Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Peningkatan Motivasi dan Kemandirian Belajar Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas IXdi SMP Negeri 3 Margasari Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2022/2023

Authors

  • Dzurrotun Nafisah Program Studi Magister Pedagogi, Program Pascasarjana Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.846

Keywords:

Model Contextual Teaching And Learning, Motivasi, Kemandirian Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada pada  peserta didik SMP Kelas IX  di SMP Negeri 3 Margasari Kabupaten Tegal dimana kurangnya motivasi dan kemandirian dalam belajar seperti, rasa percaya diri, disiplin, inisiatif, dan tanggung jawab akademik dalam belajar Bahasa Inggris.. Peneliti memilih judul” Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Peningkatan Motivasi dan Kemandirian Belajar Bahasa Inggris  Peserta Didik Kelas IXdi  SMP Negeri 3 Margasari Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2022/2023. Tujuan penelitian adalah Mengetahui besarnya pengaruh model CTL (Contextual Teaching and Learning ) terhadap Motivasi dan kemandirian dalam belajar Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berjenis ganda untuk mengetahui apakah ada pengaruh. Model Contextual Teaching Learning Terhadap Peningkatan Motivasi dan Kemandirian Belajar Bahasa Inggris . Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif untuk menghitung besarnya pengaruh variabel independent terhadap dua variabel dependen. Setelah dilakukan beberapa uji seperti uji normalitas, Uji Heteroskedestisitas, Uji Linearitas ,uji korelasi,uji T ,uji Anova melalui Hasil perhitungan yang dilakukan dengan bantuan SPSS 25 menunjukkan hasil  bahwa H1 diterima atau dengan kata lain CTL (X) berpengaruh terhadap Motivasi Belajar (Y1) peserta didik SMP Negeri 3 Margasari Kabupaten Tegal dan CTL (X) berpengaruh terhadap Kemandirian (Y2) peserta didik SMP Negeri 3 Margasari Kabupaten Tegal . Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain, CTL berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap Motivasi dan Kemandirian belajar peserta didik SMP Negeri 3 Margasari Kabupaten Tegal . Merujuk pada hasil penelitian dan pembahasan  maka dapat dismpulkan bahwa Model Contextual Teaching and Learning berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar  peserta didik SMP Negeri 3 Margasari Kabupaten Tegal ,Model Contextual Teaching and Learning berpengaruh secara signifikan terhadap Kemandirian  belajar  peserta didik SMP Negeri 3 Margasari Kabupaten Tegal dan Model Contextual Teaching and Learning berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar  dan kemandirian belajar peserta didik SMP Negeri 3 Margasari Kabupaten Tegal

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah (2016). Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 84: 36–39. Menanamkan Nilai Karakter melalui Model Peran Permainan dalam Sejarah Pembelajaran

Afandi, Chamalah, dan Puspita (2013). Model Pembelajaran dan Metode Di Azes Yudha (2019). Pengaruh Model Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual (Ctl) Berbasis Scaffolding Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Kota Bengkulu Basri, H. 2017. JPMR 4 (1) School. Semarang: Unissula Press. Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 032 Kualu Kecamatan Tambang, Digunakan Model Pembelajaran Role Playing. Jurnal Pendidikan, Vol. 1, No. 1, 39–53.

Agus Suprijono menulis buku berjudul Teori & Aplikasi Pembelajaran Bersama Paikem di Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ahmad Tanzeh, tahun 2009. Perkenalan ke Metode Penelitian Published in Yogyakarta by Teras Trianto in 2010. Menyusun Model Pembelajaran Tematik. Pretasi Belajar Undang-undang SISDIKNAS di Surabaya (UU RI No. 20 Th. 2003).Catatan Keempat, halaman 3, Uno, H. 2011. Teori dan Pengukuran Motivasi Tahun 2009 diterbitkan oleh PT Bumi Aksara di Jakarta dan PT Remaja Rosdaka di Bandung, yang ditulis oleh Yusuf Syamsu. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah, diterbitkan oleh Rizqi Press di Bandung pada tahun 2005. Bimbingan dan Konseling di Sekolah Yogyakarta: Media Abadi, 2008. Rochmat Budi, Motivasi Pembelajaran Bahasa Inggris: Studi Kasus.

AM Sardiman, 2020 Interaksi dan Motivasi Pengajar Published in Jakarta by Raja Grafindo Persada, pages 21-59.

https://www.blogpendidikan.net/2021/07/8-teknik-pembelajaran-beserta-kelebihan.html?m=0 (definisi metode pemberian tugas)

Buku Psikologi Pengajaran oleh Winkel diterbitkan pada tahun 2005 oleh PT Gramedia Pustaka Utama di Jakarta.

Depdiknas, 2007.Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka

Dharma, 2010. CTL: Sebuah Panduan Awal dalam Pengembangan PBM. Yogyakarta: Rahayasa Komalasari. 2010: Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama. 2009: Suprijono, Agus. Buku Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM ditulis oleh Nana Syaodih di Yogyakarta oleh Pustaka Pelajar Sukmadinata pada tahun 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan, diterbitkan oleh PT Remaja Rosdakarya di Bandung.

Dimyati dan Mudjiono. 2006,Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT

Dukeshire dan Thurlow (2002). A guide for graduate students and practitioners: policy research Sage Publications, Thousand Oaks, CA, 2013. Design penelitian: pendekatan kuantitatif, kuantitatif, dan pendekatan campuran (4th edition). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Mulyasa. 2005. Becoming a Professional Teacher. Hakim, Abdul, "PT. Remaja Rosda Karya Hakim", ditulis pada tahun 2016. I-Statement Journal Efektivitas Penggunaan E-Learning: Moodle, Google Classroom, dan Edmodo, Vol.02 No.1, h.2.

Hamalik, O. (2011) mendefinisikan proses pengajaran. Konsep Strategi Pembelajaran, Hanafiah, Nanang, dan Suhana, Cucu, 2009, Jakarta: Bumi Aksara.Jakarta: Rafika Aditama

Hamzah Uno, Teori Motivasi dan Pengukurannya, Bumi Aksara, 2011.

Hasil PTK Dewi Nugraheni dari SMA Negeri 1 Kediri: Upaya meningkatkan kemampuan perencanaan karier siswa melalui layanan klasik teknik Flipped Classroom pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Kediri Tahun Pelajaran 2020

Hayati, S. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berkolaborasi. Sumber: Graha Cendekia,Magelang: https://ridwan202.wordpress.com/2015/05/16/kemandirian-belajar/International Journal of Control and Automation Vol. 13, No.1, (2020), hlm. 365–383 Istarani, 2014. 58. Model Pembelajaran Baru Guru Profesional, Implementasi Kurikulum KTSP, Medan: Media Persada Kunandar, 2007; Kesuma,

Jamaludin dan Ahdar. Dalam tahun 2019, Pembelajaran dan Belajar Empat Pilar untuk Meningkatkan Kemampuan PedagogikPare-Pare: Echols dari Kaafah Learning Center, John M. dan Shadily, 1997. Kamus Inggris Indonesia, terbitan PT Gramedia di Jakarta,

Riyanto, 2008. Pendidikan Orang Dewasa: Ide dan Penggunaan. Malang: Rineka Cipta, halaman 16–18.

Sardiman, A.M., tahun 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, diterbitkan oleh PT Raja Grafindo di Jakarta.Jurnal Ilmiah Didaktika, Vol. 18, No. 1, Agustus 2017, hlm. 83–102.

Sha'adah, Z., Hobri, dan Setiawan, B. T. (2013). Untuk Mengurangi Kesalahan Siswa Saat Menyelesaikan Soal, Metode Bermain Peran digunakan. Kadikma, 4(2), hlm. 27-38.

Siswano, tahun 2011.Studi tentang Pendidikan Matematika Supranto, Surabaya: Unesa University Press, 2007.Metode Pengambilan Sampel untuk Survei dan EksperimenRineka Cipta, Jakarta.

Slameto. Belajar dan komponen yang mempengaruhinya Tempat di Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sugiarti dan SR Pudjiastuti (2020) “Penerapan Metode Role Playing dalam Meningkatkan Kemandirian dan Perilaku Demokratis Siswa SMAN 6 Kota Karawang”, , Sintesa: Jurnal Ilmu Pendidikan 15(2).

Suharsimi Arikunto, 2010. Metode Penelitian Dengan Pendekatan Praktik Indonesia: Rineke Cipta

Suhendri, H. Pengaruh kecerdasan matematis-logis, rasa percaya diri, dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika Dalam Volume 10 dari Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta.

Sumber:https://blog.igi.or.id/fungsi-tujuan-dan-langkah-metode-pemberian-tugas.html, https://vokasi.ums.ac.id/potensi-diri-pengertian-jenis-contohnya/, dan Potensi Diri

Tarigan, A. Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas III SDN 013 Lubuk Kembang Sari Kecematan Ukui, Digunakan Model Pembelajaran Role Playing. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 5 (3): 102–112.

Vygotsky, Leo Semenovich, 1978, Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes, Harvard University Press, hlm. 86-91.

Downloads

Published

2024-02-04

How to Cite

Nafisah, D. (2024). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Peningkatan Motivasi dan Kemandirian Belajar Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas IXdi SMP Negeri 3 Margasari Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2022/2023. Journal of Education Research, 5(1), 438–444. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.846

Issue

Section

Articles

Citation Check