Kebijakan Pendidikan Nasional Menghadapi Tantangan Global Sebuah Analisis Strategis dan Prioritas

Authors

  • Nana Suyana Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia
  • Dalmeri Dalmeri Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia
  • Sugiharto Sugiharto Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia
  • Jupriadi Jupriadi Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.888

Keywords:

Strategi Kebijakan Pendidikan, Prioritas Kebijakan Pendidikan, Tantangan Global Sistem Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi dan prioritas kebijakan pendidikan yang berjalan di Indonesia dalam menghadapi tantangan global sekarang ini. Pasca Pandemi COVID sembilan belas kebijakan pendidikan mengalami perubahan yang cenderung keluar dari cita-cita Pancasila dan UUD RI seribu sembilan ratus empat puluh lima. Kebijakan pendidikan tidak lagi mengarah pada pembentukan manusia seutuhnya, bahkan berorientasi pada berbagai hal yang bersifat pragmatis. Permasalahan ini menjadi perhatian utama peneliti saat melihat pendidikan menjadi proses yang melegitimasi ketimpangan yang terjadi pada berbagai sekolah SMA Swasta di kawasan DKI Jakarta. Metode penelitian kualitatif yang digunakan peneliti dengan fokus pada studi literatur terhadap berbagai kebijakan pendidikan yang diterapkan Pasca Pandemi COVID . Adapun sumber data utama pada penelitian ini berasal dari kebijakan pendidikan yang sedang berjalan di berbagai lembaga pendidikan, serta buku-buku yang membahas kebijakan pendidikan maupun topik-topik yang berkaitan erat dengan pembahasan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan yang berkembang dalam bidang manajemen pendidikan yaitu desentralisasi pendidikan, dalam bidang kurikulum yaitu kurikulum tingkat satuan pendidikan yang berbasis kompetensi atau KTSP, Kurikulum Merdeka dalam proses pembelajaran ada program percepatan belajar atau learning accelleration. Kebijakan-kebijakan baru ini perlu mendapat perhatian yang serius sampai pada tataran guru sebagai ujung tombak, terutama sistem pendidikan yang dikembangkan sekarang ini. Sistem pendidikan yang diartikan sebagai himpunan bagian atau komponen yang saling berhubungan secara teratur dan merupakan suatu keseluruhan. Kesimpulan yang dapat dikemukakan bahwa pendidikan pada hakikatnya adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnyana, K. S., Adnyana, K. S., & Yudaparmita, G. N. A. (2022). Pengaruh Implementasi Pendekatan Keterampilan Proses Terhadap Hasil Belajar IPS di SD Kecamatan Sukasada. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2300

Alawiyah, F. (2012). Kebijakan dan Pengembangan Pembangunan Karakter Melalui Pendidikan di Indonesia. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 3(1), 87–101. https://doi.org/10.46807/ASPIRASI.V3I1.259

Alifah, S. (2021). Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesia untuk Mengejar Ketertinggalan dari Negara Lain. Cermin: Jurnal Penelitian, 5(1), 113–123. https://doi.org/10.36841/CERMIN_UNARS.V5I1.968

Aulia, S. S., Arif, B., Amalia, R., Hidayati, N., & Yudha, R. A. (2022). Implementasi gerakan penguatan pendidikan karakter sebagai wahana pendidikan nilai. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(2), 234–243. https://doi.org/10.21831/JPKA.V13I2.53207

Braun, V., & Clarke, V. (2012). Thematic Analysis. In H. Cooper, M. N. Coutanche, L. M. McMullen, A. T. Panter, D. Rindskopf, & K. J. Sher (Eds.), APA Handbook of Research Methods in Psychology, Vol 2: Research designs: Quantitative, Qualitative, Neuropsychological, and Biological (1st ed., pp. 57–71). American Psychological Association. https://doi.org/10.1037/13620-004

Braun, V., Clarke, V., Hayfield, N., & Terry, G. (2019). Thematic analysis. In P. Liamputtong (Ed.), Handbook of Research Methods in Health Social Sciences (1st ed., pp. 843–860). Springer Nature Singapore Pte Ltd. https://doi.org/10.1007/978-981-10-5251-4_103/COVER

Cinda Hendriana, E., & Jacobus, A. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah melalui Keteladanan dan Pembiasaan. JPDI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 1(2), 25–29. https://doi.org/10.26737/JPDI.V1I2.262

Clarke, V., & Braun, V. (2021). Thematic Analysis: A Practical Guide. In V. B. Braun & V. Clarke (Eds.), London : SAGE (1st ed.). SAGE Publications Ltd. https://uk.sagepub.com/en-gb/eur/thematic-analysis/book248481#description

Clarke, V., Braun, V., & Hayfield, N. (2015). Thematic Analysis. In J. A. Smith (Ed.), Qualitative Psychology: A Practical Guide to Research Methods (pp. 222–248). SAGE Publications Ltd. https://uk.sagepub.com/en-gb/asi/qualitative-psychology/book242733#contents

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2024). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing among Five Approaches (5th ed.). SAGE Publications, Inc. https://uk.sagepub.com/en-gb/asi/qualitative-inquiry-and-research-design/book266033

Darman, R. A. (2017). Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia Tahun 2045 melalui Pendidikan Berkualitas. Jurnal Edik Informatika Penelitian Bidang Komputer Sains Dan Pendidikan Informatika, 3(2), 73–87. https://doi.org/10.22202/EI.2017.V3I2.1320

Giri, I. M. A. (2018). Antisipatif Problematika Pendidikan Berbasis Teknohumanistik dengan Pendidikan Sistem Among Ki Hajar Dewantoro. Maha Widya Bhuwana: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 1(1). https://doi.org/10.55115/BHUWANA.V1I1.30

Hamidah, H. (2020). Kebijakan Pendidikan dalam Kebijakan Publik. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 34–44. https://doi.org/10.37755/JSAP.V9I1.250

Hartono, Y. (2017). Pendidikan Nasional dan Kualitas Manusia Indonesia Dalam Perspektif Sejarah. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 7(2), 84–102. https://doi.org/10.25273/AJSP.V7I2.1491

Hermanto, B. (2020). Perekayasaan Sistem Pendidikan Nasional untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Foundasia, 11(2), 52–59. https://doi.org/10.21831/FOUNDASIA.V11I2.26933

Jannah, F. (2013). Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional. Dinamika Ilmu: Jurnal Pendidikan, 13(2), 161–173. https://doi.org/10.21093/DI.V13I2.23

Kholis, N. (2014). Paradigma Pendidikan Islam dalam Undang-Undang SISDIKNAS 2003. JK: Jurnal Kependidikan, 2(1), 71–85. https://doi.org/10.24090/JK.V2I1.542

Noor, A. F. (2013). Pembelajaran Bermakna Untuk Mencapai Pendidikan Karakter. Anterior Jurnal, 12(2), 54-60–54–60. https://doi.org/10.33084/ANTERIOR.V12I2.308

Nur, F., & Kurniawati, A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan di Indonesia dan Solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.47200/AOEJ.V13I1.765

Nurkholis, N. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. JK: Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44. https://doi.org/10.24090/JK.V1I1.530

Priscilla, C., & Yudhyarta, D. Y. (2021). Implementasi Pilar-Pilar Pendidikan UNESCO. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(1), 64–76. https://doi.org/10.46963/ASATIZA.V2I1.258

Puteri, A. N., Yoenanto, N. H., Ainy, N., & Nawangsari, F. (2023). Efektivitas Asesmen Autentik dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 77–87. https://doi.org/10.24832/JPNK.V8I1.3535

Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 7096–7106. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I4.3296

Sagala, S. (2016). Memahami Organisasi Pendidikan: Budaya dan Reinventing, Organisasi Pendidikan (1st ed.). Prenada Media. https://prenadamedia.com/product/memahami-organisasi-pendidikan/

Saidah, U. H. (2016). Pengantar Pendidikan: Telaah Pendidikan secara Global dan Nasional (1st ed.). Rajagrafindo Persada. https://www.rajagrafindo.co.id/produk/pengantar-pendidikan-telaah-pendidikan-secara-global-dan-nasional/

Seidman, I. (2019). Interviewing as Qualitative Research: A Guide for Researchers in Education and the Social Sciences (5th ed.). Teachers College Press. https://www.tcpress.com/interviewing-as-qualitative-research-9780807761489?page_id=323

Soeprapto, S. (2013). Landasan Aksiologis Sistem Pendidikan Nasional Indonesia dalam Perspektif Filsafat Pendidikan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 0(2). https://doi.org/10.21831/cp.v0i2.1485

Sujana, I. G., & Santika, I. W. E. (2023). Pembinaan Guru Profesional Berbasis Karakter (Sebuah Pespektif dan Kebijakan Pendidikan Menghadapi Globalisasi). Widya Accarya, 14(2), 211–219. https://doi.org/10.46650/WA.14.2.1471.211-219

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Suyitno, I. (2012). Pengembangan Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1). https://doi.org/10.21831/JPK.V0I1.1307

Syafe’i, I. (2015). Tujuan Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 151–166. https://doi.org/10.24042/ATJPI.V6I2.1876

Terry, G., Hayfield, N., Clarke, V., & Braun, V. (2017). Thematic Analysis. In C. Willing & W. S. Rogers (Eds.), The SAGE Handbook of Qualitative Research in Psychology (3rd ed., pp. 222–248). SAGE Publications Ltd. https://doi.org/10.4135/9781526405555

Uki S, S. (2015). Arah Pendidikan di Indonesia dalam Tataran Kebijakan dan Implementasi. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2). https://doi.org/10.30998/FORMATIF.V2I2.92

Wati, D. S. S., Aziz, A., & Fitri, A. Z. (2023). Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi. Journal of Education Research, 4(3), 1021–1030. https://doi.org/10.37985/JER.V4I3.248

Wijayanti, I., Kepemimpinan Dalam, M., & Masruroh, Z. (2016). Manajemen Pendidikan Keterampilan (Vocational Skill) di MAN Kembangsawit. Muslim Heritage, 1(2), 417–438. https://doi.org/10.21154/MUSLIMHERITAGE.V1I2.607

Witzel, A., & Reiter, H. (2012). The Problem-Centred Interview: Principles and Practice. In The Problem-Centred Interview: Principles and Practice (1st ed.). SAGE Publications Ltd. https://doi.org/10.4135/9781446288030

Yasin, I. (2022). Guru Profesional, Mutu Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(1), 61–66. https://doi.org/10.54371/AINJ.V3I1.118

Downloads

Published

2024-02-28

How to Cite

Suyana, N., Dalmeri, D., Sugiharto, S., & Jupriadi, J. (2024). Kebijakan Pendidikan Nasional Menghadapi Tantangan Global Sebuah Analisis Strategis dan Prioritas. Journal of Education Research, 5(1), 620–634. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.888

Issue

Section

Articles

Citation Check