Pengaruh Penerapan Metode Mustaqilli terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa di SMP
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.904Keywords:
Metode Mustaqilli, Hasil Belajar Bahasa ArabAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyebarkan dampak penerapan metode Mustaqilli terhadap pemahaman dan keterampilan siswa dalam Bahasa Arab di SMP Al-Washliya empat puluh dua Brastagi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan analisis bivariat. Analisis bivariat dipilih karena variabel yang dievaluasi terdiri dari variabel dependen dan independen. Uji statistik yang digunakan meliputi uji Chi-Square, dan untuk menguji hipotesis satu, dua, dan tiga, dilakukan uji N-Gain Score dan uji T. Melalui penerapan metode Mustaqilli pada kelas satu,dua, dan tiga secara signifikan mampu meningkatkan prestasi belajar Bahasa Arab di SMP Al-Washliyah empat puluh dua Brastagi. Dengan mengacu pada data, pencapaian hasil belajar untuk kelas satu mencapai enam puluh tiga koma tujuh persen, kelas dua sebanyak enam puluh koma empat persen, dan kelas tiga mencapai lima tujuh koma enam persen. Dari keseluruhan responden, sembilan puluh koma empat persen memberikan respon positif. Sebaliknya, kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah menunjukkan hasil yang kurang efektif dalam meningkatkan prestasi belajar Bahasa Arab di SMP Al-Washliyah empat puluh dua Brastagi, dengan perolehan data untuk kelas satu sebesar tiga puluh empat koma tujuh persen, kelas dua sebesar tuga puluh tujuh koma delapan persen, dan kelas tiga sebesar tiga puluh lima koma enam persen. Secara keseluruhan analisis uji N-Gain Score menyatakan bahwa kelas kontrol (metode ceramah) m yang tergolong dalam kategori tidak efektif. Sementara itu, kelas eksperimen (metode Mustaqilli) menunjukkan masuk dalam kategori efektif. Jadi, dapat dipahami juga bahwa nilai perbandingan rata-rata uji N-Gain Score tersebut menampilkan perbedaan yang sangat signifikan, dimana ini menegaskan Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Mustaqilli di SMP Al-Washliyah empat puyluh dua Brastagi dalam pembelajaran Bahasa Arab memberikan hasil yang positif
Downloads
References
Adi, H. M. M. (2020). TEORI BELAJAR BEHAVIORISME ALBERT BANDURA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. LISANUNA (Jurnla Ilmu Bhasa Arab Dan Pembelajarannya), 10(1), 22–32. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/ls.v10i1.7803
Ali, F. N. (2020). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN NAHWU DENGAN METODE MUSTAQILLI DI LEMBAGA KURSUS MUSTAQILLI MLATI SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38512/
Ali, M. (2013). Teknik Analisis Kuantitatif. Makalah Teknik Analisis II, 1–7.
Fatihah, N. F. (2022). IMPLEMENTASI METODE MUSTAQILLI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DI PONDOK PESANTREN ASSHIDIQIYAH JAKARTA. Mozaic Islam Nusantara, 8(2), 130–155. https://doi.org/https://doi.org/10.47776/mozaic.v8i2.596
Firmansyah, F. (2015). Pengaruh Penggunaan Metode Mustaqilli dalam Meningkatkan Kemampuan Keterampilan Tarjamah: Studi Eksperimen Kuasi pada Kelas X MA. Attajdid Singaparna Tasikmalaya. http://repository.upi.edu/21798/
Harfiani, R., & Fanreza, R. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Lesson Study Praktikum Wisata Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Berpikir Kreatif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Media dan Sumber Belajar Di Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Agama Islam UMSU. JOURNAL ARTICLE, 11(1), 135–154. https://doi.org/10.30596/intiqad.v11i1.2041
Heryana, A. (2020). Analisis Data Penelitian Kuantitatif. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.31268.91529
Kaharuddin, K. (2018). Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Kemampuan Muhadatsah. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1), 62–72. https://doi.org/10.35905/alishlah.v16i1.734
Kusuma, A. B. (2011). PENGARUH METODE MUSTAQILLI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA TEKS BERBAHASA ARAB PADA SISWA TAKHASUS PUTRA MADRASAH ALIYAH WAHID HASYIM SLEMAN YOGYAKARTA. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58292/
Lestari, A. F. (2020). Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Sikap Sopan Santun Siswa Di Smp Nihayatul Amal Rawamerta – Karawang. Edureligia, 04(02), 152–159.
Rachmi, K. (2017). IMPLEMENTASI METODE MUSTAQILLI SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN MENULIS BAHASA ARAB : studi deskriptif kualitatif tentang implementasi metode mustaqilli sebagai metode pembelajaran menulis bahasa Arab siswa kelas VII A SMP Daarut Tauhiid Bandung tahun ajaran 2. https://repository.upi.edu/32230/
Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R,&D. Alfabeta.
Umayyah, N. A. (2023). Penerapan Metode Mustaqilli Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MTsPN 4 Medan. Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI), 3(4), 2517–2533. https://doi.org/https://doi.org/10.36987/jumsi.v3i4.4974
UNDANG UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. (2003). UNDANG UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. Demographic Research, 49(0), 1-33 : 29 pag texts + end notes, appendix, referen.
Yulianti, A. (2018). ANALISIS PENGGUNAAN METODE MUSTAQILLI PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. http://repository.upi.edu/46835/
Yuliantika, V. (2018). Pengaruh Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sosiologi Kelas XI IPS MAN 2 Pontianak. Artikel Penelitian, 5(2), 1–8.
Zailani. (2022). Keterampilan Pembelajaran Bahasa Arab pada Anak Usia Dini di Tadika Tunasku Sayang Al Fikh Orchard Port-Klang Selangor Malaysia. Jurnal Pendidikan Dan Konselig Islam, 4(1), 1707–1715.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Irvan Dwi Pratama, Nurul Zahriani Jf

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).