Analisis Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 2 Slawi

Authors

  • Ropiyah Ropiyah Program Studi Magister Pedagogi, Pascasarjana, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Suriswo Suriswo Program Studi Magister Pedagogi, Pascasarjana, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Tri Mulyono Program Studi Magister Pedagogi, Pascasarjana, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.838

Keywords:

Kesiapan Guru, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan memakai pendekatan kuantitatif. Pendekatan kuantitatif ialah suatu pendekatan penelitian yang pada hakikatnya itu penafsiran yang memakai angka mulai dari penyatuan data, perhitungan pada data, beserta penampilan dan hasilnya. Adapun teknik penelitian yang peneliti gunakan adalah survey. Survey ialah penelitian yang diambil dari sampel suatu populasi dan memakai kuesioner sebagai akumulasi data utama. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui kesiapan guru dalam implementasi kurikulum merdeka di SMK Negeri 2 Slawi, (2) Mengetahui seberapa besar kesiapan guru dalam implementasi kurikulum merdeka di SMK Negeri 2 Slawi, dan (3) Mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat implementasi kurikulum Merdeka di SMK Negeri 2 Slawi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua di SMK Negeri2 Slawi yang berjumlah 106 orang guru. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah guru kelas XII yang menajar mata pelajaran umum dan kejuruan yang berjumlah 52 responden. Berdasarkan hasil analisis data yang telah didapatkan, maka dapat ditarik suatu kesimpulan kesiapan guru dalam implementasi kurikulum merdeka di SMK Negeri 2 Slawi  diperoleh hasil sebagai berikut: (1) pemahaman struktur kurikulum rata-rata 4.21 dan persentase 84.11% sangat tinggi, (2) kesiapan modul ajar rata-rata 3.90 dan presentase 78.01% tinggi (baik), (3) kesiapan proses pembelajaran rata-rata 4.25 dan presentase 85.00% sangat tinggi, (4) kesiapan penilaian pembelajaran (asesment) rata-rata 3.88 dan presentase 77.50% tinggi (baik), dan (5) kesiapan sarana dan prasarana. rata-rata 3.87 dan presentase 77.31% tinggi (baik). Sedangkan Faktor-faktor yang mendukung implementasi kurikulum Merdeka di SMK Negeri 2 Slawi antara lain: (1) Komitmen kepala sekolah dan guru untuk mengimplementasikan kurikulum Merdeka. (2) Dukungan orang tua siswa di SMK Negeri 2 Slawi terhadap implementasi kurikulum Merdeka. (3) Fasilitas dan prasarana yang memadai untuk mendukung implementasi kurikulum Merdeka. (4) Karakteristik siswa yang sesuai dengan kurikulum Merdeka. Sementara itu, faktor-faktor yang menghambat implementasi kurikulum Merdeka di SMK Negeri 2 Slawi antara lain: (1) Kurangnya pemahaman guru tentang kurikulum Merdeka. (2) Kurangnya pelatihan dan pendampingan, (3) Tekanan waktu yang tinggi. (4) Ketersediaan anggaran yang terbatas

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angga, dkk. 2022. “Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar”. Jurnal Basicedu. Vol. 6, No 4. Halaman 5877-5889.

Ari, A., dkk. 2023. "Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada Satuan Pendidikan Jenjang SMP". Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol. 5, No. 1. Halaman 1707–1715.

Aulia, D., dkk. 2022. "Penerapan Kurikulum Merdeka di SMP". Manajemen Administrasi Sekolah-AKWF2305. Vol. 1, No. 1. Halaman 67–78.

Daga, A. T. 2021. "Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar". Jurnal Educatio FKIP UNMA. Vol. 7, No. 3. Halaman 1075–1090.

Efiyanto, D. 2021. "Analisis Penerapan Kebijakan Merdeka Belajar pada Kurikulum SMK". Pascasarjana, Direktorat Program Malang, Universitas Muhammadiyah. Halaman 1–83.

Eva, A., dkk. 2023. "Analisis Kompetensi Guru dan Desain Pembelajaran dalam Melaksanakan Kegiatan Pembelajaran Sesuai Kurikulum Merdeka SD Negeri 1 Jantuk Tahun Pelajaran 2022-2023". Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. Vol. 8, No. 1. Halaman 424–432.

Hartoyo, A., & Rahmadayanti, D. 2022. "Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar". Jurnal Basicedu. Vol. 5, No. 4. Halaman 2247–2255.

Juannita, E., & Mahyuddin, N. 2022. "Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Anak Usia Dini".

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 6, No. 4. Halaman 3007–3012.

Kasmawati. 2021. "Persepsi Guru dalam Konsep Pendidikan (Studi pada Penerapan Merdeka Belajar di SMA Negeri 5 Takalar). Skripsi. Hal 1-148.

Kemendikbud. 2022. "Buku Saku Kurikulum Merdeka; Tanya Jawab". Buku Saku Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Halaman 1–50.

Kemendikbud. 2022. "Buku Saku Penyusunan Perangkat Ajar". Buku Saku

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Halaman 1-50.

Kemendikbud. 2021. "Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila". Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Halaman 1-136.

Khoirurrijal, dkk. 2023. "Pengembangan Kurikulum Merdeka". Buku. Hal 1-132.

Koroh, L. I. D., dkk. 2022. "Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Muhammadyah Ende". JURNAL NAULI Jurnal Pengabdian Mayarakat. Vol. 2, No. 1. Halaman 10–16.

Maulida, Utami. 2022. "Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka". Tarbawi. Vol. 5, No. 2. Halaman 130–138.

Miladiah, S. S., dkk. 2023. "Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka di SMP Bina Taruna Kabupaten Bandung". Jurnal Ilmiah Mandala Education. Vol. 9, No. 1. Halaman 312–318.

Muslim, A. 2022. "Landasan Filsafat Idealisme dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar". JETISH: Journal of Education Technology Information. Vol. 1, No. 1. Halaman 34–40.

Nisa, Z. 2022. "Implementasi Keterampilan Pembelajaran Abad 21 Berorientasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pancasila di SMP Al-Fatah Deltasari Sidoarjo". Skripsi. Halaman 1-139.

Noviantari, I., & Degi, A.A. 2023. "Development of Teaching Modules on Independent Curriculum Implementation". Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series. Vol. 6, No. 1. Halaman 465-470.

Nurholis, D. 2022. "Analisis Kebijakan Kurikulum 2013". Jurnal Program Studi PGMI. Vol. 9, No. 1. Halaman 98–114.

Nurulaeni, F., & Aulia, Rahma. 2022. "Analisis Problematika Pelaksanaan Merdeka Belajar Matematika". Jurnal Pacu Pendidikan Dasar. Vol. 2, No. 1. Halaman 35–45.

Rahayu,. dkk. 2022. "Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak". Jurnal Basicedu. Vol. 6, No. 4. Halaman 6313–6319.

Ritaudin, A., dkk. 2022. "Dinamika Implementasi Kurikulum Merdeka di Kabupaten Sleman: Antara Kendala dan Solusinya". Buku. Halaman 1-82.

Sinomi, C. 2022. "Persiapan Guru dalam Melaksanakan Sistem Pembelajaran Merdeka Belajar di SD N 01 Muara Pinang Kecamatan Muara Pinang Kabupaten Empat Lawang Provinsi Sumatera Selatan. Skripsi. Hal 1-103.

Suhandi, A. M., dkk. 2022. "Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru". Jurnal Basicedu. Vol. 6, No. 4. Halaman 5936–5945.

Susilowati, Eka. 2022. "Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembentukan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam". Journal of Sience Education. Vol. 1, No. 1. Halaman 115–132.

Wardani, B. G. P. 2022. "Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka dalam Perspektif Teori Konstruktivisme di Universitas Muhammadiyah Malang". Tesis. Halaman 1-106.

Widyastuti, A. 2020. "Persepsi Guru Tentang Konsep Merdeka Belajar Kemendikbud Nadiem Makarim dalam Pendidikan Agama Islam di MTS Negeri 3 Sleman". Skripsi. Halaman 1–128.

Downloads

Published

2024-02-04

How to Cite

Ropiyah, R., Suriswo, S., & Mulyono, T. (2024). Analisis Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 2 Slawi . Journal of Education Research, 5(1), 408–416. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.838

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.