Integrasi Nilai Karakter dalam Cerita Rakyat Bungo untuk Pembelajaran Sejarah di SMA

Authors

  • Renaldo Renaldo Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Indonesia
  • Arisman Sabir Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Indonesia
  • Yanti Murni Universitas Sumatera Barat , Indonesia
  • Dedek Helida Pitra Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.908

Keywords:

Pendidikan, Sekolah, Relevansi, Cerita Rakyat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji integrasi nilai karakter dalam cerita rakyat Bungo sebagai sarana pembelajaran sejarah di sekolah menengah atas (SMA). Cerita rakyat Bungo tidak hanya berfungsi sebagai hiburan, tetapi juga sebagai sumber pembelajaran yang kaya akan nilai-nilai karakter, seperti kerja keras, kejujuran, dan kepedulian terhadap lingkungan. Pada pembelajaran sejarah, nilai-nilai ini diintegrasikan melalui berbagai metode, termasuk diskusi, proyek kreatif, dan presentasi, yang secara aktif melibatkan peserta didik dalam memahami hubungan antara cerita rakyat dan peristiwa sejarah. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan cerita rakyat dalam pembelajaran sejarah dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap nilai-nilai budaya dan menumbuhkan rasa cinta terhadap sejarah serta identitas bangsa. Selain itu, penelitian ini merekomendasikan agar pengembang kurikulum dan guru lebih mengoptimalkan penggunaan cerita rakyat dalam proses pembelajaran, serta menekankan perlunya studi lebih lanjut untuk mengeksplorasi efektivitas metode ini di berbagai tingkat pendidikan. Metodologi penelitian ini mencakup: (1) konteks penelitian yang terdiri dari lokasi dan waktu penelitian, (2) bentuk dan strategi penelitian, (3) data dan sumber data, (4) teknik pengumpulan data, (5) teknik pengambilan sampel, (6) validitas data penelitian, dan (7) teknik analisis data serta penarikan kesimpulan atau verifikasi untuk memastikan keakuratan interpretasi hasil penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sabir, A., Fitria, D., Pitra, D. H., Astuti, M., & Superdi, S. (2022). Pelaksanaan pendidikan karakter dalam kegiatan latihan dasar kepemimpinan peserta didik di smp negeri 1 kayutanam. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (JIPTI), 3(2), 118-126. https://doi.org/10.52060/pti.v3i2.941

Sumargono, S., Aswandi, V., & Kusuma, I. L. R. M. (2022). Lary: Inovasi Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Pahlawan Lokal Lampung Sebagai Upaya Pengintegrasian Pendidikan Karakter bagi Generasi Emas. Keraton: Journal of History Education and Culture, 4(2), 44-54. https://doi.org/10.32585/keraton.v4i2.3492

Wahyuni, D., Nursyamsi, N., & Firman, F. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Cerita Rakyat Tana Luwu Terintegrasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Socratika: Journal of Progressive Education and Social Inquiry, 1(2), 165-172. https://doi.org/10.58230/socratika.v1i2.203

Nurcahyawati, E., Syahid, S., & Anugrahputri, B. K. (2022). Transformasi Budaya Lokal Tradisi Ngarak Barong terhadap Akulturasi Budaya Modern pada Masyarakat Kampung Legok Bekasi. Journal of Academia Perspectives, 2(1), 69-79. https://doi.org/10.30998/jap.v2i1.933

Iye, R. (2024). Kajian Studi Pustaka Tentang Metode Pengajaran Cerita Rakyat Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Wawasan Sarjana, 3(1), 11-23. https://doi.org/10.35326/juwara.v2i3.6297

Lestari, E. F. L., & Utami, P. S. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter yang Terkandung Dalam Mitologi Jawa Tradisi Seret Gedhang di Desa Sumbersari Tumpang Pada Pembelajaran IPS SD. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 12(2), 230-244.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Ramli, S. (2014). Menjaga Nilai-Nilai Religius dalam Adat dan Budaya Melayu Jambi Di Era Globalisasi. https://repository.unja.ac.id/id/eprint/696

Wadu, L. B., Samawati, U., & Ladamay, I. (2020). Penerapan nilai kerja keras dan tanggungjawab dalam ekstrakurikuler pramuka di sekolah dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(1), 100-106. https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i1.3571

Surhadi, O., Nazurty, N., & Warni, W. (2022). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Masyarakat Bungo Dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Apresiasi Sastra di Sekolah Menengah Pertama. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(3), 9-19. http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v11i3.7186

Setyawan, A., Suwandi, S., & St Y, S. (2017). Muatan pendidikan karakter dalam cerita rakyat di Pacitan. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpk.v7i2.21778

Hanum, A., & Meilinda, A. (2019). Studi Karakterisasi Bersahabat/Komunikatif Pada Peserta didik SMPN 18 Kota Jambi. Jurnal Publikasi Pendidikan, 9(2), 147-151.

Raharja, S., Wibhawa, M. R., & Lukas, S. (2018). MENGUKUR RASA INGIN TAHU PESERTA DIDIK [MEASURING STUDENTS'CURIOSITY]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(2), 151-164. Http://dx.doi.org/10.19166/pji.v14i2.832

Sobon, K. (2018). Konsep tanggung jawab dalam filsafat Emmanuel Levinas. Jurnal Filsafat, 28(1), 47-73. http://dx.doi.Org/10.22146/jf.31281

Purwanti, D. (2017). Pendidikan karakter peduli lingkungan dan implementasinya. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2). https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622

Downloads

Published

2024-10-14

How to Cite

Renaldo, R., Sabir, A., Murni, Y., & Pitra, D. H. (2024). Integrasi Nilai Karakter dalam Cerita Rakyat Bungo untuk Pembelajaran Sejarah di SMA. Journal of Education Research, 5(4), 4885–4892. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.908

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check