Kesulitan Guru Menerapkan Pembelajaran Literasi Matematika di Madrasah Ibtidaiyyah Kota Medan
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.849Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki kesulitan guru dalam menerapkan pembelajaran literasi matematika. Data penelitian diperoleh dari dua puluh tujuh guru di Madrasah Ibtidaiyyah di kota Medan. Menggunakan kuesioner terbuka dan wawancara, data persepsi guru tentang kesulitan yang dihadapi dalam menerapkan pembelajaran literasi matematika. Data dianalisis dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif deskriptif melalui tahap: pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil menunjukkan bahwa pengetahuan guru tentang literasi matematika sangat baik, tetapi guru kesulitan dalam menerapkan pembelajara literasi matematika. Ada empat aspek, yaitu: aspek penyusunan pembelajaran model literasi matematika, sarana dan prasaran belajar literasi matematika, perbedaan pengalaman siswa atau perbedaan konteks, dan evaluasi literasi matematika. Implikasinya, guru Madrasah Ibtidayyah membutuhkan kegiatan pendampingan yang fokus dalam menerapkan pembelajaran literasi matematika di Madrasah Ibtidayyah, sehingga membantu guru untuk merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran literasi matematika disekolah. Sehingga siswa di Madrasah Ibtidayyah mendapatkan pembelajaran sesuai dengan kompetensi literasi matematika yang diharapakan dalam pembelajaran matematika Nasional.
Downloads
References
Ahmed, M. (2020). A Case Study on the Development of Adult Language, Literacy and Numeracy Skills. EAI Endorsed Transactions on E-Learning,, 6(19). doi:https://doi.org/10.4108/eai.30-10-2018.159602
Anagün, S. (2018). Teachers’ perceptions about the relationship between 21st century skills and managing constructivist learning environments. International Journal of Instruction, 11(4).
Arif, M. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Mapel Sains melalui Pendekatan Keterampilan Proses Sains SD/MI. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1).
Arini, T. (2020). Analysis of Students’ Critical Thinking Skills in Physics Problems. Physics Educational Journal, 3(1), 479 - 485.
Cahyaningsih, I., & Murdiyani, N. M. (2022). Analisis kemampuan literasi matematika siswa SMK jurusan seni budaya. Jurnal Pedagogi Matematika, 8(2), 69-82.
Catalano, M. T. (2014). A Sampling of Popular Books for Numeracy Readers. Numeracy, 7(1), 89-119. doi:http://dx.doi.org/10.5038/1936-4660.7.1.7
Efriani, A., Putri, R. I., & Hapizah, &. (2019). Sailing context in pisalike mathematics problems. Journal on Mathematics Education, 10(2), 265–276.
Fatimah, A. T., Isyanto, A. Y., & Erlin, E. (2023). Esensi Literasi Matematis: Pengalaman Guru Matematika SMK Agribisnis. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 8(2), 223 - 232.
Febrina, F., Hajidin, & Mahmud. (2016). Kompetensi Guru Dalam Perencanaan Pembelajaran Di SDN2 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Prodi PGSD FKIP Unsyiah, 4(1), 40 - 50.
Hadiyanti, N. F., Hobri, Prihandoko, A. C., Susanto, Murtikusuma, R. P., Khasanah, N., & Maharani, P. (2021). Development of mathematics e-module with STEM-collaborative project based learning to improve mathematical literacy ability of vocational high school students., 1839 (1). doi:https://doi.org/10.1088/1742-6596/1839/1/012031
Istikhoirini, E., & Fitri, A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Tipe Hots Kelas Xi Smk Muhammadiyah Kajen. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 3, pp. 73 - 86.
Jufriadi, A., Huda, C., Aji, S. D., Pratiwi, H. Y., & Ayu, D. H. (2022). Analisis Keterampilan Abad 21 melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(1), 39-53.
Maghfiroh, Y., & Hardini, A. T. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 272 - 281.
Mahdiansyah, & Rahmawati. (2014). LITERASI MATEMATIKA SISWA PENDIDIKAN MENENGAH: Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional dengan Konteks Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(4), 452 - 469.
Mansur, N. (2018). Melatih Literasi Matematika Siswa Dengan Soal PISA. Prisma: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 140 - 144.
Mawardi. (2019). Optimalisasi Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 20(1), 69 - 82.
Meaney, T. (2007). Weighing up the influence of context on judgements of mathematical literacy. International Journal of Science and Mathematics Education, 43(3).
Munfarikhatin, A., Natsir, I., & Pagiling, S. L. (2022). Persoalan Literasi Matematika PISA Menggunakan Konteks PON Papua XX. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2071-2084.
Munir, M., Asikin, M., & Junaedi, I. (2019). Kemampuan Literasi Matematika Pada Pembelajaran Problem Based Learning Kelas X SMK. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS). 1, pp. 380 -385. Universitas Negeri Semarang. Retrieved from https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/311
Ningsih, R. P., Darmiany, & Rosyidah, A. N. (2023). Analisis Kesulitan Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Literasi Sesuai Level Kemampuan Siswa di SDN Setiling Tahun Ajaran 2022/2023. Renjana Pendidikan Dasar, 3(2), 97 - 103.
Nuraini, & Abidin, Z. (2020). Kesulitan guru dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik terintegratif di sekolah dasar. Premier Educandum Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 10(1), 49 - 62.
Nurkamilah, M., Nugraha, M. F., & Sunendar, A. (2018). Mengembangkan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia. Jurnal Theorems: The Original (The Original Research of Mathematics), 2(2), 70 -79. doi:http://dx.doi.org/10.31949/th.v2i2
OECD. (2021). PISA 2021 Mathematics Framework (Draft). Retrieved from https://www.oecd.org/pisa/sitedocument/PISA-2021-mathematics-framework.pdf
Permatasari, R., Ilma, R., & Putri, I. (2019). Pisa-Like : Football Context In Asian Games. 9(1), 271–280.
Rahmadiah, A., & Handican, R. (2023). Bagaimana Evaluasi yangEfektif Dalam Pembelajaran Matematika: Tinjauan Persepsi Guru Matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(2), 357 - 371.
Rahmayanti, L., Antosa, Z., & Jaya, A. M. (2020). Analysis of Teachers' Difficulty in Applying Learning With The Saintific Approach. PRIMARY: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 72 - 80.
Rizki, L. M., & Priatna, N. (2019). Mathematical Literacy As The 21st Century Skill. Journal of Physics: Conference Series, 1157(4). Retrieved from https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1157/4/042088
Sari, F. K., Rakimahwati, R., & Fitria, Y. (. (2019). Hubungan Minat dengan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Matematika Kelas VI SDN 25 Jati Tanah Tinggi. Journal of Elementary Education,, 3(2).
Stevenson, K. T., Carrier, S. J., & Peterson, M. N. (2014). Evaluating Strategies for Inclusion of Environmental Literacy in Elementary School Classroom. Elctronic Journal of Science Education, 18(8), 1 -1 7. doi:https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1188301.pdf
Sugianto, R., Hasanah, N., & Syaifuddin, M. (2023). Persepsi Guru Matematika terhadap Literasi Numerasi dan Pengaruhnya pada Pembelajaran di SMA. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 8(1), 50-62.
Supriadi, M. (2014). Analisis Sistem Penilaian Kelas Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. EL-HIKAM: Jurnal Pendidikan dan Kajian Keislaman, 7(1), 49 - 66.
Zainal, A. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan, 2, pp. 1-17.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Delyanti Azzumarito Pulungan, Mila Yulia Herosian, Irham Habibi Harahap

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).