Peran Ekstrakurikuler dalam Pembentukan Karakter Siswa MTsN 3 Subang
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.855Keywords:
Pendidikan karakter, Kegiatan ekstrakurikuler, MTsN 3 SubangAbstract
Penelitian ini menginvestigasi pengaruh implementasi program pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler di MTsN tiga Subang terhadap perkembangan karakter siswa. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi antara sekolah, guru, orang tua, dan siswa memainkan peran penting dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung pembentukan karakter siswa. Kegiatan ekstrakurikuler, khususnya olahraga dan kepramukaan, memiliki dampak positif yang signifikan terhadap pembentukan karakter siswa, dengan penekanan pada nilai-nilai inti seperti kejujuran, disiplin, dan kerjasama. Meskipun terdapat beberapa hambatan dalam implementasi, kolaborasi dan fokus pada nilai-nilai inti menjadi kunci keberhasilan program. Kata kunci: pendidikan karakter, kegiatan ekstrakurikuler, MTsN tiga Subang.
Downloads
References
Afresda, S., Toharudin, M., & Sunarsih, D. (2023). Penanaman Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka. Journal on Education, 6(1), 8021–8040. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.4215
Assidqi, J., & Sutopo. (2020). Peran Kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa-Siswi Kelas XII MA. Al-Muhtadi. Journal of Broadcasting and Islamic Communication Studies, 01(02), 120–126.
Faiz, A. (2021). Tinjauan Analisis Kritis Terhadap Faktor Penghambat Pendidikan Karakter Di Indonesia. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 27(2), 82. https://doi.org/10.24114/jpbp.v27i2.24205
Febrianti, F., Mahmud, M., & Hifid, R. (2022). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di SMA Negeri 1 Paleleh Barat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 1535. https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.1535-1552.2022
Johnson. (2017). The Role of Extracurricular Activities in Youth Development: A Meta-Analysis. Journal of Youth Studies, 22(4), 430–445. https://doi.org/10.1080/13676261.2018.1508290
Jumadi, & Musnandar, A. (2022). Taktik Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Value Clarification Technique Dalam Membentuk Kecerdasan Sosial Siswa. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 8(3), 945–956. https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i3.297
Kamila, A. (2023). Pentingnya pendidikan agama dan pendidikan moral dalam membina karakter anak sekolah dasar. Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 2(5), 31–41.
Lubis, K. (2022). Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu: Jurnal of Elementary Education, 6(1), 894–901.
Mas’an al wahid, S., & Prayoga, H. D. (2021). Survei Pengelolaan Ekstrakurikuler Olahraga Sekolah Dasar Negeri Kota Tarakan. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(1), 27. https://doi.org/10.31602/rjpo.v4i1.4306
Maulidiyah, A., Muhammad, D. H., & Syahrin, M. A. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Religious Dalam Membentuk Kepribadian Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Miftahussalam Kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 29–44. https://doi.org/10.37286/ojs.v8i2.158
Musa, M. M., Musripah, M., & Annur, A. F. (2022). Membentuk Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Olahraga. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 3(2), 75. https://doi.org/10.30595/jrpd.v3i2.13272
Nguyen, & Brown. (2019). Exploring the Relationship between Extracurricular Involvement and Character Development in Secondary Education. Journal of Educational Psychology, 111(3), 512–527. https://doi.org/10.1037/edu0000321
Nurseha, A. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Al-Quran Surat Ali-Imran AyaT 159. ISEDU: Islamic Education Journal, 1(1), 91–104.
Ropei, A., & Robiatul Adawiyah, E. (2020). Formulasi Hukum Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual Dalam Kerangka Maqoshid As-Syari’ah. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 4(02), 165–179.
Saputra, A., Fajrussalam, H., Zulfa, F., & Hidayat, I. S. (2020). Pengembangan Kompetensi Dosen di Sekolah Tinggi Agama Islam Riyadhul Jannah Jalancagak Subang Jawa Barat. Leaderia: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 38–52.
Smith, Brown, & Jones. (2015). Extracurricular Activities and Their Effects on Social Outcomes in Adolescents: A Systematic Review. Adolescent Research Review, 2(2), 143–157. https://doi.org/10.1007/s40894-015-0016-z
Suhaidi, J. (2023). Pengembangan Karakter Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Rohis. ALBAHRU, 2(1).
Suyono, S. (2022). Revitalisasi Sistem Kelulusan Sekolah Menengah Atas Yang Berkarakter. Media Manajemen Pendidikan, 5(2), 168–182. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/mmp/article/view/13510
Wahono, I., & Parmadi, B. (2023). Analisis Pembentukan Karakter Tanggung Jawab dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Pendidikan Kepramukaan Bagi Siswa Sekolah Dasar. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 6(1), 126–132.
Wahyuni, I. W., & Putra, A. A. (2020). Kontribusi Peran Orangtua dan Guru dalam Pembentukan Karakter Islami Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(1), 30–37. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).4854
Wang, & Johnson. (2016). The Relationship between Extracurricular Activities and Character Development in Middle School Students. Journal of Adolescence, 49, 49–56. https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2016.02.004
Wibowo, E. W. (2020). ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS, PEDULI SOSIAL, DAN PEDULI LINGKUNGAN TERHADAP KEDISIPLINAN (Studi Kasus Mahasiswa Administrasi Perkantoran Politeknik LP3I Jakarta). Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 31. https://doi.org/10.34127/jrlab.v9i2.379
Zalsabella P, D., Ulfatul C, E., & Kamal, M. (2023). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Nilai Karakter dan Moral Anak di Masa Pandemi. Journal of Islamic Education, 9(1), 43–63. https://doi.org/10.18860/jie.v9i1.22808
Antar, P., & Supriyadi, P. (2016). (CoP) Community Of Practitioners : Solusi Alternatif Berbagi. Lentera Pustaka, 2(2),8393.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Anggi Cerlin, Galih Dewi Utami, Sandi Iswara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).