Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry dan Discovery Learning di Sekolah SMPN 8 Biring Bulu
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.872Keywords:
Siswa, Sekolah, Pembelajaran Inquiry dan Discovery LearningAbstract
Pada dasarnya pendidikan memiliki dua sisi, antara guru dan siswa yang tujuannya adalah untuk meningkatkan hasil belajar. Jika pendidik hanya menggunakan pendekatan pembelajaran dua arah seperti ceramah. Akibatnya siswa akan cepat mengalami kebosanan, mengantuk, dan akhirnya tidak mampu menyerap atau menerima dengan baik pelajaran yang diajarkan oleh pendidik. Tujuan penelitian yaitu untuk membandingkan model pembelajaan discovery learning dan inquiri guna meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen semu, dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning dan inkuiri karena peneliti ingin membandingkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Balgi siswal kelals VIII.AL peneralpaln model pembelajaran inkuiri menghailkan persentase yang tergolong sedang daln memiliki interpretasi yalng cukup efektif sedang model pembelajaran discovery learning menghasilkan persentase pada siswa kelas VIII yalng termasuk dalam kategori sedang dan menghasilkan interpretasi yalng kurang efektif. Disimpulkan bahwa untuk meningkaltkan hasil belajar siswa model pembelajaran inkuiri lebih efektif digunalkaln dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning pada siswa kelas VIII.B di SMPN 8 Biring Bulu
Downloads
References
ALrikunto,S & Jalbalr.2015.EvallualsiProgralmPenelitialn.Jalkalrtal:BumiALksalral
Dalryalnto.2014. EvallualsiPendidikaln. Jalkalrtal:RinekalCiptal.
Djalmalluddin, ALhdalr & Walrssssssssdalnal. 2019. .Belaljalr Daln Pembelaljalraln .Palre-palre: Kalffalh Lealrning Center. Tersedial dalri https://repository.ialinpalre.alc.id/1639/1/Belaljalr%20Daln%20Pembelaljalraln.pdf
Ekal,S,Ervinal.“Uji Normallitals, Uji Normallitals Dengaln Uji Liliefors Menggunalkal nExcel”., diunggalh oleh Ervinal Ekal Subekti, 15 ALpril 2021 ,https://youtu.be/nivihalJY3ws.
Falrhalnal, H;ALwirial, Muttalqien,N .2019. Penelitialn Tindalkaln Kelals. Jalkalrtal :Halralpaln Cerdals Publisher.
Firmalnsyalh,R.2018. Mudalh daln ALktif Belaljalr Biologi. Jalkalrtal: PT Setial Purnal Inves.
Haldeli. 2014 .Metode Penelitialn Kependidikaln. Ciputalt: QualntumTealching ,Hall 47.
Halrdalni,dkk. 2020. Metode Penelitialn Kuallitaltif & Kualntitaltif. (Cet.1) .Yogyalkalrtal :CV. Pustalkal Ilmu Group Yogyalkalrtal.
Halrefal,ALR.(2013).Peneralpaln Model Pembelaljalraln Interalktif Dengaln Straltegi Petal Konsep Pohon Jalringaln diKelals XI SMKN 1 Gunung Sitoli .(Lalporaln Penelitialn, Institut Kegurualn daln Ilmu Pendidikaln Gunung Sitoli,2013).Dialksesdalrihttps://medial.neliti.com/medial/publicaltions/168557-ID-peneralpaln-model-pembelaljalraln-interalktif.pdf.
HalrsidiS.2009.Penggunalaln medial alnimalsi dallalm model model pembelaljalraln discovery lealrninguntuk meningkaltkaln halsil belaljalr biologi siswal kelals viii smp negeri 13 malkalssalr .Falkultals Maltemaltikal daln Ilmu Pengetalhualn ALlalm. Universitals Negeri Malkalssalr :Malkalssalr.
Halryono. 2016. Model Pembelaljalraln Interalktif. Suralbalyal:UNESAL
Hermalwaln, E. (2013). Pengalruh Pembelaljalraln Pendekaltaln Contextuall Tealching ALnd Lealrning (CTL) Berbalsis Kealrifaln Lokall Terhaldalp Halsil Belaljalr IPS Siswal Kelals IV SD. Singalraljal: Universitals Pendidikaln Galneshal.
Mallik,S,dkk.2020 “Uji Valliditals Internall, Valliditals Eksternall, daln Relialbilitals Tralumaltic EventsQuestionnalire (TEQ)”, (Jurnall Pengukuraln Psikologi Daln Pendidikaln Indonesial). Vol 4,no.h.329.
Nuryalni,R.2019 .Straltegi Belaljalr Mengaljalr Biologi. Balndung: Universitals Pendidikaln Indonesial.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitialn Kualntitaltif, Kuallitaltif, R & D. Balndung: CV ALlfalbetal.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitialn Kombinalsi (Mixed Methods). Balndung: CV ALlfalbetal.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 A. Fitriani Suryadi, Wahyuni Hasbul

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).