Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT terhadap Prestasi dan Motivasi

Authors

  • Nurjanah Nurjanah Magister Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Taufiqullah Taufiqullah Magister Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Sutji Mulyani Magister Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.861

Abstract

Pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament memiliki pengaruh terhadap prestasi dan motivasi siswa. Hal ini dapat diketahui setelah diadakan penelitian di SDN Gembongdadi kodong empat. Penelitian yang dilakukan pada siswa kelas lima SDN Gembongdadi kosong empat bertujuan untuk menggali sejauh mana pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament terhadap motivasi. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian yang digunakan metode desain faktorial.   Data penelitian diperoleh melalui tes untuk mengetahui dan mencari pengaruh variabel prestasi. Data hasil penelitian untuk mencari pengaruh motivasi menggunakan angket. Data hasil penelitian yang telah terhimpun kemudian dianalisis menggunakan aplikasi SPSS. Analisis data menggunakan N-Gain, uji-t, dan uji-f. hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran terhadap prestasi dan motivasi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-02-17

How to Cite

Nurjanah, N., Taufiqullah, T., & Mulyani, S. (2024). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT terhadap Prestasi dan Motivasi . Journal of Education Research, 5(1), 554–561. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.861

Issue

Section

Articles

Citation Check