan perhatian lebih pada konstituen langsung dalam kalimat. Metode penelitian kualitatif deskriptif digunakan untuk mengumpulkan data dan menganalisis hasilnya. Data dikumpulkan menggunakan Google Forms, tetapi karena pandemi COVID-19, hanya 15 siswa yang berhasil mengisi formulir. Temuan utama menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mampu menganalisis kalimat sederhana di tingkat kalimat (permukaan), tetapi mereka gagal melakukannya di tingkat frasa (dalam). Ini menunjukkan bahwa siswa memiliki pemahaman dasar tentang diagram pohon linguistik tetapi kurang pemahaman yang lebih dalam tentang konstituensi di antara elemen-elemen di dalam diagram. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa ada kebutuhan untuk instruksi dan latihan lebih lanjut dalam menganalisis kalimat di tingkat frasa menggunakan KL.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arnaiz, R. O., Colagbang, L., Inoc, M. R., Torregosa, A., & Maxilom-Mangompit, R. M. (2021). A Genre Analysis of Bachelor of Arts in English’ Undergraduate Theses. Indonesian Journal of EFL and Linguistics, 271-284.

Audriyan, & Putri, H. P. (2021). Students Language Awareness in English Classroom of English Education Study Program. Journal of English Language and Education, 237-250.

Barnes, J., Klinger, R., & Walde, S. S. (2017). Assessing State-of-the-Art Sentiment Models on State-of-the-Art Sentiment Datasets. Proceedings of the 8th Workshop on Computational Approaches to Subjectivity, Sentiment and Social Media Analysis (pp. 2-12). Copenhagen: Association for Computational Linguistics.

Maulana, S., Markhamah, Y., & Jailani, A. (2023). An Analysis of Undergraduate Students' Ability and Their Difficulties in Identifying Simple, Compound, Complex, and Compoun-Complex Sentences. Journal of Language and Innovation and English Language Teaching, 159-172.

Nordquist, R. (2019, July 3). Constituent: Definition and Examples in Grammar. Retrieved from ThoughtCo: https://www.thoughtco.com/what-is-constituency-grammar-1689792

Pedoman Akademik. (2020). Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia: Fakultas IKIP, Universitas Tanjungpura.

Sarkar. (2022, February 25). What is IC Analysis in Linguistics. Retrieved from BCS Class: https://bcsclass.com/what-is-ic-analysis/

Downloads

Published

2024-05-29

How to Cite

Fajri, A. D. R., Sudarsono, S., Rezeki, Y. S., Bunau, E., & Suhartono, L. (2024). The Students’ Ability in Analysing Simple Sentences Using Immediate Constituent (Ic). Journal of Education Research, 5(2), 1988–1997. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.916

Issue

Section

Articles