Peran Kepala Sekolah terhadap Peningkatan Kompetensi Pedagogi Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri Se Bumijawa
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.863Keywords:
Kepla Sekolah, Kompetensi Pedagogik, Kurikulum MerdekaAbstract
Tujuan penelitian penelitian adalah Untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri se Bumijawa, Untuk mengetahui Seberapa besar peran kepala sekolah terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri se Bumijawa dan Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri se Bumijawa. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang data-datanya berhubungan dengan angka. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru SMP Negeri se Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal yang berjumlah seratus delapan belas orang guru. Hasil penelitian antara lain: Kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri se Bumijawa adalah: kemampuan memahami karakteristik peserta didik; kemampuan menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran; kemampuan menguasai kegiatan pembelajaran yang mendidik; kemampuan menguasai pengembangan kurikulum; dan kemampuan mengevaluasi hasil belajar, peran kepala sekolah sebagai educator memperoleh kategori Sangat baik, peran kepala sekolah sebagai manajer, memperoleh kategori Baik, peran kepala sekolah sebagai supervisior memperoleh kategori Sangat baik, peran kepala sekolah sebagai administrator memperoleh kategori Baik, peran kepala sekolah sebagai pemimpin memperoleh kategori Sangat baik, peran kepala sekolah sebagai inovator memperoleh kategori Sangat baik, perankepala sekolah sebagai motivator memperoleh kategori Baik, dan peran kepala sekolah sebagai entrepreneur memperoleh kategori Baik, faktor pendukung pelaksanaan Kurikulum Merdeka kebijakan pemerintah yang mendukung, kesiapan sekolah, dan keterlibatan stakeholders. Sedangkan faktor-faktor penghambat pelaksanaan kurikulum merdeka di SMP Negeri se Bumijawa: kurangnya pemahaman guru, keterbatasan sarana dan prasarana, tantangan dalam pelaksanaan pembelajaran
Downloads
References
Abdul Ghofur (2023). Komunitas Praktisi Dalam Pembelajaran (Community Practices In Learning). Kemendikbudristek.
Ahmad Fadloli (2022). Komunitas Praktisi sebagai Wahana Peningkatan Kompetensi Guru. https://gusndol.com/2022/03/07/komunitas-praktisi-sebagai-wahana-peningkatan-kompetensi-guru/.
Arikunto. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.
Dede Setiawan (2023). Mengenal Komunitas Praktisi. https://disdikkbb.org/news/mengenal-komunitas-praktisi/.
Depdiknas. 2003. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003, Yogyakarta: Media Wacana Press.
Donald Kartika Setiawan (2023). Peran Komunitas Praktisi Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Biologi Guru-Guru SMA Di Kabupaten Gunungkidul Dalam Proses Penciptaan Dan Transfer Pengetahuan Pada Organisasi Sekolah. http://etd.repository. ugm.ac.id/home/detail_pencarian/65727
Fajar Tri (2020) 4 Kompetensi Guru yang Wajib Dimiliki oleh Calon Guru. https://gurubinar.id/blog/4-kompetensi-guru-yang-wajib-dimiliki-oleh-calon-guru?blog_id=53
Firdaus (2021). Komunitas Praktisi untuk Membangkitkan Kembali Lingkungan Pendidikan yang Mendukung Kebutuhan Belajar Murid. https://www.kompasiana.com ametcrb/6027fc8fd541df42fd63a502 /membangun-komunitas-praktisi-di-satuan-pendidikan.
Hamalik, 2015. Evaluasi Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hendarman. 2015. Persepsi Guru Tentang Peran Kepala Sekolah
Indah Martini (2023). Manfaat Komunitas Praktisi dan Tahapan Pengembangan untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Satuan Pendidikan. https://www.melintas.id/pendidikan/343015629/manfaat-komunitas-praktisi-dan-tahapan-pengembangan-untuk-meningkatkan-kompetensi-guru-di-satuan-pendidikan.
Kemendikbudristek (2020). Belajar di Komunitas. Praktisi https://inspirasifoundation.org/wpcontent/uploads/2021/05/KOMUNITAS-PRAKTISI-PDF.pdf.
Kumparan (2023). Pengertian, Tujuan, dan Contoh Komunitas Praktisi di Lingkungan Sekolah. https://kumparan.com/kabar-harian/pengertian-tujuan-dan-contoh-komunitas-praktisi-di-lingkungan-sekolah-21DFrZ6eBPw/full.
Marno (2017). Peranan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam di Kabupaten Magelang. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. http://digilib.uinsuka.ac.id/7274/1/BAB%20I,% .pdf diakses pada tanggal 1 Agustus 2023 pukul 07.57 WIB.
Maya H. 2018. Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mohamad Natar Mohune (2021). Urgensi Komunitas Praktisi Dan Implikasinya Terhadap Permasalahan Pendidikan. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/ viewFile/1060/753
Moleong. 2018. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, Cet ke-12.
Mulyadi. 2019. Teknik Analisis Regresi dan Korelasi. Tarsito. Bandung.
Munir (2018). Peran Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Nana Sudjana 2016. Manajemen Mutu Berbasis Sekolah/Madrasah (MMBS/M) CEQM. Jakarta: Penebar Swadaya.
Nana Sudjana. 2016. Metode penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Nana Syaodih Sukmadinata. 2016. Satistika Dasar Untuk Penelitian, Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Nenden Lia Amalia (2023) Peran Guru Penggerak dalam Menggerakkan Komunitas Praktisi di Sekolah. https://disdikkbb.org/news/peran-guru-penggerak-dalam-menggerakkan-komunitas-praktisi-di-sekolah/.
Nurianna. 2019. MPMBS, Konsep & Pelaksanaan, Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
Rachmaniza. 2020. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS). Bandung: Cipta Cekas Grafika.
Rahmat. 2019. Penelitian Pendidikan. Surakarta: FKIP UMS
Sandra Titihalawa (2023). “Peran Kepala Sekolah dan Komunitas Belajar dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Pendidik” http://pps.unnes.ac.id/pps2/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes.
Sinaga. 2019. Supervisi Profesional. Bandung: Alfabeta.
Siregar, Syofian. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenadamedia group.
Sudarwan. 2020. Menuju Sekolah Berprestasi. Jakarta: Esensi.
Sumitro 2016. Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan, Konsep, Strategidan Aplikasi, Jakarta: PT Grasindo.
Suparlan 2016. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Supini Epin (2023). Mengembangkan Potensi Guru Melalui Komunitas Praktisi. https://blog.kejarcita.id/mengembangkan-potensi-guru-melalui-komunitas-praktisi/.
Suryati (2023). Komunitas Praktisi. https://www.gurusiana.id/read/ suryatimpd/article/komunitas-praktisi-0.
Wahjosumidjo 2019. Manajemen Berbasis Sekolah, Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Wahjosumidjo. 2020. Akuntabilitas Pendidikan Upaya meningkatkan Mutu dan Citra Sekolah. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.
Wahyudi 2018. Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia, Kurikulum Untuk Abad 21, Indikator Cara Pengukurandan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mutu Pendidikan, Jakarta PT. Sindo.
Wahyudin. 2018. Manajemen Mutu Sekolah di Era Otonomi Pendidikan. Jogjakarta: IRCisoD.
Wardiman Djojonegoro. 2016. Manajemen; Teori, Praktek, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Wirawan. 2018. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Zamroni. 2021. Mensiasati Manajemen Berbasis Sekolah Di Era Krisis Yang Berkepanjangan, Jakarta: ICW.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Slamet Riyanto, Maufur Maufur, Muntoha Nasukha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).