Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (Sfe) Dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa di Sekolah Dasar

Authors

  • Yusnita Imlatul Khasanah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Fadhilaturrahmi fadhilaturrahmi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Rusdial Martha Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Nurhaswinda Nurhaswinda Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Yanti Yandri Kusuma Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.868

Keywords:

Student Facilitator and Explaining (SFE), Representasi Matematis, Media Gambar

Abstract

Rendahnya kemampuan representasi matematis siswa kelas IV MI An-Nur Al Islami merupakan hal yang melatar belakangi penelitian ini. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran student facilitator and explaining. Tujuan penelitian ini untuk memaparkan peningkatan kemampuan representasi matematis  dengan menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining, pada siswa kelas IV MI An-Nur Al Islami. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat dua pertemuan dan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Mei selama dua minggu 2023. Subjek penelitian ini siswa kelas IV yang berjumlah 24 orang, dengan jumlah laki-laki 10 orang dan siswa perempuan berjumlah 14 orang. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa mengalami peningkatan pada setiap siklus, dimana hasil persentasi pada siklus I pertemuan I mencapai (25%) pertemuan kedua meningkat menjadi (50%) sedangkan siklus II pertemuan I (54,2%) dan pertemuan II meningkat menjadi (70,8%) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerpakan model pembelajaran student facilitator and explaining dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa kelas IV MI An-Nur Al Islami.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Alfisa, R., Mariyam, & Husna, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Multirepresentasi Matematis Siswa Materi Penyajian Data Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 129–137. https://eprints.umm.ac.id/56457/

Amelia, C., & Syahputra, E. F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Untuk Meningkatkan Kemampuan Eksplorasi Mahasiswa. Jurnal Curere, 3(1), 15–25. https://doi.org/10.36764/jc.v3i1.174

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2020). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Hardianti, S. R., Nia, K., & Effendi, S. (2021). Analisis kemampuan representasi matematis siswa sma kelas xi. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1093–1104. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1093-1104

Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Islamiati, R., Yurniwati, Y., & Supriatna, A. (2021). Utilizing Problem-Based Learning Model To Improve Students’ Mathematical Representation Ability. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(5), 1242–1253. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i5.8373

Juliani, S., Murni, A., & Maimunah. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Discovery Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik. 11(4), 3119–3129.

Kusumah, E. C. (2016). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Melalui Model Means-Ends Analysis Dalam Pembelajaran Matematika. Universitas Pendidikan Indonesia.

Lestari, K. E. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika (Anna (ed.); Ketiga). Refiika Aditama.

Lestari Wahyu Handayani, S., & Sugiman. (2019). Media Gambar untuk Meningkatkan Daya Tarik Siswa. Journal unnes, 2, 349–354.

Marta, R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 008 Langgini Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Kancing Gemerincing. Elementary School Journal, 7(1), 9–18.

Muslimah, N., Putra, R. W. Y., & Masykur, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Self-Confidence Peserta Didik. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 49–59.

Paizaluddin, & Ermalina. (2014). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Panduan Teoritis dan Praktis. Alfabeta.

Parsautan, Holila, A., Institut, M., & Selatan, P. T. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Man Sipirok. Mathematic Education Journal)MathEdu, 1(1), 109. http://journal.ipts.ac.id/index.php/

Rahmadian M, N., Mulyono, & Isnarto. (2019). Kemampuan Representasi Matematis dalam Model Pembelajaran Somatic , Auditory , Visualization , Intellectually ( SAVI ). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 287–292. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Ruhulessin, S., Ratumanan, T. G., & Tamalene, H. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas X Sma Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining (SFE) dan Model Pembelajaran Konvensional pada Materi Trigonometri. JUPITEK: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.30598/jupitekvol2iss1pp1-6

Sari, S. A., Yanty, E., Nasution, P., Matematika, J. T., Tarbiyah, F., Ftik, K., Agama, I., Negeri, I., & Kerinci, I. (2020). Penerapan Model Student Facilitator and Explaining ( SFE ) dengan Media Poster untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Logaritma : Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 8(01), 105–118.

Siregar, J. W., Azis, Z., & Amri, Z. (2022). Representasi Matematis dan Self Confidence pada Model Reciprocal dan Student Facilitator Explaining. Jurnal Gammath, 7(1), 59–66.

Sugandi, A. I., & Akbar, P. (2020). Efektivitas Model Student Facilitator And Explaining Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Ditinnjau Dari Self-Efficacy. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 737–745. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.295

Sunanti, T., Sagita, L., & Anggraini, G. (2022). Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Theorems (The Original Reasearch Of Mathematics), 6(2), 116–128. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/th

Zaini, K. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining ( SFAE ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Aljabar Linier Mahasiswa Universitas. Equation, 1(1), 111–120.

Downloads

Published

2024-02-08

How to Cite

Khasanah, Y. I., fadhilaturrahmi, F., Martha, R., Nurhaswinda, N., & Kusuma, Y. Y. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (Sfe) Dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa di Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 5(1), 460–465. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.868

Issue

Section

Articles

Citation Check