Integrasi Nilai Karakter dalam Cerita Rakyat Bungo untuk Pembelajaran Sejarah di SMA
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.908Keywords:
Pendidikan, Sekolah, Relevansi, Cerita RakyatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji integrasi nilai karakter dalam cerita rakyat Bungo sebagai sarana pembelajaran sejarah di sekolah menengah atas (SMA). Cerita rakyat Bungo tidak hanya berfungsi sebagai hiburan, tetapi juga sebagai sumber pembelajaran yang kaya akan nilai-nilai karakter, seperti kerja keras, kejujuran, dan kepedulian terhadap lingkungan. Pada pembelajaran sejarah, nilai-nilai ini diintegrasikan melalui berbagai metode, termasuk diskusi, proyek kreatif, dan presentasi, yang secara aktif melibatkan peserta didik dalam memahami hubungan antara cerita rakyat dan peristiwa sejarah. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan cerita rakyat dalam pembelajaran sejarah dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap nilai-nilai budaya dan menumbuhkan rasa cinta terhadap sejarah serta identitas bangsa. Selain itu, penelitian ini merekomendasikan agar pengembang kurikulum dan guru lebih mengoptimalkan penggunaan cerita rakyat dalam proses pembelajaran, serta menekankan perlunya studi lebih lanjut untuk mengeksplorasi efektivitas metode ini di berbagai tingkat pendidikan. Metodologi penelitian ini mencakup: (1) konteks penelitian yang terdiri dari lokasi dan waktu penelitian, (2) bentuk dan strategi penelitian, (3) data dan sumber data, (4) teknik pengumpulan data, (5) teknik pengambilan sampel, (6) validitas data penelitian, dan (7) teknik analisis data serta penarikan kesimpulan atau verifikasi untuk memastikan keakuratan interpretasi hasil penelitian.
Downloads
References
Sabir, A., Fitria, D., Pitra, D. H., Astuti, M., & Superdi, S. (2022). Pelaksanaan pendidikan karakter dalam kegiatan latihan dasar kepemimpinan peserta didik di smp negeri 1 kayutanam. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (JIPTI), 3(2), 118-126. https://doi.org/10.52060/pti.v3i2.941
Sumargono, S., Aswandi, V., & Kusuma, I. L. R. M. (2022). Lary: Inovasi Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Pahlawan Lokal Lampung Sebagai Upaya Pengintegrasian Pendidikan Karakter bagi Generasi Emas. Keraton: Journal of History Education and Culture, 4(2), 44-54. https://doi.org/10.32585/keraton.v4i2.3492
Wahyuni, D., Nursyamsi, N., & Firman, F. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Cerita Rakyat Tana Luwu Terintegrasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Socratika: Journal of Progressive Education and Social Inquiry, 1(2), 165-172. https://doi.org/10.58230/socratika.v1i2.203
Nurcahyawati, E., Syahid, S., & Anugrahputri, B. K. (2022). Transformasi Budaya Lokal Tradisi Ngarak Barong terhadap Akulturasi Budaya Modern pada Masyarakat Kampung Legok Bekasi. Journal of Academia Perspectives, 2(1), 69-79. https://doi.org/10.30998/jap.v2i1.933
Iye, R. (2024). Kajian Studi Pustaka Tentang Metode Pengajaran Cerita Rakyat Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Wawasan Sarjana, 3(1), 11-23. https://doi.org/10.35326/juwara.v2i3.6297
Lestari, E. F. L., & Utami, P. S. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter yang Terkandung Dalam Mitologi Jawa Tradisi Seret Gedhang di Desa Sumbersari Tumpang Pada Pembelajaran IPS SD. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 12(2), 230-244.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Ramli, S. (2014). Menjaga Nilai-Nilai Religius dalam Adat dan Budaya Melayu Jambi Di Era Globalisasi. https://repository.unja.ac.id/id/eprint/696
Wadu, L. B., Samawati, U., & Ladamay, I. (2020). Penerapan nilai kerja keras dan tanggungjawab dalam ekstrakurikuler pramuka di sekolah dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(1), 100-106. https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i1.3571
Surhadi, O., Nazurty, N., & Warni, W. (2022). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Masyarakat Bungo Dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Apresiasi Sastra di Sekolah Menengah Pertama. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(3), 9-19. http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v11i3.7186
Setyawan, A., Suwandi, S., & St Y, S. (2017). Muatan pendidikan karakter dalam cerita rakyat di Pacitan. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpk.v7i2.21778
Hanum, A., & Meilinda, A. (2019). Studi Karakterisasi Bersahabat/Komunikatif Pada Peserta didik SMPN 18 Kota Jambi. Jurnal Publikasi Pendidikan, 9(2), 147-151.
Raharja, S., Wibhawa, M. R., & Lukas, S. (2018). MENGUKUR RASA INGIN TAHU PESERTA DIDIK [MEASURING STUDENTS'CURIOSITY]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(2), 151-164. Http://dx.doi.org/10.19166/pji.v14i2.832
Sobon, K. (2018). Konsep tanggung jawab dalam filsafat Emmanuel Levinas. Jurnal Filsafat, 28(1), 47-73. http://dx.doi.Org/10.22146/jf.31281
Purwanti, D. (2017). Pendidikan karakter peduli lingkungan dan implementasinya. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2). https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Renaldo Renaldo, Arisman Sabir, Murni Yanti, Dedek Helida Pitra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).