Analisis Peran Pengawas Sekolah dan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru

Authors

  • Mardiana Mardiana Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Ilham Anas Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Wardiyanto Simbala Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Ayu Lestari Abbas Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Aryanti Nur Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.833

Keywords:

Peran Pengawas Sekolah, Peran Kepala Sekolah, Kompetensi Manajerial, Kinerja Guru

Abstract

Penelitian ini menggambarkan pengaruh antara peran pengawas sekolah dan kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru di Kabupaten Enrekang. Dalam konteks organisasi publik, pentingnya kepemimpinan yang efektif dalam membimbing dan memotivasi bawahan untuk mencapai tujuan organisasi sangat diakui. Kondisi ini terutama terlihat dalam konteks pendidikan, dimana pencapaian tujuan pendidikan seringkali tergantung pada kualitas kepemimpinan di tingkat sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan alat analisis Structural Equation Modeling. Hasil analisis menunjukkan bahwa peran pengawas sekolah tidak signifikan terhadap kinerja guru, sementara kompetensi manajerial kepala sekolah memiliki pengaruh signifikan. Pengawas sekolah juga memiliki pengaruh signifikan terhadap kompetensi manajerial kepala sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Addiansyah, M. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional dan Komunikasi Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Eksplanatif Kuantitatif Pada CV. Putra Nugraha Sentosa …. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE).

Agustian, I., Mufidah, N., Chakra Setiawan, H., Suklani, S., & Chakra Setiawan, H. (2023). Manajemen Evaluasi Kinerja Guru di Pondok Pesantren Al-Iman Putra Ponorogo. COMSERVA Indonesian Jurnal of Community Services and Development, 2(09). https://doi.org/10.59141/comserva.v2i09.567

Artiana, A. (2022). Keterampilan Supervisor dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Indonesian Research Journal On Education, 2(3). https://doi.org/10.31004/irje.v2i3.393

Aulia, V., & Fakhri, M. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Terhadap Penerapan Prinsip Good Corporate Governance. Jurnal Ecodemica : Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 3(1).

Marisa, S. (2022). Reliabilitas Konstruk Multidimensional Pada Structural Equation Modeling (SEM). Akrab Juara : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 7(1). https://doi.org/10.58487/akrabjuara.v7i1.1783

Meidiana, M., Ahmad, S., & Destiniar, D. (2020). Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dan Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2). https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3754

Miati, E., Fussalam, Y. E., & Yelia, Y. (2019). Optimalisasi Peran Pengawas Sekolah Terhadap Peningkatan Kompetensi Guru Bahasa Indonesia Kabupaten Sarolangun. Jurnal Muara Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.52060/mp.v4i1.134

Mulyasa H.E. 2012, Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta (ID): PT. Bumi Aksara. Neuwan WL. 2007. Basic of Social Reaseach: Qualitative and Quantitative Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara

Oviyanti, F. (2017). Urgensi Kecerdasan Interpersonal Bagi Guru. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1). https://doi.org/10.19109/tadrib.v3i1.1384

Pulungan, D. A., & Herosian, M. Y. (2019). Pengembangan Instrumen Tes Tingkat Literasi Statistis Siswa. SUPERMAT (JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA), 3(2). https://doi.org/10.33627/sm.v3i2.259

Raberi, A., Fitria, H., & Fitriani, Y. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Peran Komite Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Al-Qiyam, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.33648/alqiyam.v1i1.123

Rahmalia, M. (2020). Kompetensi Managerial Jabatan Administrasi Pegawai Negeri Sipil: Masalah dan Prospek Kebijakan. Jurnal Kewidyaiswaraan, 5(1). https://doi.org/10.56971/jwi.v5i1.64

Ramadhan, A. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Di Kabupaten Majene. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(2), 136. https://doi.org/10.26858/est.v3i2.3579

Suarni, S., & Suparhun, S. (2022). Optimalisasi Pengawasan Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i2.2925

Sahertian P.A. 2000, Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta (ID): Penerbit Rineka Cipta.

Ulfadilah, I., Darmiyanti, A., & Munafiah, N. (2023). Pengembangan Kompetensi Profesionalisme Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan dan Pembelajaran. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 8(2). https://doi.org/10.18592/jea.v8i2.7735

Tanjung, R., Arifudin, O., Mulyadi, D., BKPSDM Kabupaten Karawang, W., & Sekolah, K. (n.d.). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar Kata kunci. http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Yunis Hidayati, & Nik Haryanti. (2022). Implementasi Kebijakan Pengawas dalam Meningkatkan Kinerja Kepala Man 2 Tulungagung. JURNAL RISET RUMPUN ILMU PENDIDIKAN, 1(1). https://doi.org/10.55606/jurripen.v1i1.21

Zhahira, J. (2022). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Journal of Educational Research, 1(1). https://doi.org/10.56436/jer.v1i1.16

Downloads

Published

2024-02-27

How to Cite

Mardiana, M., Anas, I., Simbala, W., Abbas, A. L., & Nur, A. (2024). Analisis Peran Pengawas Sekolah dan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Journal of Education Research, 5(1), 590–600. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.833

Issue

Section

Articles

Citation Check