Peran Guru PAI dalam Pembinaan Etika Berpakaian Islami Siswa MTs Muhammadiyah Blimbing

Authors

  • Naufal Rakha Maulana Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Dartim Dartim Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Surakarta , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.852

Keywords:

Etika, Guru Pendidikan Agama Islam, MTS Muhammadiyah Blimbing

Abstract

Pendidikan bukan hanya berpusat pada mencerdaskan siswa secara akademik namun juga berperan dalam penanaman etika bagi siswa, sekolah harus mampu membina dan menerapkan etika pada siswa karena etika memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan karena etika digunakan sebagai pedoman dalam bersikap dan merupakan bagian dari norma. Harapannya dengan adanya etika berpakaian siswa dapat menutup aurat dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui etika berpakaian siswa baik di lingkungan sekolah maupun pesantren serta mengetahui peran guru PAI dalam mengarahkan siswa untuk berpakaian sesuai dengan syariat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan atau fieldresearch. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data diuji keabsahannya dengan menggunakan teknik triangulasi, dan kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya etika berpakaian siswa di MTS Muhammadiyah Blimbing sesuai dengan syariat Islam yang telah di tentukan, dan guru Pendidikan Agama Islam juga berperan aktif untuk memberikan contoh ataupun teladan serta mengarahkan siswa untuk berpakaian sesuai dengan syariat. Dari penelitian yang dilakukan di dapat kesimpulan, Etika siswa dan siswi dalam berpakaian di sekolah maupun di pesantren sudah ada aturan dan ketentuannya dan Peran guru PAI dalam mengarahkan siswa untuk berpakaian sesuai dengan syariat Islam dengan cara memberikan teladan kepada siswanya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Tafsir (2005. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja

Arianti (2018). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, Vol: 12, No. 2 ( 2018), Hlm.118.

Cahyati, S. C. (2023). Upaya Sekolah Dalam Menanamkan Etika Berpakaian Siswa (StudiKasus Di SMKN 7 RejangLebong). IAIN Curup , 2.

Daud, Y. M. (2022). Dinamika Pendidikan Islam di Indonesia. Intelektualita, 10(2), 15–37. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/view/12616

Fitri (2020). Peran Guru Pai Dalam Menanamkan Etika Berbusana Muslimah Bagi Peserta Didik Di Sman 1 Bambalamotu Sulawesi Barat. Skripsi, IAIN Palu, Hlm 42-62.

Gali Siagan & Zainal Arifin (2018). Pembinaan Akhlak Berbicara Siswa Melalui Pendekatan Mauizdzatul Hasanah. Vol.3, No. 1. Hlm. 95. (Thawilah, 2007).

https://mail.jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/didaktika/article/view/181/110

I windarti (2017). Peranan guru Pai dalam meningkatkan kompetensi pembelajaran Pai di SDN 2 Palembang Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, UIN Raden Intan Lampung, hlm. 14.

M. Saekan Muchith (2016). Guru PAI yang Profesional. Quality, Vol. 4, No.2. hlm. 226.

Moch. Uzer Usman (2011). Menjadi Guru Profesional. Bandung:PT Remaja Rosdakarya, Hlm.4 Moh. Toriquddin, S. T. (2008). Membumikan Tasawuf dalam Dunia Modern. Malang: UIN Malang Press.

Muhammad Alim (2006). Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Hlm. 6.

Mujiburrahman (2021). Kontribusi Guru PAI Dalam Pembinaan Etika Berpakaian Islami Siswa SMAN Kota Sabang. Jurnal Ilmiah – Islam futura. Hlm. 275.

Mulyono. (2008). Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nasihin, H. (2023). Metode Penelitian (Kualitatif, Kuantitatif, Eksperimen dan R&D). Global Eksekutif Teknologi.

https://www.google.co.id/books/edition/Metode_Penelitian_Kualitatif_Kuantitatif/w- bFEAAAQBAJ?hl=id

Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Solo: Cakra Books, 1(1), 3-4. Nur Aisyah (2020). Peran Guru Pai Dalam Membina Etika Berpakaian Menurut Syariat Islam Pada

Siswa Kelas Xi Smk Swasta Ki Hajar Dewantara Kota Pinang. Skripsi,UIN Sumatera Utara Medan, 2020, Hlm. 35-64.

Nur Lailatulqadri (2019). Peran Guru Dalam Membina Etika Berpakaian Siswi Di MTS Al- Madaniyah Jempong Mataram Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, UIN Mataram, Hlm. 91.

Oemar hamalik (2017). Proses belajar mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara. Hlm.123. Rahmadania, Sitika, D. (2021). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga dan Masyarakat

Program Sarjana Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Singaperbangsa Karawang. Edumaspul, 5(2), 221–226. Rosdakarya, 78.

Siti Romdlonatuzzulaichoh (2014). Pembinaan Etika Berpakain Islami Bagi Siswa Muslim di SMA N 1 Sleman. Skripsi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014,Hlm 91.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi: Mixed Methods. Bandung: CV. Alfabeta. Thawilah, A. A. (2007). Panduan Berbusana Islami : Berpenampilan sesuai tuntunan Al-Qur’an

Dan As-Sunnah. Jakarta: Almahira.

Yongki Syaputra (2017). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Islami Siswa Di SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Skripsi, UIN Raden Fattah Palembang, Hlm. 92.

Yulistiya Purwaningsih (2020). Optimalisasi Program Pembiasaan Berbahasa Asing di Pondok Pesantren Modern Darunnajat Bumiayu Brebes. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Purwokerto.

Downloads

Published

2024-03-03

How to Cite

Maulana, N. R., & Dartim, D. (2024). Peran Guru PAI dalam Pembinaan Etika Berpakaian Islami Siswa MTs Muhammadiyah Blimbing. Journal of Education Research, 5(1), 660–664. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.852

Issue

Section

Articles

Citation Check