Kantin Boga sebagai Wujud Praktis Penerapan Edupreneurship Konsentrasi Keahlian Kuliner
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.847Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis hasil penerapan edupreneurship di jurusan kuliner SMK Muhammadiyah 04 Boyolali dalam mempersiapkan lulusan yang siap berwirausaha. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII jurusan kuliner dan guru jurusan kuliner. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini bahwa jurusan kuliner di SMK Muhammadiyah 04 Boyolali menerapkan pembelajaran teaching factory dalam konteks edupreneruship dengan wujud kantin boga. Proses penerapannya dari manajemen kantin, proses produksi kantin, penjualan dan laporan keuangan di kelola oleh siswa jurusan kuliner kelaas XII. Guru dalam pelaksanaan program pembelajaran ini hanya sebagai pelatih dan mengontrol keberjalanan proses. Pembelajaran teaching factory terbukti dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam memasak dan pelayanan penjualan para siswa. Pelaksanaan program model pembelajaran ini terbukti juga dapat menumbuhkan jiwa entrepreneur dan memupuk minat siswa jurusan kuliner untuk membaca peluang usaha yang ada pada bidang kuliner.
Downloads
References
Ade, E. D. M. C. S., & Gultom, C. (2019). Hubungan praktek pengolahan usaha jasa boga dengan minat membuka usaha boga SMK Pencawan Medan. Garnish (Jurnal Pendidikan Tata Boga), 3(2), 65-73.
Afifandasari, T., & Subiyantoro, S. (2022). Pengembangan jiwa edupreneurship melalui kepemimpinan yang demokratis di lembaga pendidikan. Jurnal Eduscience (JES), 9(1), 279-287.
Anggreani, D., Sudarmiatin, S., & Suharto, S. (2019). Unit Produksi dan Jasa sebagai Edupreneurship. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(7), 944-950.
Audrey, A. W., Murfiyana, Y. A., Muzaki, A., & Anjarsari, R. (2023). Peran guru bimbingan dan konseling dalam mendukung karir siswa SMK N 3 Metro melalui program BMW. Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum, 1(4), 225-233.
Barus, D. R. (2019). Model–Model Pembelajaran Yang Disarankan Untuk Tingkat Smk Dalam Menghadapi Abad 21.
BPS. (2023). Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2023. Retrieved from
Briyanda, D., Nurjanah, N., & Setiawati, T. (2023). E-Modul berbasis STEM mata pelajaran boga dasar untuk siswa SMK jasa boga kelas X: STEM-Based E-modul Basic culinary for class x culinary art Vocational High School students. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 18(1), 19-27.
Handayani, K. S., Mundilarno, M., & Mariah, S. (2018). Implementasi manajemen teaching factory di prodi kriya kulit smkn 1 kalasan. Jurnal Media Manajemen Pendidikan, 1(1), 122-136.
Ibda, H. (2018). Teacherpreneurship: Konsep dan Aplikasi (1 ed.). Semarang: CV. Pilar Nusantara.
Irawan, A., Setiawati, T., & Andiana, A. (2023). Optimalisasi soft skill pada lembaga pendidikan di era 4.0. Journal of Comprehensive Science, 2(4), 2962-4584.
korankaltara.com. (2022). Kenapa Pengangguran Justru Didominasi Lulusan SMK?
Lasmi, A., & Nawawi, Z. M. (2023). Praksis Pembelajaran Kewirausahaan pada Unit Produksi Jasa Boga. ManBiz: Journal of Management and Business, 2(2), 138-145.
Nur, R. R., & Subiyantoro, S. (2022). Prinsip Edupreneurship Menurut Perspektif Islam. Jurnal Eduscience, 9(2), 493-504.
Putri, Y. E., Nuraina, E., & Styaningrum, F. (2019). Peningkatan kualitas hard skill dan soft skill melalui pengembangan program teaching factory (tefa) di SMK Model PGRI 1 Mejayan. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 7(2), 26-33.
Riyanto, E. (2019). Manajemen Edupreneurship dalam Pembentukan Karakter Kewirausahaan Siswa di SMK Ma’arif NU Bobotsari Kabupaten Purbalingga. IAIN Purwokerto.
Sani, R. A. (2020). Teaching Factory: Ridwan Abdullah Sani.
Sarosa, S. (2021). Analisis data penelitian kualitatif: Pt Kanisius.
Thayyibi, M. I., & Subiyantoro, S. (2022). KONSEP EDUPREUNEURSHIP DAN URGENSINYA BAGI LULUSAN PERGURUAN TINGGI. Jurnal Eduscience, 9(1), 77-91.
Trihastuti, A. U. (2022). Membuka wirausaha melalui program pelatihan tata boga kue dan roti (studi pada lembaga kursus dan pelatihan tata boga gemilang di kota tasikmalaya). Universitas Siliwangi.
Utama, A. S., Dewi, S., Wijoyo, H., Haudi, Anggraini, N., & Sapiun, Z. (2021). Edupreneurship. Solok, Sumatera Barat: Insan Cendikia Mandiri.
Widayati, E., Yunaz, H., Rambe, T., Siregar, B. W., Fauzi, A., & Romli. (2019). Pengembangan kewirausahaan dengan menciptakan wirausaha baru dan mandiri. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi, 6(2), 2356-3966.
Widiyarini, W. (2018). Meningkatkan semangat kewirausahaan melalui pelatihan jasa laundry. Sosio e-kons, 10(3), 199-206.
Wulandari, R. T., Jazuli, M., Cahyono, A., & Hidajat, R. (2023). Penguatan Tata Kelola Unit Aktivitas Mahasiswa Berbasis Edupreneurship Sebagai Upaya Mewujudkan Mahasiswa Unggul dan Berdaya Saing Global. Paper presented at the Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Suprap Suprap, Arif Nur Rohmad , Hariyanto Hariyanto , Ali Nur Faizin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).