Pengaruh Reinfocement Pasca Supervisi Akademik oleh Kepala Madrasah dan Kecerdasan Emosional Guru Terhadap Kinerja Guru MTsN Se Kabupaten Limapuluh Kota
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.913Keywords:
Reinforcement, Kecerdasan Emosional , Kinerja Guru MTsNAbstract
Penelitian ini tentang pemberian reinforcement pasca supervisi akademik yang dilakukan oleh Kepala Madrasah untuk meningkatkan mutu pembelajaran serta meningkatkan kinerja guru. Kecerdasan emosional guru juga tak kalah berpengaruhnya pada peningkatan kinerja guru. Namun, masih ada kepala madrasah yang tidak memberikan reinforcement secara optimal kepada guru dan ada guru yang belum mampu mengelola kecerdasan emosionalnya sehingga mempengaruhi kinerja guru dalam proses pembelajaran. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasional. Metode ini digunakan untuk mendeskripsikan fenomena pemberian reinforcement pasca supervisi akademik oleh Kepala Madrasah dan pengelolaan kecerdasan emosional guru yang ditemukan berdampak pada peningkatan kinerja guru MTsN se Kabupaten Limapuluh Kota. Hasil penelitian terdapat pengaruh reinforcement pasca supervisi akademik oleh Kepala Madrasah terhadap kinerja guru MTsN se kabupaten Limapuluh Kota. Peneliti menyimpulkan terdapat pengaruh variabel kecerdasan emosional guru terhadap kinerja guru MTsN se kabupaten Limapuluh Kota sebesar.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Aswaruddin. “Manajemen Penilaian Kinerja Guru.” ALIGMENT:Journal of Administration and Educational Manajgement 4, no. 2 (2021): 212–222
Efendi, Erwatul. “Implementation of School Supervisory Academic Supervision as an Effort to Increase Teacher Performance in Junior High School” 1, no. 1 (2021): 28–37.
Gazali, Imam. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS (Edisi Ke 4).” Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2006.
H.M.Asrori, Wahyudi, Muhammad Shalihin. “Penggunaan Reinforcement Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetisi Profesional Guru Di SMA Negeri 1 Mempawah.” Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa vol 2. no, no. 2715–2723 (2013): 1–18.
Iffah Budiningsih, Tjiptogoro Dinarjo Soehari, Casriyanti. “Penguatan Kecerdasan Emosional Guru Menghadapi Berbagai Perubahan Lingkungan Pendidikan.” Jakarta: Jurnal Education Teknologi. HRD, 2021.
Kebudayaan, Kementerian Pendidikan. “B3 Supervisi Akademik.” In Modul, 2018.
Khasanah, A. “Observasi Kelas Dengan Reinforcement Untuk Meningkatkan KBM Di SMPN 4 Candipuro Tahun Pelajaran Tahun 2016/2017.” APSI JURNAL PENDIDIKAN (2017).
Priansa, Doni Juni dan Rismi Samad. Manajemen Supervisi Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta, 2014.
Satriyono, Gandung, and Pamadya Vitasmoro. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Guru Di SMP Negeri 4 Kediri.” Ekonika : Jurnal ekonomi universitas kadiri 3, no. 1 (2018): 31.
Sitohang, Marganda. Peningkatan Kinerja Guru: Melalui Otonomi Kerja, Kepribadian, Stres Dan Kepuasan Kerja. Edited by S.PdI Alfiati. Banyumas: CV Amerta Media, 2021.
Supriadi. “Leadership in Islamic Education Institution.” Al-Ta lim Journal 21, no. 3 (2014): 198–205.
Syamsuwir, and Marzuki. “Penerapan Supervisi Kunjungan Kelas Untuk Meningkatkan Kbm Di Sekolah Binaan Semester Genap Tahun 2017/2018 Di Kabupaten Kuantan Singingi.” Indonesian Journal of Islamic Educational Management 2, no. 1 (2019): 32.
Tiarnis. “Peningkatan Kinerja Guru Dalam Kegiatan Pembelajaran Melalui Supervisi Akademis Pada SD Negeri 010 Rambah Kabupaten Rokan Hulu.” jurnal inovasi Sekolah Dasar vOL.4, Vol (2017): 15–28.
Wartini. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Klaten: Penerbit Lakeisha, 2022.
Zulfakar, Bukman Lian, and Happy Fitria. “Implementasi Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kinerja Guru.” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan) 5, no. 2 (2020): 230.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Teti Asmarni, Supriadi Supriadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).