Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Peningkatan Motivasi dan Kemandirian Belajar Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas IXdi SMP Negeri 3 Margasari Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.846Keywords:
Model Contextual Teaching And Learning, Motivasi, Kemandirian BelajarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada pada peserta didik SMP Kelas IX di SMP Negeri tiga Margasari Kabupaten Tegal dimana kurangnya motivasi dan kemandirian dalam belajar seperti, rasa percaya diri, disiplin, inisiatif, dan tanggung jawab akademik dalam belajar Bahasa Inggris. Peneliti memilih judul Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Peningkatan Motivasi dan Kemandirian Belajar Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas IX di SMP Negeri tiga Margasari Kabupaten Tegal Tahun Ajaran dua ribu dua puluh dua dan dua ribu dua puluh tiga. Tujuan penelitian adalah Mengetahui besarnya pengaruh model CTL atau Contextual Teaching and Learning terhadap Motivasi dan kemandirian dalam belajar Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berjenis ganda untuk mengetahui apakah ada pengaruh. Model Contextual Teaching Learning Terhadap Peningkatan Motivasi dan Kemandirian Belajar Bahasa Inggris . Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif untuk menghitung besarnya pengaruh variabel independent terhadap dua variabel dependen. Setelah dilakukan beberapa uji seperti uji normalitas, Uji Heteroskedestisitas, Uji Linearitas ,uji korelasi,uji T ,uji Anova melalui Hasil perhitungan yang dilakukan berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap Motivasi dan Kemandirian belajar peserta didik SMP Negeri tiga Margasari Kabupaten Tegal . Merujuk pada hasil penelitian dan pembahasan maka dapat dismpulkan bahwa Model Contextual Teaching and Learning berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik SMP Negeri tiga Margasari Kabupaten Tegal ,Model Contextual Teaching and Learning berpengaruh secara signifikan terhadap Kemandirian belajar peserta didik SMP Negeri tiga Margasari Kabupaten Tegal dan Model Contextual Teaching and Learning berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar dan kemandirian belajar peserta didik SMP Negeri tiga Margasari Kabupaten Tegal
Downloads
References
Abdullah (2016). Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 84: 36–39. Menanamkan Nilai Karakter melalui Model Peran Permainan dalam Sejarah Pembelajaran
Afandi, Chamalah, dan Puspita (2013). Model Pembelajaran dan Metode Di Azes Yudha (2019). Pengaruh Model Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual (Ctl) Berbasis Scaffolding Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Kota Bengkulu Basri, H. 2017. JPMR 4 (1) School. Semarang: Unissula Press. Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 032 Kualu Kecamatan Tambang, Digunakan Model Pembelajaran Role Playing. Jurnal Pendidikan, Vol. 1, No. 1, 39–53.
Agus Suprijono menulis buku berjudul Teori & Aplikasi Pembelajaran Bersama Paikem di Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ahmad Tanzeh, tahun 2009. Perkenalan ke Metode Penelitian Published in Yogyakarta by Teras Trianto in 2010. Menyusun Model Pembelajaran Tematik. Pretasi Belajar Undang-undang SISDIKNAS di Surabaya (UU RI No. 20 Th. 2003).Catatan Keempat, halaman 3, Uno, H. 2011. Teori dan Pengukuran Motivasi Tahun 2009 diterbitkan oleh PT Bumi Aksara di Jakarta dan PT Remaja Rosdaka di Bandung, yang ditulis oleh Yusuf Syamsu. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah, diterbitkan oleh Rizqi Press di Bandung pada tahun 2005. Bimbingan dan Konseling di Sekolah Yogyakarta: Media Abadi, 2008. Rochmat Budi, Motivasi Pembelajaran Bahasa Inggris: Studi Kasus.
AM Sardiman, 2020 Interaksi dan Motivasi Pengajar Published in Jakarta by Raja Grafindo Persada, pages 21-59.
https://www.blogpendidikan.net/2021/07/8-teknik-pembelajaran-beserta-kelebihan.html?m=0 (definisi metode pemberian tugas)
Buku Psikologi Pengajaran oleh Winkel diterbitkan pada tahun 2005 oleh PT Gramedia Pustaka Utama di Jakarta.
Depdiknas, 2007.Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka
Dharma, 2010. CTL: Sebuah Panduan Awal dalam Pengembangan PBM. Yogyakarta: Rahayasa Komalasari. 2010: Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama. 2009: Suprijono, Agus. Buku Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM ditulis oleh Nana Syaodih di Yogyakarta oleh Pustaka Pelajar Sukmadinata pada tahun 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan, diterbitkan oleh PT Remaja Rosdakarya di Bandung.
Dimyati dan Mudjiono. 2006,Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT
Dukeshire dan Thurlow (2002). A guide for graduate students and practitioners: policy research Sage Publications, Thousand Oaks, CA, 2013. Design penelitian: pendekatan kuantitatif, kuantitatif, dan pendekatan campuran (4th edition). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Mulyasa. 2005. Becoming a Professional Teacher. Hakim, Abdul, "PT. Remaja Rosda Karya Hakim", ditulis pada tahun 2016. I-Statement Journal Efektivitas Penggunaan E-Learning: Moodle, Google Classroom, dan Edmodo, Vol.02 No.1, h.2.
Hamalik, O. (2011) mendefinisikan proses pengajaran. Konsep Strategi Pembelajaran, Hanafiah, Nanang, dan Suhana, Cucu, 2009, Jakarta: Bumi Aksara.Jakarta: Rafika Aditama
Hamzah Uno, Teori Motivasi dan Pengukurannya, Bumi Aksara, 2011.
Hasil PTK Dewi Nugraheni dari SMA Negeri 1 Kediri: Upaya meningkatkan kemampuan perencanaan karier siswa melalui layanan klasik teknik Flipped Classroom pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Kediri Tahun Pelajaran 2020
Hayati, S. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berkolaborasi. Sumber: Graha Cendekia,Magelang: https://ridwan202.wordpress.com/2015/05/16/kemandirian-belajar/International Journal of Control and Automation Vol. 13, No.1, (2020), hlm. 365–383 Istarani, 2014. 58. Model Pembelajaran Baru Guru Profesional, Implementasi Kurikulum KTSP, Medan: Media Persada Kunandar, 2007; Kesuma,
Jamaludin dan Ahdar. Dalam tahun 2019, Pembelajaran dan Belajar Empat Pilar untuk Meningkatkan Kemampuan PedagogikPare-Pare: Echols dari Kaafah Learning Center, John M. dan Shadily, 1997. Kamus Inggris Indonesia, terbitan PT Gramedia di Jakarta,
Riyanto, 2008. Pendidikan Orang Dewasa: Ide dan Penggunaan. Malang: Rineka Cipta, halaman 16–18.
Sardiman, A.M., tahun 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, diterbitkan oleh PT Raja Grafindo di Jakarta.Jurnal Ilmiah Didaktika, Vol. 18, No. 1, Agustus 2017, hlm. 83–102.
Sha'adah, Z., Hobri, dan Setiawan, B. T. (2013). Untuk Mengurangi Kesalahan Siswa Saat Menyelesaikan Soal, Metode Bermain Peran digunakan. Kadikma, 4(2), hlm. 27-38.
Siswano, tahun 2011.Studi tentang Pendidikan Matematika Supranto, Surabaya: Unesa University Press, 2007.Metode Pengambilan Sampel untuk Survei dan EksperimenRineka Cipta, Jakarta.
Slameto. Belajar dan komponen yang mempengaruhinya Tempat di Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sugiarti dan SR Pudjiastuti (2020) “Penerapan Metode Role Playing dalam Meningkatkan Kemandirian dan Perilaku Demokratis Siswa SMAN 6 Kota Karawang”, , Sintesa: Jurnal Ilmu Pendidikan 15(2).
Suharsimi Arikunto, 2010. Metode Penelitian Dengan Pendekatan Praktik Indonesia: Rineke Cipta
Suhendri, H. Pengaruh kecerdasan matematis-logis, rasa percaya diri, dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika Dalam Volume 10 dari Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta.
Sumber:https://blog.igi.or.id/fungsi-tujuan-dan-langkah-metode-pemberian-tugas.html, https://vokasi.ums.ac.id/potensi-diri-pengertian-jenis-contohnya/, dan Potensi Diri
Tarigan, A. Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas III SDN 013 Lubuk Kembang Sari Kecematan Ukui, Digunakan Model Pembelajaran Role Playing. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 5 (3): 102–112.
Vygotsky, Leo Semenovich, 1978, Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes, Harvard University Press, hlm. 86-91.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Dzurrotun Nafisah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).