Literasi Keuangan dari Drama Korea: Studi Netnografi Atas Konstruksi Nilai

Authors

  • Luky Patricia Widianingsih Akuntansi, Universitas Ciputra Surabaya, Indonesia
  • Cliff Kohardinata Akuntansi, Universitas Ciputra Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.844

Keywords:

literasi keuangan, drama korea, netnografi, konstruksi nilai, spiritual religius

Abstract

Gempuran gelombang Korea melalui sajian konten Dramanya berpotensi menghadirkan konstruksi nilai seperti terkait dengan literasi keuangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendalami bagaimana Drama Korea mengkonstruksikan literasi keuangan dan bisnis dari masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah netnografi, suatu studi etnografi berbasis internet dengan pengamatan atas realitas digital pada komunitas online. Analisis data dari dokumentasi tangkapan digital melalui tahapan proses kategorisasi tema dan proses iterasi interpretasi sehingga makna nilai yang terkandung dari realitas virtual tersebut dapat ditemukan. Hasil penelitian mengkonstruksikan bahwa literasi keuangan dipahami sebagai suatu koneksi integrasi dari pengetahuan, keterampilan dan keyakinan seseorang dalam keuangan yang secara sadar kemudian memberikan arah pada sikap dan perilaku mereka dalam mengambil keputusan dan mengelola keuangan dalam balutan kesadaran spiritual dan religius. Makna ini memberikan suatu perspektif yang beyond mengindikasikan bahwa tujuan pengelolaan keuangan tidak hanya demi mencapai suatu pemenuhan kebutuhan akan kesejahteraan materialistik saja, namun juga demi mencapai suatu pemenuhan kesadaran akan perannya sebagai makhluk ciptaan Tuhan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Costello, L & McDermott, M. L & Wallace, R. (2017). Netnography: Range of Practices, Misperceptions, and Missed Opportunities. International Journal of Qualitative Methods. 16. 160940691770064. 10.1177/1609406917700647.

Fauzi, M., Arzam, A., Novia, A., & Hulwati, H. (2022). Kesejahteraan Ekonomi Islam: Bukti Dari Masyarakat Penerima Manfaat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Karya Dermawan Dusun Dalam. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah. https://doi.org/10.21274/an.v9i2.5930.

HC, Heru. K. (2022). Adoption of Islamic Banking in Financial Satisfaction: Study on Bank Syariah Indonesia Yogyakarta Region. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Airlangga. https://doi.org/10.20473/jraba.v7i2.37205.

Heinonen, K., & Medberg, G. (2018). Netnography as a tool for understanding customers: implications for service research and practice. Journal of Services Marketing, 32(6), 657-679. https://doi.org/10.1108/JSM-08-2017-0294

Ihsan, D. (2021). Pakar Unair: 3 Penyebab Drama Korea Digemari Remaja Indonesia. Retrieved from: https://www.kompas.com/edu/read/2021/05/05/172334571/pakar-unair-3-penyebab-drama-korea-digemari-remaja-indonesia?page=all, Diakses tanggal 1 Mei 2021.

Jeacle, I. (2020). Navigating netnography: A guide for the accounting researcher. Financial Accountability and Management. March, 1– 14. https://doi.org/10.1111/faam.12237.

Khoiri, A. (2020). Alasan Drama Korea Makin Menggoda. Retrieved from: https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20200410222542-220-492499/alasan-drama-korea-makin-menggoda, Diakses tanggal 1 Mei 2021.

Kozinets, R. V. (2002a). The field behind the screen: Using netnography for marketing research in online communities. Journal of Marketing Research, 39, 61–72. https://doi.org/10.1509/jmkr.39.1.61.18935

Kozinets, R. V. (2015b). Netnography. Chichester, UK: John Wiley & Sons.

Logan, A. (2015). Netnography: Observing and Interacting with Celebrity in the Digital World, Celebrity Studies, 6(3), 378-81.

Luthfiani, R., & Sari, R. (2019). The Effect of Religiosity, the Level of Income, and the Level of Islamic Financial Literacy toward the Interest of Student to Become Customers in Sharia Financial Institution. Nominal: Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen. https://doi.org/10.21831/NOMINAL.V8I1.24503.

Maidani, Rinjani, & Rianto, M. (2023). The Influence of Financial Literacy, Financial Behavior, Religiosity and Risk on Financial Distress: Case of Millennial Generation During the Covid-19. East Asian Journal of Multidisciplinary Research. https://doi.org/10.55927/eajmr.v2i1.2595.

Medberg, G. & Heinonen, K. (2014), "Invisible value formation: a netnography in retail banking", International Journal of Bank Marketing, Vol. 32 No. 6, pp. 590-607. https://doi.org/10.1108/IJBM-03-2014-0041.

Morais, G. M., Santos, V. F., & Gonçalves, C. A. (2020). Netnography: Origins, Foundations, Evolution and Axiological and Methodological Developments and Trends. The Qualitative Report, 25(2), 441-455. Retrieved from https://nsuworks.nova.edu/tqr/vol25/iss2/10

Nadila, S. M., Rastati, R., Ratri, A. M., and Akmaliah, W. (2020). Survey Result: K-Drama Consumption Amidst COVID-19 Pandemic in Indonesia, Masyarakat dan Budaya, 11(16), Agustus 2020.

Nararya, A. (2019). Pasar Besar Budaya K-Pop di Indonesia. Retrieved from: https://today.line.me/id/v2/article/a35y2p, Diakses tanggal 1 Mei 2021.

Nursari, A., Atahau, A., & Sakti, I. (2022). Do the saving interest in Islamic banks affected by financial literacy and religiosity?. Jurnal Penelitian. https://doi.org/10.26905/jp.v19i1.8286.

OJK. (2020). Literasi Keuangan. Otoritas Jasa Keuangan. https://www.ojk.go.id/id/kanal/edukasidan-perlindungankonsumen/Pages/Literasi-Keuangan.aspx

Pahlevi, R.W. & Nashrullah, L. (2020). Pendidikan Keuangan Keluarga, Kesadaran Keuangan dan Tingkat Personal Finance. AFRE Accounting and Financial Review. 3(2): 172-179. https://doi.org/10.26905/afr.v3i2.5451

Prasetyowati, R., Yunus, D., Rodoni, A., & Amilin, A. (2021). The Influence of Demographics and Religiosity Factors on Islamic Financial Literacy, INFERENSI - Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 15 (1), 91-116. https://doi.org/10.18326/INFSL3.V15I1.91-116.

Sandlin, J. A. (2007). Netnography as a Consumer Education Research Tool, International Journal of Consumer Studies, 31(3), 288-294.

Satiti, N., & Sa’diyah, C. (2021). The Effect of Financial Literacy on Malang District Society’s Financial Behavior. Indonesian Management and Accounting Research. https://doi.org/10.25105/IMAR.V19I2.6294.

Seraj, A., Alzain, E., & Alshebami, A. (2022). The roles of financial literacy and overconfidence in investment decisions in Saudi Arabia. Frontiers in Psychology, 13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.1005075.

Tong, Rosemarie Putnam. (2006). Feminist Thought. Penerbit Jalasutra, Yogyakarta.

Utami, R., Ndriana, R., & Indriasari, I. (2021). Literasi Keuangan, Religiusitas dan Pengaruhnya terhadap Pengelolaan Keuangan Mahasiswa. Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan (JIMAT). https://doi.org/10.36694/JIMAT.V12I1.302.

Widianingsih, L. P., & Kohardinata, C. (2023). Is There God in Postmodern Accounting?. Journal of Education Research, 4(3), 1449-1456.

Widianingsih, L. P., Laturette, K., & Subandi, L. (2021). Menciptakan Nilai melalui Program Literasi Keuangan: Portofolio Keuangan Pribadi. Jurnal Abadimas Adi Buana, 4(2), 71-78.

Won So. (2020). Distribution of K-pop views on YouTube Worldwide as of June 2019, by country. Statista. Retrieved from: https://www.statista.com/statistics/1106704/south-korea-kpop-youtube-views-by-country, Diakses tanggal 1 Mei 2021.

Downloads

Published

2024-03-06

How to Cite

Widianingsih, L. P., & Kohardinata, C. (2024). Literasi Keuangan dari Drama Korea: Studi Netnografi Atas Konstruksi Nilai. Journal of Education Research, 5(1), 718–727. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.844

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)