The Urgency of Anti-Corruption Education Course in Universities as a Long-Term Approach Model to Preventing Corrupt Behavior and Criminal Acts of Corruption

Authors

  • Nadir Nadir Universitas Madura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.894

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan urgensi mata kuliah pendidikan antikorupsi di perguruan tinggi sebagai model pendekatan jangka panjang dalam mencegah perilaku korupsi dan tindak pidana korupsi. Metode penelitian ini adalah penelitian hukum normative. Pendekatan yang digunakan meliputi: pendekatan pustaka, pendekatan konseptual, dan pendekatan kasus. Data penelitian terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan datanya menggunakan penelitian kepustakaan dengan cara menganalisis bahan pustaka, peraturan perundang-undangan, data atau dokumen dari instansi terkait, dan data dari media elektronik yang berkaitan erat dengan pokok permasalahan. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan antikorupsi pada perguruan tinggi sebagai mata kuliah wajib, pilihan, insentif pada mata kuliah umum dan kegiatan lainnya merupakan upaya preventif dalam membentuk karakter generasi bangsa yang berjiwa bersih dari perilaku korupsi dan tindak pidana korupsi. Selain itu juga menciptakan cara-cara baru dalam memberantas perilaku korupsi dan tindak pidana korupsi. Hal tersebut merupakan model pendekatan jangka panjang dalam mencegah perilaku koruptif dan tindak pidana korupsi yang dampaknya dapat dirasakan pada tahun-tahun berikutnya. Penerapan pendidikan antikorupsi dalam bentuk mata kuliah pilihan dan insentif pada mata kuliah umum tidak menjamin efektivitas pencegahan perilaku korupsi dan tindak pidana korupsi dalam jangka panjang. Selain itu, tidak menjamin keberlangsungan implementasinya. Pendidikan antikorupsi harus diwujudkan melalui mata kuliah wajib minimal dua SKS yang ditawarkan pada semester I atau II dalam kurikulum program studi di perguruan tinggi dengan terstruktur, terukur, dan terarah untuk membangun efektivitas dan keberlanjutan penyelenggaraan pendidikan antikorupsi. pendidikan yang lebih tinggi. Secara teoritis, penelitian ini memberikan sumbangan pemikiran dalam mengembangkan teori hukum pidana khususnya pemberantasan tindak pidana korupsi di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Siful. (2015). Model Implementasi Pendidikan Anti Korupsi Di Perguruan Tinggi Islam, Kariman, (01), (01), Retrieved from https://doi.org/10.52185/kariman.v3i1.47

Azra, Azyumardi. (2006). Kata Pengantar Pendidikan Anti Korupsi Mengapa Penting, in Karlina Helmanita and Sukron Kamil (ed). Pendidikan Anti Korupsi di Perguruan Tinggi. Jakarta: CSRC UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Circular Letter Number 1016/E/T/2012 concerning Implementation of Anti-corruption Education in Universities

Djaja, Ermansjah. (2008). Memberantas Korupsi Bersama KPK: A Juridical Study of Law no. 31 of 1999 in conjunction with Law Number 20 of 2001 version of Law no. 30 of 2002. Jakarta: Sinar Grafika

Handoyo, Eko. (2013). Pendidikan Anti Korupsi. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Heyneman, Stephen P. (2004). “Education and corrupt,” International Journal of Educational Development 24 (2004) 637–648, Retrieved

from DOI:10.1016/j.ijedudev.2004.02.005

Jaya, Herdi Wisman, (2021), Insersi Pendidikan Anti Korupsi Dalam Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Di Perguruan Tinggi, Journal of Civics and Education Studies, (8), (1), 14-16, Retrieved from DOI: https://doi.org/10.32493/jpkn.v8i1.y2021.p1-18

Kadir, Yusrianto, (2018), Kebijakan Pendidikan Anti Korupsi Di Perguruan Tinggi, Gorontalo Law Review, (1), (1), 27-37, Retrieved from DOI: https://doi.org/10.32662/golrev.v1i1.95

Mukti, Tri Anggoro, (2018), Mendorong Penerapan Pendidikan Antikorupsi di Perguruan Tinggi, Jurnal Perspektif Hukum, (18), (2), 328-346, Retrieved from DOI: https://doi.org/10.30649/ph.v18i2.152

Manurung, Rosida Tiurma, (2012), Pendidikan Antikorupsi Sebagai Satuan Pembelajaran Berkarakter dan Humanistik, Jurnal Sosioteknologi, (27), (11), 232, Retrieved from https://journals.itb.ac.id/index.php/sostek/article/view/1103

Puspito, Nanang T., et al. (2011). Pendidikan Anti Korupsi Untuk Perguruan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Jakarta: 2011, pp. 106, 112, 113.

Puspito, Nanang T., et al. (2016). Buku Panduan Dosen Pembelajaran Pendidikan Anti Korupsi untuk Perguruan Tinggi. Bureau of Cooperation and Public Relations, Ministry of Research, Technology and Higher Education, p. 6.

Presidential Instruction Number 17 of 2011 concerning Actions to Prevent and Eradicate Corruption in 2012.

Regulation of the Minister of Research, Technology, and Higher Education Number 33 of 2019 concerning the Implementation of Anti-Corruption Education in Higher Education

Santika, Erlina F. (2023). Indeks Persepsi Korupsi Indonesia Memburuk pada tahun 2022 at databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/02/01/indeks-persepsi-korupsi-indonesia-memburuk-pada-2022, accessed on December 21, 2023

Suryani, Ita. (2013). Penanaman Nilai Anti Korupsi Di Perguruan Tinggi Sebagai Upaya Preventif Pencegahan Korupsi, Jurnal Visi Komunikasi, (XII), (02), 312, Retrieved from http://dx.doi.org/10.22441/visikom.v12i2.413

Setiawan, Agus, (2023), Pendidikan Anti Korupsi Sebagai Pembentukan Karakter, Perilaku Individu Melalui Potensi Mahasiswa di Perguruan Tinggi, Jurnal Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, (01), (01), 01-09, Retrieved from https://sj.eastasouth-institute.com/index.php/spp/article/view/72

Tuasikal, Hadi. (2017). Akutansi Forensik dalam Upaya

Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, Al Daulah, (6), (2), 203, Retrieved from DOI: https://doi.org/10.24252/ad.v6i2.4876

Uswatun Hasanah, Sitti, (2018), Kebijakan Perguruan Tinggi Dalam Menerapkan Pendidikan Anti Korupsi, Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, (2), (1),12, Retrieved from DOI: https://doi.org/10.31571/pkn.v2i1.744

Vidya, Z. U. & Zainuddin, Muhammad. (2023), Peran Pendidikan Anti Korupsi Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Generasi Muda, Semarang Law Review (SLR), (4), (1) April, Retrieved from http://dx.doi.org/10.26623/slr.v4i1.7028

Wati, Sri, (2022), Pentingnya Pendidikan Tentang Anti Korupsi Kepada Mahasiswa, ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, (1), (6), 1833, Retrieved from https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/view/438.

Downloads

Published

2024-03-14

How to Cite

Nadir, N. (2024). The Urgency of Anti-Corruption Education Course in Universities as a Long-Term Approach Model to Preventing Corrupt Behavior and Criminal Acts of Corruption . Journal of Education Research, 5(1), 795–806. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.894

Issue

Section

Articles

Citation Check