Peran Ekstrakurikuler dalam Pembentukan Karakter Siswa MTsN 3 Subang

Authors

  • Anggi Cerlin Pendidikan Agama Islam, STAI Riyadhul Jannah , Indonesia
  • Galih Dewi Utami Pendidikan Agama Islam, STAI Riyadhul Jannah , Indonesia
  • Sandi Iswara Pendidikan Agama Islam, STAI Riyadhul Jannah , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.855

Keywords:

Pendidikan karakter, Kegiatan ekstrakurikuler, MTsN 3 Subang

Abstract

Penelitian ini menginvestigasi pengaruh implementasi program pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler di MTsN tiga Subang terhadap perkembangan karakter siswa. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi antara sekolah, guru, orang tua, dan siswa memainkan peran penting dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung pembentukan karakter siswa. Kegiatan ekstrakurikuler, khususnya olahraga dan kepramukaan, memiliki dampak positif yang signifikan terhadap pembentukan karakter siswa, dengan penekanan pada nilai-nilai inti seperti kejujuran, disiplin, dan kerjasama. Meskipun terdapat beberapa hambatan dalam implementasi, kolaborasi dan fokus pada nilai-nilai inti menjadi kunci keberhasilan program. Kata kunci: pendidikan karakter, kegiatan ekstrakurikuler, MTsN tiga Subang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afresda, S., Toharudin, M., & Sunarsih, D. (2023). Penanaman Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka. Journal on Education, 6(1), 8021–8040. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.4215

Assidqi, J., & Sutopo. (2020). Peran Kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa-Siswi Kelas XII MA. Al-Muhtadi. Journal of Broadcasting and Islamic Communication Studies, 01(02), 120–126.

Faiz, A. (2021). Tinjauan Analisis Kritis Terhadap Faktor Penghambat Pendidikan Karakter Di Indonesia. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 27(2), 82. https://doi.org/10.24114/jpbp.v27i2.24205

Febrianti, F., Mahmud, M., & Hifid, R. (2022). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di SMA Negeri 1 Paleleh Barat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 1535. https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.1535-1552.2022

Johnson. (2017). The Role of Extracurricular Activities in Youth Development: A Meta-Analysis. Journal of Youth Studies, 22(4), 430–445. https://doi.org/10.1080/13676261.2018.1508290

Jumadi, & Musnandar, A. (2022). Taktik Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Value Clarification Technique Dalam Membentuk Kecerdasan Sosial Siswa. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 8(3), 945–956. https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i3.297

Kamila, A. (2023). Pentingnya pendidikan agama dan pendidikan moral dalam membina karakter anak sekolah dasar. Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 2(5), 31–41.

Lubis, K. (2022). Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu: Jurnal of Elementary Education, 6(1), 894–901.

Mas’an al wahid, S., & Prayoga, H. D. (2021). Survei Pengelolaan Ekstrakurikuler Olahraga Sekolah Dasar Negeri Kota Tarakan. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(1), 27. https://doi.org/10.31602/rjpo.v4i1.4306

Maulidiyah, A., Muhammad, D. H., & Syahrin, M. A. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Religious Dalam Membentuk Kepribadian Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Miftahussalam Kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 29–44. https://doi.org/10.37286/ojs.v8i2.158

Musa, M. M., Musripah, M., & Annur, A. F. (2022). Membentuk Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Olahraga. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 3(2), 75. https://doi.org/10.30595/jrpd.v3i2.13272

Nguyen, & Brown. (2019). Exploring the Relationship between Extracurricular Involvement and Character Development in Secondary Education. Journal of Educational Psychology, 111(3), 512–527. https://doi.org/10.1037/edu0000321

Nurseha, A. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Al-Quran Surat Ali-Imran AyaT 159. ISEDU: Islamic Education Journal, 1(1), 91–104.

Ropei, A., & Robiatul Adawiyah, E. (2020). Formulasi Hukum Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual Dalam Kerangka Maqoshid As-Syari’ah. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 4(02), 165–179.

Saputra, A., Fajrussalam, H., Zulfa, F., & Hidayat, I. S. (2020). Pengembangan Kompetensi Dosen di Sekolah Tinggi Agama Islam Riyadhul Jannah Jalancagak Subang Jawa Barat. Leaderia: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 38–52.

Smith, Brown, & Jones. (2015). Extracurricular Activities and Their Effects on Social Outcomes in Adolescents: A Systematic Review. Adolescent Research Review, 2(2), 143–157. https://doi.org/10.1007/s40894-015-0016-z

Suhaidi, J. (2023). Pengembangan Karakter Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Rohis. ALBAHRU, 2(1).

Suyono, S. (2022). Revitalisasi Sistem Kelulusan Sekolah Menengah Atas Yang Berkarakter. Media Manajemen Pendidikan, 5(2), 168–182. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/mmp/article/view/13510

Wahono, I., & Parmadi, B. (2023). Analisis Pembentukan Karakter Tanggung Jawab dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Pendidikan Kepramukaan Bagi Siswa Sekolah Dasar. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 6(1), 126–132.

Wahyuni, I. W., & Putra, A. A. (2020). Kontribusi Peran Orangtua dan Guru dalam Pembentukan Karakter Islami Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(1), 30–37. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).4854

Wang, & Johnson. (2016). The Relationship between Extracurricular Activities and Character Development in Middle School Students. Journal of Adolescence, 49, 49–56. https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2016.02.004

Wibowo, E. W. (2020). ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS, PEDULI SOSIAL, DAN PEDULI LINGKUNGAN TERHADAP KEDISIPLINAN (Studi Kasus Mahasiswa Administrasi Perkantoran Politeknik LP3I Jakarta). Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 31. https://doi.org/10.34127/jrlab.v9i2.379

Zalsabella P, D., Ulfatul C, E., & Kamal, M. (2023). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Nilai Karakter dan Moral Anak di Masa Pandemi. Journal of Islamic Education, 9(1), 43–63. https://doi.org/10.18860/jie.v9i1.22808

Antar, P., & Supriyadi, P. (2016). (CoP) Community Of Practitioners : Solusi Alternatif Berbagi. Lentera Pustaka, 2(2),8393.

Downloads

Published

2024-02-06

How to Cite

Cerlin, A., Utami, G. D., & Iswara, S. (2024). Peran Ekstrakurikuler dalam Pembentukan Karakter Siswa MTsN 3 Subang. Journal of Education Research, 5(1), 450–459. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.855

Issue

Section

Articles

Citation Check