Kebijakan Pendidikan Nasional Menghadapi Tantangan Global Sebuah Analisis Strategis dan Prioritas
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.888Keywords:
Strategi Kebijakan Pendidikan, Prioritas Kebijakan Pendidikan, Tantangan Global Sistem PendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi dan prioritas kebijakan pendidikan yang berjalan di Indonesia dalam menghadapi tantangan global sekarang ini. Pasca Pandemi COVID sembilan belas kebijakan pendidikan mengalami perubahan yang cenderung keluar dari cita-cita Pancasila dan UUD RI seribu sembilan ratus empat puluh lima. Kebijakan pendidikan tidak lagi mengarah pada pembentukan manusia seutuhnya, bahkan berorientasi pada berbagai hal yang bersifat pragmatis. Permasalahan ini menjadi perhatian utama peneliti saat melihat pendidikan menjadi proses yang melegitimasi ketimpangan yang terjadi pada berbagai sekolah SMA Swasta di kawasan DKI Jakarta. Metode penelitian kualitatif yang digunakan peneliti dengan fokus pada studi literatur terhadap berbagai kebijakan pendidikan yang diterapkan Pasca Pandemi COVID . Adapun sumber data utama pada penelitian ini berasal dari kebijakan pendidikan yang sedang berjalan di berbagai lembaga pendidikan, serta buku-buku yang membahas kebijakan pendidikan maupun topik-topik yang berkaitan erat dengan pembahasan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan yang berkembang dalam bidang manajemen pendidikan yaitu desentralisasi pendidikan, dalam bidang kurikulum yaitu kurikulum tingkat satuan pendidikan yang berbasis kompetensi atau KTSP, Kurikulum Merdeka dalam proses pembelajaran ada program percepatan belajar atau learning accelleration. Kebijakan-kebijakan baru ini perlu mendapat perhatian yang serius sampai pada tataran guru sebagai ujung tombak, terutama sistem pendidikan yang dikembangkan sekarang ini. Sistem pendidikan yang diartikan sebagai himpunan bagian atau komponen yang saling berhubungan secara teratur dan merupakan suatu keseluruhan. Kesimpulan yang dapat dikemukakan bahwa pendidikan pada hakikatnya adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
Downloads
References
Adnyana, K. S., Adnyana, K. S., & Yudaparmita, G. N. A. (2022). Pengaruh Implementasi Pendekatan Keterampilan Proses Terhadap Hasil Belajar IPS di SD Kecamatan Sukasada. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2300
Alawiyah, F. (2012). Kebijakan dan Pengembangan Pembangunan Karakter Melalui Pendidikan di Indonesia. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 3(1), 87–101. https://doi.org/10.46807/ASPIRASI.V3I1.259
Alifah, S. (2021). Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesia untuk Mengejar Ketertinggalan dari Negara Lain. Cermin: Jurnal Penelitian, 5(1), 113–123. https://doi.org/10.36841/CERMIN_UNARS.V5I1.968
Aulia, S. S., Arif, B., Amalia, R., Hidayati, N., & Yudha, R. A. (2022). Implementasi gerakan penguatan pendidikan karakter sebagai wahana pendidikan nilai. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(2), 234–243. https://doi.org/10.21831/JPKA.V13I2.53207
Braun, V., & Clarke, V. (2012). Thematic Analysis. In H. Cooper, M. N. Coutanche, L. M. McMullen, A. T. Panter, D. Rindskopf, & K. J. Sher (Eds.), APA Handbook of Research Methods in Psychology, Vol 2: Research designs: Quantitative, Qualitative, Neuropsychological, and Biological (1st ed., pp. 57–71). American Psychological Association. https://doi.org/10.1037/13620-004
Braun, V., Clarke, V., Hayfield, N., & Terry, G. (2019). Thematic analysis. In P. Liamputtong (Ed.), Handbook of Research Methods in Health Social Sciences (1st ed., pp. 843–860). Springer Nature Singapore Pte Ltd. https://doi.org/10.1007/978-981-10-5251-4_103/COVER
Cinda Hendriana, E., & Jacobus, A. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah melalui Keteladanan dan Pembiasaan. JPDI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 1(2), 25–29. https://doi.org/10.26737/JPDI.V1I2.262
Clarke, V., & Braun, V. (2021). Thematic Analysis: A Practical Guide. In V. B. Braun & V. Clarke (Eds.), London : SAGE (1st ed.). SAGE Publications Ltd. https://uk.sagepub.com/en-gb/eur/thematic-analysis/book248481#description
Clarke, V., Braun, V., & Hayfield, N. (2015). Thematic Analysis. In J. A. Smith (Ed.), Qualitative Psychology: A Practical Guide to Research Methods (pp. 222–248). SAGE Publications Ltd. https://uk.sagepub.com/en-gb/asi/qualitative-psychology/book242733#contents
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2024). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing among Five Approaches (5th ed.). SAGE Publications, Inc. https://uk.sagepub.com/en-gb/asi/qualitative-inquiry-and-research-design/book266033
Darman, R. A. (2017). Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia Tahun 2045 melalui Pendidikan Berkualitas. Jurnal Edik Informatika Penelitian Bidang Komputer Sains Dan Pendidikan Informatika, 3(2), 73–87. https://doi.org/10.22202/EI.2017.V3I2.1320
Giri, I. M. A. (2018). Antisipatif Problematika Pendidikan Berbasis Teknohumanistik dengan Pendidikan Sistem Among Ki Hajar Dewantoro. Maha Widya Bhuwana: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 1(1). https://doi.org/10.55115/BHUWANA.V1I1.30
Hamidah, H. (2020). Kebijakan Pendidikan dalam Kebijakan Publik. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 34–44. https://doi.org/10.37755/JSAP.V9I1.250
Hartono, Y. (2017). Pendidikan Nasional dan Kualitas Manusia Indonesia Dalam Perspektif Sejarah. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 7(2), 84–102. https://doi.org/10.25273/AJSP.V7I2.1491
Hermanto, B. (2020). Perekayasaan Sistem Pendidikan Nasional untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Foundasia, 11(2), 52–59. https://doi.org/10.21831/FOUNDASIA.V11I2.26933
Jannah, F. (2013). Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional. Dinamika Ilmu: Jurnal Pendidikan, 13(2), 161–173. https://doi.org/10.21093/DI.V13I2.23
Kholis, N. (2014). Paradigma Pendidikan Islam dalam Undang-Undang SISDIKNAS 2003. JK: Jurnal Kependidikan, 2(1), 71–85. https://doi.org/10.24090/JK.V2I1.542
Noor, A. F. (2013). Pembelajaran Bermakna Untuk Mencapai Pendidikan Karakter. Anterior Jurnal, 12(2), 54-60–54–60. https://doi.org/10.33084/ANTERIOR.V12I2.308
Nur, F., & Kurniawati, A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan di Indonesia dan Solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.47200/AOEJ.V13I1.765
Nurkholis, N. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. JK: Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44. https://doi.org/10.24090/JK.V1I1.530
Priscilla, C., & Yudhyarta, D. Y. (2021). Implementasi Pilar-Pilar Pendidikan UNESCO. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(1), 64–76. https://doi.org/10.46963/ASATIZA.V2I1.258
Puteri, A. N., Yoenanto, N. H., Ainy, N., & Nawangsari, F. (2023). Efektivitas Asesmen Autentik dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 77–87. https://doi.org/10.24832/JPNK.V8I1.3535
Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 7096–7106. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I4.3296
Sagala, S. (2016). Memahami Organisasi Pendidikan: Budaya dan Reinventing, Organisasi Pendidikan (1st ed.). Prenada Media. https://prenadamedia.com/product/memahami-organisasi-pendidikan/
Saidah, U. H. (2016). Pengantar Pendidikan: Telaah Pendidikan secara Global dan Nasional (1st ed.). Rajagrafindo Persada. https://www.rajagrafindo.co.id/produk/pengantar-pendidikan-telaah-pendidikan-secara-global-dan-nasional/
Seidman, I. (2019). Interviewing as Qualitative Research: A Guide for Researchers in Education and the Social Sciences (5th ed.). Teachers College Press. https://www.tcpress.com/interviewing-as-qualitative-research-9780807761489?page_id=323
Soeprapto, S. (2013). Landasan Aksiologis Sistem Pendidikan Nasional Indonesia dalam Perspektif Filsafat Pendidikan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 0(2). https://doi.org/10.21831/cp.v0i2.1485
Sujana, I. G., & Santika, I. W. E. (2023). Pembinaan Guru Profesional Berbasis Karakter (Sebuah Pespektif dan Kebijakan Pendidikan Menghadapi Globalisasi). Widya Accarya, 14(2), 211–219. https://doi.org/10.46650/WA.14.2.1471.211-219
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Suyitno, I. (2012). Pengembangan Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1). https://doi.org/10.21831/JPK.V0I1.1307
Syafe’i, I. (2015). Tujuan Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 151–166. https://doi.org/10.24042/ATJPI.V6I2.1876
Terry, G., Hayfield, N., Clarke, V., & Braun, V. (2017). Thematic Analysis. In C. Willing & W. S. Rogers (Eds.), The SAGE Handbook of Qualitative Research in Psychology (3rd ed., pp. 222–248). SAGE Publications Ltd. https://doi.org/10.4135/9781526405555
Uki S, S. (2015). Arah Pendidikan di Indonesia dalam Tataran Kebijakan dan Implementasi. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2). https://doi.org/10.30998/FORMATIF.V2I2.92
Wati, D. S. S., Aziz, A., & Fitri, A. Z. (2023). Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi. Journal of Education Research, 4(3), 1021–1030. https://doi.org/10.37985/JER.V4I3.248
Wijayanti, I., Kepemimpinan Dalam, M., & Masruroh, Z. (2016). Manajemen Pendidikan Keterampilan (Vocational Skill) di MAN Kembangsawit. Muslim Heritage, 1(2), 417–438. https://doi.org/10.21154/MUSLIMHERITAGE.V1I2.607
Witzel, A., & Reiter, H. (2012). The Problem-Centred Interview: Principles and Practice. In The Problem-Centred Interview: Principles and Practice (1st ed.). SAGE Publications Ltd. https://doi.org/10.4135/9781446288030
Yasin, I. (2022). Guru Profesional, Mutu Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(1), 61–66. https://doi.org/10.54371/AINJ.V3I1.118
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Nana Suyana, Dalmeri Dalmeri, Sugiharto Sugiharto, Jupriadi Jupriadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).