Analisis Five Forces Porter dalam Evaluasi Produktivitas Penelitian Dosen di Perguruan Tinggi Kedinasan
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.834Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi produktivitas penelitian dan publikasi ilmiah dosen di perguruan tinggi kedinasan di bawah Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Metode survei dan analisis Five Forces Porter digunakan dalam pendekatan deskriptif eksploratif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil menunjukkan bahwa produktivitas penelitian dosen belum memadai, terutama dilihat dari rasio penelitian per dosen dan per perguruan tinggi kedinasan. Temuan utama mencakup kendala finansial sebagai sorotan utama, menyoroti perlunya peninjauan kebijakan alokasi anggaran penelitian. Keterbatasan literasi digital juga diakui sebagai faktor penting untuk meningkatkan efisiensi riset. Selanjutnya, perluasan upaya sosialisasi terkait Rencana Induk Penelitian dan eksplorasi motivasi dosen, baik intrinsik maupun ekstrinsik, memberikan dasar bagi perancangan insentif yang mendukung peningkatan produktivitas penelitian. Temuan ini merinci kompleksitas tantangan dan peluang di sektor pendidikan tinggi kedinasan, mendorong perubahan dan peningkatan berkelanjutan untuk mengoptimalkan kontribusi riset dosen dalam pengembangan ilmu pengetahuan.
Downloads
References
Abdusshomad, A., Kalbuana, N., Kurnianto, B., Kurniawati, Z., Rohman, T., & Hidayat, W. (2022). Analisis Bibliometrik Publish or Perish (Pop) Kepada Guru Man 3 Kulonprogo Yogyakarta. As-Sidanah : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 161–171. https://doi.org/10.35316/assidanah.v4i2.161-171
Adnan, T., Praptiningsih, N., & Kalbuana, N. (2024). Analyzing The Impact Of Research And Community Service Programs Of Higher Education Institutions On Local Economic Empowerment In Indonesia: A Literature Review Study. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 2(1), 210–222.
Arianto, S., Sumarto, S., Wahab, A. A., & Komariah, A. (2023). Pengembangan Dosen melalui pemberdayaan Professional Learning Community dalam meningkatkan publikasi ilmiah IAIN Lhokseumawe. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 16(02), 45–58. https://doi.org/10.32806/jf.v16i02.6216
Asad, M. (2012). Porter Five Forces vs Resource Based View - A Comparison. SSRN Electronic Journal, 1–12. https://doi.org/10.2139/ssrn.1986725
Dakhli, A. (2021). Does financial performance moderate the relationship between board attributes and corporate social responsibility in French firms? Journal of Global Responsibility, 12(4), 373–399. https://doi.org/10.1108/JGR-02-2021-0016
Dzulfikar, A., Jahroh, S., & Ali, M. M. (2023). Analisa Persaingan Usaha pada Perusahaan Start-Up Jahe Bubuk Instan Dengan Metode Five Forces Porter. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(2), 245–254.
Ebyatiswara Putra, A., Taufiqur Rohman, M., Linawati, L., & Hidayat, N. (2023). Pengaruh Literasi Digital terhadap Kompetensi Pedagogik Guru. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 201–211. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.185
Fung, H. P. (2014). Using Porter Five Forces and Technology Acceptance Model to Predict Cloud Computing Adoption among IT Outsourcing Service Providers. Internet Technologies and Applications Research, 1(2), 18. https://doi.org/10.12966/itar.09.02.2013
Gunarto, M., & Haddy, I. Al. (2023). Pengaruh Insentif Terhadap Peningkatan Publikasi Karya Ilmiah Dan Dampaknya Pada Pengembangan Karier Dosen. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 7(1), 176–186. https://doi.org/10.24912/jmieb.v7i1.23253
Hendra, O., Lestary, D., Aswia, P. R., Kalbuana, N., & Saulina, M. (2022). Pengenalan Budaya Keselamatan Bagi Pelajar Sekolah Menengah Kejuruan Penerbangan. Darmabakti: Jurnal Inovasi Pengabdian Dalam Penerbangan, 2(2), 72–77.
Hendriarto, P., Mursidi, A., Kalbuana, N., Aini, N., & Aslan, A. (2021). Understanding the Implications of Research Skills Development Framework for Indonesian Academic Outcomes Improvement. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 6(2), 51–60. https://doi.org/10.25217/JI.V6I2.1405
Isabella, I., Iriyani, A., & Puji Lestari, D. (2023). Literasi Digital sebagai Upaya Membangun Karakter Masyarakat Digital. Jurnal Pemerintahan Dan Politik, 8(3), 167–172. https://doi.org/10.36982/jpg.v8i3.3236
Jamilatul Aisyiah, Laili Cahyani, Muhlis Tahir, & Nuke Sephiana. (2022). Sistem Pencatatan Skripsi Berdasarkan Rencana Induk Penelitian (RIP) di Universitas Trunojoyo Madura. Explore IT: Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Teknik Informatika, 14(2), 39–44. https://doi.org/10.35891/explorit.v14i2.3541
Kalbuana, N., Hendra, O., Aswia, P. R., Lestary, D., Kardi, & Solihin. (2021). Pengenalan Unit Penanggulangan Keadaan Darurat Di Bandara Bagi Siswa SMK Penerbangan di Wilayah Lampung dan Sidoarjo. Jubaedah : Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah, 1(3), 232–239.
Kalbuana, N., Kurnianto, B., Abdusshomad, A., & Indra Cahyadi, C. (2022). Peningkatan Kemampuan Personil Penerbangan Pada Pelayanan Jasa Kebandarudaraan Melalui Pendidikan Dan Pelatihan Manajemen Bandar Udara. Pengmasku, 2(1), 57–65. https://doi.org/10.54957/PENGMASKU.V2I1.190
Kardi, Pamuraharjo, H., Kalbuana, N., & Kurnianto, B. (2023). The Nexus Of Artificial Intelligence, Blockchain Technology, And Human Capital In Digital Marketing Strategy: An Exploratory Study On The Integration, Ethical Implications, And Future Prospects. International Journal of Economic Literature, 1(1), 12–22.
Kenny, C. (2009). Transport construction, corruption and developing countries. Transport Reviews, 29(1), 21–41. https://doi.org/10.1080/01441640802075760
Krisna, F. N., Martono, S. F., Martak, Y. F., Purnama, J., & Restuaji, T. A. (2022). Pengaruh Sertifikasi Pendidik Terhadap Peningkatan Publikasi Ilmiah Dosen Di Perguruan Tinggi Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 78–92. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i1.2464
Kurniawati, Z., Kurnianto, B., Abdusshomad, A., Kalbuana, N., & Prasetyo, B. (2023). Utilization of Zoom Application as An Online Learning Media During the Covid-19 Pandemic at Politeknik Penerbangan Indonesia Curug. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6(2), 1268–1274. Retrieved from https://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/1660
Lesmana, M. T., & Putri, L. P. (2018). Pengaruh Insentif dan Kebijakan Universitas Terhadap Kinerja Dosen Dalam Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Jurnal Riset Sains Manajemen, 2(3), 97–102. https://doi.org/10.5281/zenodo.1410630
Mallin, C., Michelon, G., & Raggi, D. (2013). Monitoring Intensity and Stakeholders’ Orientation: How Does Governance Affect Social and Environmental Disclosure? Journal of Business Ethics, 114(1), 29–43. https://doi.org/10.1007/s10551-012-1324-4
Manan, A. (2023). Pendidikan Islam Dan Perkembangan Teknologi : Menggagas Harmoni Dalam Era Digital. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 56–73.
Millah, H., & Wibowo, U. B. (2016). Mekanisme Pemberian Insentif Tenaga Akademik Di Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 4(2), 208. https://doi.org/10.21831/amp.v4i2.10807
Nafi’ah, & Ayu, D. P. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengeruhi Kinerja Dosen Tetap Insuri Ponorogo. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 12(2), 208–227. https://doi.org/10.37680/adabiya.v12i2.15
Natania, A. T., & Dwijayanti, R. (2024). Pemanfaatan Platform Digital. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 12(1).
Pamuraharjo, H., Kardi, Kalbuana, N., & Abdusshomad, A. (2023). Catalyzing Educational Transformation In The Digital Age : Analyzing The Technological Implications On Millennial. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 1(3), 234–247.
Paskalino Jimmy Foris, & Ronny H. Mustamu. (2015). Analisis strategi bersaing pada perusahaan plastik dengan Porter five forces. Agora, 3(1), 736–741.
Perwitasari, Yudiman, A. T., & Fitrianti, D. (2022). Pengaruh Diklat, Insentif dan Kemampuan Intelektual terhadap Kinerja Dosen. Formosa Journal of Science and Technology, 1(5), 527–544. https://doi.org/10.55927/fjst.v1i5.1293
Prasetyo, R. H., Asbari, M., & Putri, S. A. (2024). Mendidik Generasi Z: Tantangan dan Strategi di Era Digital. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(1), 10–13. Retrieved from https://jisma.org/index.php/jisma/article/view/743
Raharjo, T. (2017). Evaluasi Pembelajaran Mata Kuliah Sistem Monitoring Dan Evaluasi Anggaran Dengan Pendekatan Model Evaluasi Kualitas Dan Output Pembelajaran (Ekop). Info Artha, 2, 35–46. https://doi.org/10.31092/jia.v2i0.77
Rahma, A. N., & Pradhanawati, A. (2018). Strategi Bersaing Produk Ukm Lunpia dengan Menggunakan Analisis Five Forces Porter dan SWOT (Kasus pada UKM Lunpia Kings Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(2), 171–185.
Rohman, M. A. (2022). Assessment of the government’s role performance in public-private partnership (PPP) toll road projects in Indonesia. Journal of Financial Management of Property and Construction, 27(2), 239–258. https://doi.org/10.1108/JFMPC-07-2019-0065
Sahputri, R. A. M., Haryono, B. S., & Sujarwoto, S. (2021). Hambatan, kebutuhan dan ambivalensi reaksi terhadap kebijakan publikasi internasional di Indonesia. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 9(1), 111. https://doi.org/10.29210/158900
Sihono, S., Fatkhulloh, A., Saputro, R., Herwanto, D., & Kalbuana, N. (2021). Pendalaman Buku Ajar Elektrikal dan Elektronika Pesawat Udara Bagi Guru SMK Penerbangan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) Langit Biru, 2(1), 46–54. https://doi.org/10.54147/jpkm.v2i01.462
Sihono, S., Fatkulloh, A., Saputro, R., Herwanto, D., Kalbuana, N., & Kurnianto, B. (2021). Pemantapan Dan Refreshing Materi Electrical & Electronik Untuk Guru Smk Penerbangan Di Jawa Tengah Dan Sekitarnya. Jubaedah : Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 1(1), 12–19. https://doi.org/10.46306/jub.v1i1.2
Soraya, S. M., Kurjono, & Muhammad, I. (2023). Analisis Bibliometrik: Penelitian Literasi Digital dan Hasil Belajar pada Database Scopus (2009-2023). EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 387–398. Retrieved from https://www.jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/270
Subroto, D. E., Supriandi, Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 473–480. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.542
Sundoro, Kalbuana, N., & Cahyadi, C. I. (2024). Strategic Trajectories: An In-Depth Exploration of Complex Landscape of Higher Education In Indonesia. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 2(1), 236–250.
Trenggono Hidayatullah, M., Asbari, M., Ibrahim, M. I., Hadidtia, A., & Faidz, H. (2023). Urgensi Aplikasi Teknologi dalam Pendidikan di Indonesia. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 70–73. Retrieved from https://jisma.org/index.php/jisma/article/view/785
Tsoraya, N. D., Asbari, M., & Pratiwi, A. (2023). Revolusi Digital: Meningkatkan Relasi, Mengurangi Intensi. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 01(01), 34–38. Retrieved from https://literaksi.org/index.php/jmp/article/view/15/13
Uçmak, F., & Arslan, C. (2012). The Impact of Competition Conditions on New Market Entrants in Istanbul Hotel Industry: An Analyse by Using Five Forces of Competitive Position Model of M.Porter. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 58, 1037–1046. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.1084
Wijayanti, A., & Selawati, B. A. (2018). Perbaikan Kebijakan Tata Kelola Perguruan Tinggi Kedinasan. INTEGRITAS: Jurnal Antikorupsi, 6(1), 73–91. Retrieved from https://doi.org/10.32697/integritas.v6i1.583
Yani, A., Elfiswandi, Lusiana, & Sari, S. (2024). Pengaruh Insentif dan Komitmen Organisasional terhadap Motivasi Kerja Dosen pada Institut Agama Islam Negeri Kerinci. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(3), 168–184. https://doi.org/10.47476/reslaj.v6i3.6134
Yuniarto, Y. (2017). Pengaruh Motivasi Dan Insentif Terhadap Penilaian Prestasi Kerja Dosen Tetap Di Universitas Bunda Mulia. Business Management Journal, 8(1), 91–107. https://doi.org/10.30813/bmj.v8i1.619
Zulia Hanum, W. U. (2019). Model Insentif tambahan bagi dosen dari lebihan BKD. Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu “ Inovasi Produk Penelitian Pengabdian Masyarakat & Tantangan Era Revolusi 4.0 Industri “, 2, 10.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Yenni Arnas, Nawang Kalbuana, Endang Sugih Arti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).