Peningkatan Kemampuan Teamwork dan Berpikir Kritis Siswa dengan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Praktik Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.848Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan teamwork dan berpikir kritis siswa dengan penerapan model pembelajaran problem based learning pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah empat Boyolali. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data observasi dan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan teknik bisnis sepeda motor sejumlah tiga puluh lima siswa. Hasil observasi pengamatan terhadap kemampuan teamwork siswa dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Hal ini membuktikan bahwa kemampuan bepikir kritis siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Hasil peningkatan tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh peningkatan kemampuan teamwork dan berpikir kritis siswa dengan diterapkannya model pembelajaran PBL dan membuat siswa menjadi lebih aktif saat pembelajaran serta pembelajaran berjalan secara efektif.
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Asyhar, B. (2023). Kajian analisis model pembelajaran inkuiri–infusi untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 6(1), 1-20.
Ayuningrum, D., & Susilowati, S. M. E. (2015). Pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada materi protista. Journal of Biology Education, 4(2), 124-133.
Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39-46.
Ihsan, N., Apriyanto, N., & Suwignyo, J. (2019). Peningkatan praktikum pemeliharaan mesin kendaraan ringan melalui model problem based learning di SMK Yasiha Gubug. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, 1(2), 25.
Isa, M. (2017). Pengaruh model problem based learning (pbl) terhadap hasil belajar ekonomi kelas x MAN 1 Kabupaten Tebo. (Artikel Ilmiah) Diakses dari https://repository.unja.ac.id/1231/1/ARTIKEL%20ILMIAH.pdf
Julhidayat, M., & Abdul, S. M. (2022). Penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl) dalam meningkatkan hasil belajar ipa siswa kelas iv Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi, 3(1), 11-17.
Lestari, N. A. P., Kurniawati, K. L., Dewi, M. S. A., Hita, P. A. D., Astuti, N. M. I. P., & Fatmawan, A. R. (2023). Model-model pembelajaran untuk kurikulum merdeka di era society 5.0 (1 ed.). Bali: Nilacakra.
Luthfy, A., Kasrina, & Irawati, S. (2018). Peningkatan sikap ilmiah dan hasil belajar siswa dengan model problem based learning. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 58-67.
Malik, S. A. (2023). Implementasi pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran pemeliharaan mesin kendaraan ringan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa kelas xii SMKN 1 WEWEWA BARAT tahun pelajaran 2022/2023 dalam melakukan overhoul mekanisme mesin. Journal of Innovation Research and Knowledge, 3(2), 117-134.
Manullang, M. (2014). Manajemen pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 21(2), 208-214.
Marselina, N., Agapitus, K., & Henny, M. (2023). Peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui penerapan model problem based learning pada pembelajaran IPA kelas viii. Journal of Education Research, 4(4), 2072-2080.
Mubarok, M. Z., Abdillah, F., & Ariwibowo, B. (2021). Pengunaan model pembelajaran problem based learning pada pelajaran dasar otomotif kompetensi dasar menerapkan dan menggunakan alat ukur mekanik serta fungsinya untuk kelas X TBSM SMK N 7 Kendal. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, 3(2), 54-62.
Naoviansah, A. (2020). Objek Assesment, Pengetahuan, Sikap, Dan Keterampilan. Jurnal Studi Islam, 1(2), 136-149.
Octavia, S. A. (2020). Model-model Pembelajaran (1 ed.). Yogyakarta: Deepublish.
Rahman, T. (2018). Aplikasi Model-model Pembelajaran dalam Penelitian Tindakan Kelas (1 ed.). Semarang: CV. Pilar Nusantara.
Reinsini, C. E., Susila, I. W., & Cholik, M. (2021). Application of problem-based learning to enhance students learning outcomes in basic competencies of maintaining brake systems. International Journal for Educational and Vocational Studies, 3(2), 139-145.
Rosnaeni. (2021). Karakteristik dan asesmen pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5), 4334-4339.
Sasti, K. (2018). Penggunaan media komik berbahasa inggris sebagai upaya meningkatkan kemampuan membaca pemahaman Bahasa Inggris pada siswa kelas viii SMPN 3 Teluk Kuantan. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengejaran), 2(6), 883-890.
Shofiyati, Sumiyati, & Ismiyatussulha, N. (2022). Strategi guru dalam menerapkan model pembelajaran problem based learning di raudhatul athfal al-fath. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1-16.
Wendi, S., & Martias, M. (2021). Upaya peningkatan hasil belajar pemeliharaan mesin kendaraan ringan dengan model pembelajaran problem based learning (PBL). MSI Transaction on Education, 2(4), 183-192.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Arif Nur Rohmad

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).