Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry dan Discovery Learning di Sekolah SMPN 8 Biring Bulu

Authors

  • A. Fitriani Suryadi Pendidikan Biologi, Institut Turatea Indonesia, Indonesia
  • Wahyuni Hasbul Pendidikan Bhs dan Sastra Indonesia, Institut Turatea Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.872

Keywords:

Siswa, Sekolah, Pembelajaran Inquiry dan Discovery Learning

Abstract

Pada dasarnya pendidikan memiliki dua sisi, antara guru dan siswa yang tujuannya adalah untuk meningkatkan hasil belajar. Jika pendidik hanya menggunakan pendekatan pembelajaran dua arah seperti ceramah. Akibatnya siswa akan cepat mengalami kebosanan, mengantuk, dan akhirnya tidak mampu menyerap atau menerima dengan baik pelajaran yang diajarkan oleh pendidik. Tujuan penelitian yaitu untuk membandingkan model pembelajaan discovery learning dan inquiri guna meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen semu, dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning dan inkuiri karena peneliti ingin membandingkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Balgi siswal kelals VIII.AL peneralpaln model pembelajaran inkuiri menghailkan persentase yang tergolong sedang daln memiliki interpretasi yalng cukup efektif sedang model pembelajaran discovery learning menghasilkan persentase pada siswa kelas VIII yalng termasuk dalam kategori sedang dan menghasilkan interpretasi yalng kurang efektif. Disimpulkan bahwa untuk meningkaltkan hasil belajar siswa model pembelajaran inkuiri lebih efektif digunalkaln dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning  pada siswa kelas VIII.B di SMPN 8 Biring Bulu

Downloads

Download data is not yet available.

References

ALrikunto,S & Jalbalr.2015.EvallualsiProgralmPenelitialn.Jalkalrtal:BumiALksalral

Dalryalnto.2014. EvallualsiPendidikaln. Jalkalrtal:RinekalCiptal.

Djalmalluddin, ALhdalr & Walrssssssssdalnal. 2019. .Belaljalr Daln Pembelaljalraln .Palre-palre: Kalffalh Lealrning Center. Tersedial dalri https://repository.ialinpalre.alc.id/1639/1/Belaljalr%20Daln%20Pembelaljalraln.pdf

Ekal,S,Ervinal.“Uji Normallitals, Uji Normallitals Dengaln Uji Liliefors Menggunalkal nExcel”., diunggalh oleh Ervinal Ekal Subekti, 15 ALpril 2021 ,https://youtu.be/nivihalJY3ws.

Falrhalnal, H;ALwirial, Muttalqien,N .2019. Penelitialn Tindalkaln Kelals. Jalkalrtal :Halralpaln Cerdals Publisher.

Firmalnsyalh,R.2018. Mudalh daln ALktif Belaljalr Biologi. Jalkalrtal: PT Setial Purnal Inves.

Haldeli. 2014 .Metode Penelitialn Kependidikaln. Ciputalt: QualntumTealching ,Hall 47.

Halrdalni,dkk. 2020. Metode Penelitialn Kuallitaltif & Kualntitaltif. (Cet.1) .Yogyalkalrtal :CV. Pustalkal Ilmu Group Yogyalkalrtal.

Halrefal,ALR.(2013).Peneralpaln Model Pembelaljalraln Interalktif Dengaln Straltegi Petal Konsep Pohon Jalringaln diKelals XI SMKN 1 Gunung Sitoli .(Lalporaln Penelitialn, Institut Kegurualn daln Ilmu Pendidikaln Gunung Sitoli,2013).Dialksesdalrihttps://medial.neliti.com/medial/publicaltions/168557-ID-peneralpaln-model-pembelaljalraln-interalktif.pdf.

HalrsidiS.2009.Penggunalaln medial alnimalsi dallalm model model pembelaljalraln discovery lealrninguntuk meningkaltkaln halsil belaljalr biologi siswal kelals viii smp negeri 13 malkalssalr .Falkultals Maltemaltikal daln Ilmu Pengetalhualn ALlalm. Universitals Negeri Malkalssalr :Malkalssalr.

Halryono. 2016. Model Pembelaljalraln Interalktif. Suralbalyal:UNESAL

Hermalwaln, E. (2013). Pengalruh Pembelaljalraln Pendekaltaln Contextuall Tealching ALnd Lealrning (CTL) Berbalsis Kealrifaln Lokall Terhaldalp Halsil Belaljalr IPS Siswal Kelals IV SD. Singalraljal: Universitals Pendidikaln Galneshal.

Mallik,S,dkk.2020 “Uji Valliditals Internall, Valliditals Eksternall, daln Relialbilitals Tralumaltic EventsQuestionnalire (TEQ)”, (Jurnall Pengukuraln Psikologi Daln Pendidikaln Indonesial). Vol 4,no.h.329.

Nuryalni,R.2019 .Straltegi Belaljalr Mengaljalr Biologi. Balndung: Universitals Pendidikaln Indonesial.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitialn Kualntitaltif, Kuallitaltif, R & D. Balndung: CV ALlfalbetal.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitialn Kombinalsi (Mixed Methods). Balndung: CV ALlfalbetal.

Downloads

Published

2024-03-03

How to Cite

Suryadi, A. F., & Hasbul, W. (2024). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry dan Discovery Learning di Sekolah SMPN 8 Biring Bulu. Journal of Education Research, 5(1), 678–690. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.872

Issue

Section

Articles

Citation Check