Analisis Kedisiplinan Guru di KB Mutiara
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.880Abstract
Banyaknya guru dilembaga PAUD yang belum memenuhi standar kualifikasi pendidikan yang baik sehingga berpengaruh pada kedisiplinan seorang guru PAUD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kedisiplinan guru ditinjau dari kualifikasi pendidikannya. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek pada penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru KB Mutiara Karanggondang Mlonggo. Tehnik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara terkait kedisiplinan guru dilembaga. Hasil dalam penelitian ini menjelaskan bahwa guru linier PAUD dan non linier mampu mendisiplinkan diri dan bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan, upaya guru dalam meningkatkan kedisiplinan dapat dilihat dengan mengikuti pelatihan dan pendidikan lanjut dalam bidang PAUD.
Downloads
References
Abdussamad Zuchri (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV Syakir Media Press. ISBN: 978-623-97534-3-6.
Amalia, F. R., & Suyanto, S. (2021). SIM PAUD Application in Improving Teacher IT Skill at PPT Permata Hati Bendul Merisi Wonocolo District. International Jurnal of Emerging Issues in Early Childhood Education, 3(20, 18-27.
Atikah, C., & Husnaeni, N. (2021). Hubungan Kompetensi Pedagogik dan Pelatihan dengan Kinerja Guru PAUD di Kecamatan Maja. JTPP (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran): Edutech ad Intrucional Research Journal, 8(1).
Bado, B., & Adimuntja, R. (2022). Pengaruh Kualifikasi Pendidikan, Pengalaman dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Di SMA Frater Makassar. JEKPEND (Jurnal Ekonomi dan Pendidikan) 81-90 p, 4(2), 81-90.
Bawamenewi, A. (2021). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru dan Siswa di SMA Negeri Lolofitu Moi. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 4(10), 235-241.
Eliza, D., Husna, A., Utami, N., & Putri, Y. D. (2022). Studi Deskriptif Profesionalisme Guru PAUD Berdasarkan Prinsip-Prinsip Profesionalisme Guru pada Undang-Undang No 14 Tahun 2005. Jurnal Basicedu, 6(3), 4663.
Febrina, M. (2020). Problematika Profesionalitas dan Pemenuhan Kualifikasi Akademik Guru dalam Lembaga PAUD. Cerdas-Jurnal Pendidikan, (2), 22-32.
Fiiazah, I., Safitri, F. O., & Herzegovina, R. N. L. (2020). Penggunaan Finggerprint untuk Meningkatkan Kedisiplinan Guru dan Siswa. Idarotuna: Journal Of Administrative Science, 1(2), 110-121.
Ibrahim, A. E., Pratiwi, R. I., & Nadjib, A. (2021). Fungsi Pengawasan dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru di MTS Hasyim Asy’ari Bangsri Sukodono. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 3(1),83-98.
Irja, H. (2020). Meningkatkan Kedisiplinan Kehadiran Guru Melalui Penerapan Sistem Reward dan Funisment. Jurnal Global Edukasi, 5(2), 95-100.
Islami, N. F., Oktrifianty, E., & Magdalena, I. (2021). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru Sekolah Dasar di SDN Cipondoh 1 Kota Tanggerang. Edisi, 3(3), 500-518.
Islamiyah, I. (2020). Kualifikasi Pendidik PAUD Sesuai Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014. Journal Of Education Research, 1(1), 9-17.
Jannah, W., Holis, K., & Kholidi, M. (2023). Analisis Kompetensi Pedagogik PAUD Non-Linier dalam Pembelajaran. Jurnal Smart Paud, 6(20, 72-81.
Jaya, W. S. (2022). Kinerja Guru Ditinjau dari Gaya Kepemipinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1286-1294.
Kamelia, R., Nasirun, M., & Indrawati, I. (2019). Pelaksanaan Kedisiplinan Guru PAUD di Gugus Asoka. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 161-170.
Kautsar, M., Yusrizal, Y., & Bahrun, B. (2020). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru pada MAN 1 Aceh Utara. Visipena, 11(2), 364-376.
Khazam, K., & Al Munir, I. (2023). Kompetensi Guru dalam Pembiasaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Dini. Jurnal IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam. 1(2), 48-61.
Kurniawan, M. I., Fihayati, Z., & Wardana, M. D. (2021). Buku Ajar Profesi Kependidikan. Umsida Press, 1-60.
Mahartini, K. T., & Tristaningrat, M. A. N. (2023). Pengaruh Kualifikasi Akedemik Guru Pendidikan Dasar dalam Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(1), 22-31.
Maulida, M. (2020). Tehnik Pengumpulan Data dalam Metodologi Penelitian. Darussalam. 21(2).
Moleong, (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya. ISBN: 979-514-051-5.
Munaamah, M., Masitoh, S., & Setyowati, S. (2021). Peran Guru dalam Optimasi Prkembangan Sikap Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 355-362.
Nadirah, S., Nasar, I., Sabir, A., Lahiya, A., Zulfikhar, R., & Zulharman, Z. (2023). Pengaruh Kinerja Dan Kualifikasi Akademik Guru Terhadap Mutu Pendidikan. Journal on Education, 6(1), 2064-2071.
Nazidah, M. P. (2021). Problematika Linieritas dan Pemenuhan Kualifikasi Akademik Guru dalam Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2043-2051.
Nur, H. M., & Fatonah, N. (2020). Paradigma Kompetensi Guru. Jurnal PGSD Uniga, 1(1), 12-16.
Prawata, Y. M., Fridani, L., & Marjo, H. K. (2021). Analisis Karier Tentang Pengembangan Profesi bagi Guru Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini. Teraputik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(1), 179-184.
Pratiwi, W., Zulkifli, N., & Solfiah, Y. (2021). Hubungan Kompetensi Kepribadian Guru dengan Kedisiplinan Guru di TK Duri Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 4(1), 10-18.
Rahman, A. (2020). Peningkatan Disiplin Kerja Guru Di Sekolah Dasar Yayasan Mutiara Gambut. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 1-9.
Retnaningrum, W., & Khotimah, D. (2023). Kemampuan Pengelolaan Kelas Berdasarkan Kualifikasi Akademik Guru di KB Persada Slarang Sentri. Jurnal Riset Ilmiah, 2(7), 2462-2471.
Roza, D., & Kusuma, T. C. (2023). Analisis Profesionalisme Guru Berdasarkan Kualifikasi Pendidikan di TK Fadhilah Amal 3 Tunggul Hita Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1977-1984.
Sarosa, S. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif. PT Kanisus. Halaman 4.
Shofa, G. Z., Nurlaila, S., & Atika, C. (2023). Inovasi dan Permasalahan Pendidikan (Kualifikasi Guru Belum Optimal). Inonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(1), 120-126.
Sutomo, M., & Wahdini, E. (2021). Relationship Between Emotional Intelegence, Attidude Towards Professio, Work Discipline, and The Teacher Performance in Early Childood in North Banjarmasin District Banjarmasin City. Journal Of K6 Education and Management, 4(2), 217-231.
Tatoe, H. (2020). Peningkatan Keisiplinan Guru dalam Kehadiran Mengajar di Kelas Melalui Supervisi Kepala Sekolah pada SMA Negeri 2 Bangko Kabupaten Rokan Hilir. Prespektif Pendidikan dan Keguruan, 11(1), 31-38.
Utami, N. P. S. M., & Putra, M. (2020). Kontribusi Disiplin Kerja dan Resiliensi Terhadap Kinerja Guru. Indoesian Journal Of Instruction, 1(3), 121-132.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Laila Putri Anjar Sari, Muhammad Nofan Zulfahmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).