Pengembangan Modul Ajar Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Geogebra Materi Persamaan Garis Lurus pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bumijawa
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.839Keywords:
Modul Ajar, Problem Based Learning, GeoGebraAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah Mengetahui analisis pengembangan modul ajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu Geogebra materi persamaan garis lurus, Mengetahui desain modul ajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu Geogebra materi persamaan garis lurus, Mengetahui validitas model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Geogebra pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri dua Bumijawa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development . Langkah-langkah dalam penelitian ini mengikuti langkah-langkah penelitian model ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry. Karena keterbatasan waktu penelitian, maka alur penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini hanya pada tiga tahapan, yaitu Analysisatau analisis, Design atau desain, Development dan evaluasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri dua Bumijawa yang jumlah seratus enam puluh empat siswa. Kesimpulan penelitian adalah Analisis dalam pengembangan modul ajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu Geogebra terdiri dari lima tahapan antara lain: analisis Awal-Akhir, analisis siswa atau Learner Analysis, analisis Konsep atau Concept Analysis, analisis Tugas atau Task Analysism dan Spesifikasi Tujuan Pembelajaran atau Specifying Instructional Objectives, Desain modul ajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu Geogebra yaitu: pembuatan instrumen penilaian modul ajar berupa angket kelayakan produk dan perancangan melalui beberapa tahapan yakni: deskripsi modul ajar sebelum dikembangkan dan hasil pengembangan modul ajar untuk memperbaiki pembelajaran. Validitas dalam pengembangan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu Geogebra terdiri dari dua langkah yaitu Expert Jugdment atau penilaian ahli yang disertai revisi dan delopmental testing atau uji coba pengembangan menggunakan Validasi Ahli atau Expert Jugdment, Uji Validasi Isi Aiken, dan Permodelan Rasch untuk mengukur krakteristik butir pada uji coba angket respon siswa butir soal materi persamaan garis lurus. Berdasarkan rekapitulasi ketuntasan belajar diketahui bahwa dari enam kelas yaitu kelas VIII A, VIII B, VIII C, VIII D, VIII E, dan VIII F yang berjumlah seratus enam puluh empat siswa, jumlah siswa yang tuntas sebanyak seratus empat puluh tiga atau, sedangkan siswa yang belum tuntas sebanyak dua puluh satu. Jadi, dari data tersebut dapat disimpulkan terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa setelah pengembangan modul ajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Geogebra
Downloads
References
Agung, S. (2018). "Pemanfaatan Aplikasi GeoGebra Dalam Pembelajaran Matematika SMP". Volume 03, Nomor 1.(hal 312-470).
--------- (2022) Konsep dan Komponen Modul Ajar https://guru.kemdikbud .go.id/kurikulum/ perkenalan/perangkat-ajar/konsep-komponen-modul-ajar/ 21 Oktober 2023
Amira. (2023) Media: Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenis https://www.gramedia.com/literasi/ media / diakses 24 Oktober 2023.
Dhiba Farah (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Pendekatan 5M Pada Materi Persamaan Garis Lurus. Http://Repository. Umsu.Ac.Id/Bitstream/Handle/123456789/21311/SKRIPSI%20FARAH%20DHIBA%20MYRANI.Pdf?Sequence=1&Isallowed=Y. Diakses Tanggal 21 November 2023.
Diyah. 2020. GeoGebra dalam Pembelajaran Matematika. CV. BUDI UTAMA.Yogyakarta.
Evita. ( 2023). Ringkasan Materi Persamaan Garis Lurus SMP Kelas 8 beserta Penjelasannya. https://mamikos.com/info/materi-persamaan-garis-lurus-smp-kelas-8-pljr/. Diakses 21 November 2023.
Frans Huma. (2023). Prinsip dan Prosedur Pengembangan Modul Ajar. https://pusatinformasi.kolaborasi.kemdikbud.go.id/hc/en-.us/articles/5010596304153-Prinsip-dan-Prosedur-Pengembangan-Modul-Ajar. Diakses Tanggal 22 November 2023.
Hamdani. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Hendriadi (2022) Content Validity (Validitas Isi). https://teorionline.files. wordpress.com /2014/07/010614 -content-validity.pdf. Diakses Tanggal 21 November 2023.
Ikhsan (2023) https://ikhsanaira.wordpress.com/2014/11/11/pengertian-modul-pembelajaran/ 21 Oktober 2023.
Junaidi. (2021). Pengembangan Inovasi Modul Digital (IMD). https://dikti.kemdikbud .go.id /wp-content/uploads/2021/02/Panduan-Inovasi-Modul-Digital-2021-23.pdf. Diakses Tanggal 22 November 2023.
Kusuma, D. F., (2019). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1). https://doi.org/10.24198/jmk.v3i1.12963.
Majid, Abdul. 2018. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Majid, Abdul. 2018. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Putra, I. P. D. S., & Sukajaya, I. N. 2019."Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis GeoGebra Untuk Pembelajaran Persamaan Linear Dua Variabel di SMP". Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.23887/jppm.v7i1.2808.
Sampoerna,. (2022). Pengertian Problem Based Learning, Tujuan dan Sintak. https://www.sampoernaacademy.sch.id/id/problem-based-learning/. Dikases 25 Oktober 2023.
Supini, Epin (2022). Mengenal Modul Ajar dalam Kurikulum Merdeka https://blog.kejarcita.id/modul-ajar-kurikulum-merdeka/ 21 Oktober 2023.
Surani, D. 2019. Studi Literatur : Peran Teknologi Pendidikan dalam Pendidikan 4.0. 2, 14. CV. Diakses Tanggal 22 November 2023.
Yulinda Fita. (2023). Contoh Modul Projek. https://pusatinformasi.kolaborasi .kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/5010262420633-Contoh-Modul-Projek. Diakses Tanggal 22 November 2023.
Yunitasari, I., Sahrudin, A., Kartasasmita, B. G., & Prakoso, T. B. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dengan Memanfaatkan ProgramGeoGebra Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan KemandirianBelajar Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Devi Rezha Sonia, Burhan Eko Purwanto, Munadi Munadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).