Pengembangan Model Mendongeng Berbantuan Alat Peraga Pembelajaran untukmeningkatkan Konsentrasi Peserta Didik di RA Siti Khodijah Slawi
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.843Keywords:
Mendongeng, Alat Peraga, KonsentrasiAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah Mengetahui analisis kebutuhan media pembelajaran mendongeng berbantuan alat peraga untuk meningkatkan konsentrasi anak di RA Siti Khodijah Slawi, Mengetahui hasil dari ahli media dan ahli materi terhadap validitas desain media pembelajaran mendongeng berbantuan alat peraga untuk meningkatkan konsentrasi anak di RA Siti Khodijah Slawi, Mengetahui validitas konstrak dari siswa RA Siti Khodijah melalui evluasi pembelajaran media pembelajaran mendongeng berbantuan alat peraga untuk meningkatkan konsentrasi anak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development . Research and Development adalah suatu proses atau langkah-langkah untuk mengembangkan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang telah ada, yang dapat dipertanggungjawabkan. Langkah-langkah dalam penelitian ini mengikuti langkah-langkah penelitian model ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry. Karena keterbatasan waktu penelitian, maka alur penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini hanya pada tiga tahapan, yaitu Analysis atau analisis, Design atau desain, dan Development. Subyek penelitian ini adalah siswa yang berada RA Siti khadijah Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal. Sampel dalam penelitian ini menggunakan 80 responen. Kesimplan penelitian adalah Analisis kebutuhan media pembelajaran mendongeng berbantuan alat peraga terdiri dari dua aspek, antara lain: analisa kebutuhan guru dan analisa kebutuhan siswa, Hasil dari ahli media dan ahli materi terhadap validitas desain media pembelajaran mendongeng berbantuan alat peraga dari indikator materi dan media diantaranya desain media, yang terdiri dari aspek, desain, bentuk, ukuran, komposisi warna, bahan dan ketebalan. Dimensi mutu teknis dan dimensi pengguna, Dari rekapitulasi hasil belajar peserta didik yang terkumpul kemudian diolah menggunakan Rasch Model. Konstruksi validitas konstrak instrumen butir soal tanya jawab telah memenuhi analisis butir tes Dikomos pemodelan Rasch dengan menggunakan paket eRm berbasis program R adalah validitas isi , validitas substantif , dan validitas struktural Hasil uji coba produk pembelajaran mendongeng berbantuan alat peraga untuk meningkatkan konsentrasi anak di RA Siti Khodijah Slawi ketuntasan belajar siswa sebanyak sembilan belas siswa dan siswa yang belum tuntas sebanyak satu siswa
Downloads
References
Arifin. (2018). Metode Mendongeng Dalam Meningkatkan Perkembangan Kecerdasan Moral Anak Usia Pra Sekolah. Jakarta: PT. Damar Mulia Pustaka.
Arsyad. 2007. Memilih, Menyusun dan Menyajikan Cerita untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Tiga Wacana.
Aryati (2018). Pengaruh Kegiatan Bercerita Dengan Buku Cerita Islami Terhadap Perilaku Moral Anak. Jakarta: PT. Damar Mulia Pustaka.
Asfandiyar. 2017. Efektivitas Brain Gym Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Pada Anak. Jurnal Ilmiah Berkala Psikologi, (Online), 12 (1). http://journals. ums.ac.id/indes.php/indigenous&veb diakses pada 26 November 2023.
Dimyati. (2017). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.
Dimyati. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fadjryana. 2018. Meningkatkan Kemampuan Menyimak Melalui Metode Bercerita Pada Anak Kelompok A Di TK Siti Khodijah Pucuk Lamongan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, (Online) 5 (1). http://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo&veb diakses pada 26 September 2023.
Goldstein (2018). Story In Reducing Childhood Aggression Behavior. Jurrnal Publication. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication.
Irfandi, 2018. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Iskandar. 2016. Mengatasi Sulit Konsentrasi Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Kepelatihan, (Online) 5 (1): 55-70. http://journal.uny.ac.id/index.php/medikora/article/download/4691/4039 diakses pada 26 Nov 2023.
Jemima, 2023. Memilih, Menyusun Dan Menyajikan Cerita Untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Jendro (2018). Upaya Mengurangi Perilaku Agresif Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Media Wayang. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Mulyasa. (2018). Managemen PAUD. Bandung: Rosda Karya.
Mulyatiningsih. 2016. Metode Research: Penelitian Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara.
Muzayin. 2018. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Olivia. 2018. Menggagas Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Putra, 2019. Pintar Mengatasi Masalah Tumbuh Kembang Anak. Bandung: Elex Media Komputindo.
Robert. 2017. Child Development Sixth Edition, diterjemahkan oleh Meitasari Tjandrasa dan Muslichah Zarkasi. Tidak ada tahun. Jakarta: Erlangga.
Rohoni. 2018. Metode Bercerita Dengan Media Boneka Untuk Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini. Proceedings of The 3rd Annual Conference on Islamic Early Childhood Education, (Online), Vol. 3. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/alathfal diakses pada 6 September 2023.
Rueffendi. 2018. Strategi Mengatasi Kesulitan Konsentrasi Anak. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Schunk. (2017). Effectiveness of Narrative Therapy in Reducing Aggression and Stubborn Preschoolers. Electronic Journal of Biology, 12(2), 173–179.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Sumarno, 2018. Kebiasaan-Kebiasaan Khusus Pembuat Daya Ingat Anak Semakin Cemerlang. Yogyakarta: Laksana Stine, Jean, 2003. Mengoptimalkan Daya Pikir. Jakarta: Delepratasa Publishing.
Sunadi. 2018. Mengatasi Gangguan Konsentrasi. Jakarta: Puspa Swara.
Surya. 2019. Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Tafsir. 2016. Aktivitas Mengajar Anak TK/RA dan PAUD. Bandung: Artino Raya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Febby Cynthia Dewi, Burhan Eko Purwanto, Tri Mulyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).