Pengembangan Modul Ajar Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Geogebra Materi Persamaan Garis Lurus pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bumijawa

Authors

  • Devi Rezha Sonia Program Studi Magister Pedagogi, Pascasarjana, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Burhan Eko Purwanto Program Studi Magister Pedagogi, Pascasarjana, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Munadi Munadi Program Studi Magister Pedagogi, Pascasarjana, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.839

Keywords:

Modul Ajar, Problem Based Learning, GeoGebra

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui analisis pengembangan modul ajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu Geogebra materi persamaan garis lurus, (2) Mengetahui desain modul ajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu Geogebra materi persamaan garis lurus, (3) Mengetahui validitas model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Geogebra pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bumijawa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Langkah-langkah dalam penelitian ini mengikuti langkah-langkah penelitian model ADDIE yang dikembangkan oleh Dick & Carry. Karena keterbatasan waktu penelitian, maka alur penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini hanya pada tiga tahapan, yaitu (1) Analysis (analisis), (2) Design (desain), (3) Development dan (evaluasi). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Bumijawa yang jumlah 164 siswa. Kesimpulan penelitian adalah (1) Analisis dalam pengembangan modul ajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu Geogebra terdiri dari 5 tahapan antara lain: analisis Awal-Akhir (Font-end Analysis), analisis siswa (Learner Analysis), analisis Konsep (Concept Analysis), analisis Tugas (Task Analysism dan Spesifikasi Tujuan Pembelajaran (Specifying Instructional Objectives), (2) Desain modul ajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu Geogebra yaitu: pembuatan instrumen penilaian modul ajar berupa angket kelayakan produk dan perancangan melalui beberapa tahapan yakni: deskripsi modul ajar sebelum dikembangkan dan hasil pengembangan modul ajar untuk memperbaiki pembelajaran. (3) Validitas dalam pengembangan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu Geogebra  terdiri dari dua langkah yaitu Expert Jugdment (penilaian ahli) yang disertai revisi dan delopmental testing (uji coba pengembangan) menggunakan Validasi Ahli (Expert Jugdment), Uji Validasi Isi Aiken, dan Permodelan Rasch untuk mengukur krakteristik butir pada uji coba angket respon siswa butir soal materi persamaan garis lurus. (4) Berdasarkan rekapitulasi ketuntasan belajar diketahui bahwa dari 6 kelas yaitu kelas VIII A, VIII B, VIII C, VIII D, VIII E, dan VIII F  yang berjumlah 164 siswa, jumlah siswa yang tuntas sebanyak 143 atau 87,20%, sedangkan siswa yang belum tuntas sebanyak 21 atau 12,80%. Jadi, dari data tersebut dapat disimpulkan terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa setelah pengembangan modul ajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Geogebra

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, S. (2018). "Pemanfaatan Aplikasi GeoGebra Dalam Pembelajaran Matematika SMP". Volume 03, Nomor 1.(hal 312-470).

--------- (2022) Konsep dan Komponen Modul Ajar https://guru.kemdikbud .go.id/kurikulum/ perkenalan/perangkat-ajar/konsep-komponen-modul-ajar/ 21 Oktober 2023

Amira. (2023) Media: Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenis https://www.gramedia.com/literasi/ media / diakses 24 Oktober 2023.

Dhiba Farah (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Pendekatan 5M Pada Materi Persamaan Garis Lurus. Http://Repository. Umsu.Ac.Id/Bitstream/Handle/123456789/21311/SKRIPSI%20FARAH%20DHIBA%20MYRANI.Pdf?Sequence=1&Isallowed=Y. Diakses Tanggal 21 November 2023.

Diyah. 2020. GeoGebra dalam Pembelajaran Matematika. CV. BUDI UTAMA.Yogyakarta.

Evita. ( 2023). Ringkasan Materi Persamaan Garis Lurus SMP Kelas 8 beserta Penjelasannya. https://mamikos.com/info/materi-persamaan-garis-lurus-smp-kelas-8-pljr/. Diakses 21 November 2023.

Frans Huma. (2023). Prinsip dan Prosedur Pengembangan Modul Ajar. https://pusatinformasi.kolaborasi.kemdikbud.go.id/hc/en-.us/articles/5010596304153-Prinsip-dan-Prosedur-Pengembangan-Modul-Ajar. Diakses Tanggal 22 November 2023.

Hamdani. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Hendriadi (2022) Content Validity (Validitas Isi). https://teorionline.files. wordpress.com /2014/07/010614 -content-validity.pdf. Diakses Tanggal 21 November 2023.

Ikhsan (2023) https://ikhsanaira.wordpress.com/2014/11/11/pengertian-modul-pembelajaran/ 21 Oktober 2023.

Junaidi. (2021). Pengembangan Inovasi Modul Digital (IMD). https://dikti.kemdikbud .go.id /wp-content/uploads/2021/02/Panduan-Inovasi-Modul-Digital-2021-23.pdf. Diakses Tanggal 22 November 2023.

Kusuma, D. F., (2019). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1). https://doi.org/10.24198/jmk.v3i1.12963.

Majid, Abdul. 2018. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Majid, Abdul. 2018. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Putra, I. P. D. S., & Sukajaya, I. N. 2019."Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis GeoGebra Untuk Pembelajaran Persamaan Linear Dua Variabel di SMP". Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.23887/jppm.v7i1.2808.

Sampoerna,. (2022). Pengertian Problem Based Learning, Tujuan dan Sintak. https://www.sampoernaacademy.sch.id/id/problem-based-learning/. Dikases 25 Oktober 2023.

Supini, Epin (2022). Mengenal Modul Ajar dalam Kurikulum Merdeka https://blog.kejarcita.id/modul-ajar-kurikulum-merdeka/ 21 Oktober 2023.

Surani, D. 2019. Studi Literatur : Peran Teknologi Pendidikan dalam Pendidikan 4.0. 2, 14. CV. Diakses Tanggal 22 November 2023.

Yulinda Fita. (2023). Contoh Modul Projek. https://pusatinformasi.kolaborasi .kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/5010262420633-Contoh-Modul-Projek. Diakses Tanggal 22 November 2023.

Yunitasari, I., Sahrudin, A., Kartasasmita, B. G., & Prakoso, T. B. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dengan Memanfaatkan ProgramGeoGebra Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan KemandirianBelajar Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar.

Downloads

Published

2024-02-04

How to Cite

Sonia, D. R., Purwanto, B. E., & Munadi, M. (2024). Pengembangan Modul Ajar Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Geogebra Materi Persamaan Garis Lurus pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bumijawa. Journal of Education Research, 5(1), 417–425. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.839

Issue

Section

Articles

Citation Check