Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Peningkatan Hasil dan Motivasi Belajar Pemahaman Bacaan Narrative Text Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 3

Authors

  • Endang Retno Sulistiowati Magister Pedagogik, Universitas Pancasakti, Indonesia
  • Taufiqulloh Taufiqulloh Magister Pedagogik, Universitas Pancasakti , Indonesia
  • Yoga Prihatin Magister Pedagogik, Universitas Pancasakti , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.840

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah  meningkatkan  hasil dan motivasi  belajar  pemahaman bacaan Narrative text  peserta didik kelas VIII di SMP Negeri3 Talang  dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Model pembelajaran yang  konvensional berdampak pada rendanya hasil belajar dan motivasi  peserta didik sehingga muncul upaya untuk meningkatkan hasil dan motivasi  peserta didikdenganmenerapkan model pembelajaran STAD. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 2023/2024 yang berjumlah 251.Dengan cluster random sampling ,sampel yang didapatkan  kelas VIIIA dan VIII C sebagai  kelas eksperimen dan kelas VIIID sebagai kelas kontrol. Data dianalisis menggunakan kuantitif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan Terdapat pengaruh yang signifikasi antara pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil dan motivasi belajar Bahasa Inggris di SMP Negeri 3 Talang. ) terdapat perbedaan yang signifikan motivasi peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dibandingkan dengan yang pembelajaran konvensional yang ditunjukkan nilai signifikasi  0,003 kurang dari 0,05, (2) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar peserta didik  yang menggunakan model  pembelajaran kooperatif  tipe STAD dibandingkan dengan pembelajaran konvensional yang ditunjukkan nilai signifikasi  0,024 kurang dari 0,05, dan (3) terdapat perbedaan yang signifikan hasil dan motivasi belajar peserta didik  yang menggunakan model  pembelajaran kooperatif  tipe STAD dibandingkan dengan pembelajaran konvensional yang ditunjukkan nilai signifikasi  0,000 kurang dari 0,05

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anik Pamilu, Mengembangkan Kreativitas dan Kecerdasan Anak, (Jakarta: Buku Kita, 2017), h. 59-62

Arikunto, Suharsimi, 2019, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Dahar, Ratna Wilis, 2019, Teori-teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Erlangga

Dimyati dan Mujiono, 2016, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta. Made

Erly, 2020, Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD): Dampaknya terhadap Motivasi Belajar Siswa. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.24042/ijsme.v3i1.5960.

Hamdu, G. dan L., 2019, "Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar", Jurnal Penelitian Pendidikan, Volume 12, Nomor 1, (hlm.81–86).

Hikmah, D., & Pranata, M. S. A, 2020, Peningkatan pemahaman siswa SMP pada teks narrative melalui strategi semantic mapping, Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1), 26–38.

Jihad, Asep dan Haris, Abdul,2010, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.8 https://ainamulyana.blogspot.com. Diakses pada tanggal 28 Maret 2023

Karmila, D. (2021). Meningkatkan keterlibatan aktif siswa kelas VIII F SMPN 1 Pontianak melalui penerapan talking chips, Indonesian Journal of EducationalDevelopment,2(1),28-37. https://doi.org/10.5281/zenodo.4781846

Nana Sudjana, 2018, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya

Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, Jakarta:Kemendikbud.

Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi, Jakarta: Depdiknas.

Purwanto, 2011, Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

P.Maulana and A. Akbar, “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar,” J. Pesona Dasar, vol. 5, no. 2, pp. 46–59, 2017.

Sardiman. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Sarwani, A, 2018, Narrative Text sebagai sumber belajar mata pelajaran Bahasa Inggris untuk menumbuhkan nilai moral peserta didik, Lingua, 12(2), 243–254.

Slameto, 2010, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Asdi

Mahasatya.

Sardiman AM, 2018, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Press

Rusman, 2020, Model-model Pembelajaran, Bandung: PT. Rajagrafindo Persada.

Slameto, 20108 Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta:

Rineka Cipta.

Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010). h. 146S

Subana, Moersetyo dan Sudrajat, 2000, Statistik Pendidikan, Bandung: CV

Pustaka Setia.

Sugiyono, 2019, Statistika untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta.

Suyono dan Hariyanto, 2015, Belajar dan Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Sugiyono, 2019, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Utami Munandar, Kreativitas dan Keberbakatan. Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif & Bakat, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1999), hal. 88. 4

Downloads

Published

2024-02-04

How to Cite

Sulistiowati, E. R., Taufiqulloh, T., & Prihatin, Y. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Peningkatan Hasil dan Motivasi Belajar Pemahaman Bacaan Narrative Text Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 3. Journal of Education Research, 5(1), 426–439. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.840

Issue

Section

Articles

Citation Check