Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak di Usia Dini (Taman Kanan-Kanak) Melalui Kegiatan Bermain Sains

Authors

  • Abdul Kadir Puangrimaggalatung University, Indonesia
  • Aziz Thaba Lembaga Swadaya Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (LSP3) Matutu, South Sulawesi, Indonesia, Indonesia
  • AB Takko Bandung Hasanuddin University, Indonesia
  • St. Nursaadah Hasanuddin University, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.828

Keywords:

Anak Usia Dini, Bermain Sains, Kemampuan Kognitik

Abstract

Kemampuan kognitif anak sangat penting untuk dikembangkan sedini mungkin. Sebab, membentuk kognitif anak di usia dini adalah cikal bakal perkembangan kognitif anak di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan kognitif anak Kelompok B TK Negeri Pembina Makassar, Sulawesi Selatan melalui kegiatan bermain sains. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan subjek penelitian adalah anak didik Kelompok B TK Negeri Pembina Makassar pada semester II dua ribu dua puluh tiga sampai dua ribu dua puluh empat yang berjumlah enam anak. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif. Dari penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil kemampuan kognitif berkembang sesuai harapan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan sains sederhana dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak Kelompok B TK Negeri Pembina Makassar, Sulawesi Selatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Britto, P. R., Lye, S. J., Proulx, K., Yousafzai, A. K., Matthews, S. G., Vaivada, T., Perez-Escamilla, R., Rao, N., Ip, P., & Fernald, L. C. H. (2017). Nurturing care: promoting early childhood development. The Lancet, 389(10064), 91–102.

Garcia, E. (2016). The need to address non-cognitive skills in the education policy agenda. Brill Sense.

Haslana, I., & Wirastania, A. (2017). Mengembangkan kemampuan mengenal angka 1-10 melalui kartu angka pada taman kanak kanak kelompok A. Wahana, 69(2), 61–66.

Islamiyah, N., Aziz, S. A., Tarman, T., Nadira, N., & Thaba, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Scrambel Berbantuan Media Puzzle Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Bahasa Indonesia Murid Sekolah Dasar. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 18(1), 116-129.

Kadir, A., Thaba, A., & Mahmut, A. K. (2021). Meningkatkan Keterampilan Siswa dalam Berdiskusi Melalui Implementasi Teknik Sinektik. Kredo: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 4(2), 368-384.

Kurniawati, R., & Mulyati, M. (2021). Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Sains. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3).

Mudawamah, A., & Idawati, K. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Pada Materi Akidah Akhlak Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(1), 1530–1538.

Nasional, P. K. P. (2007). Kerangka dasar kurikulum pendidikan anak usia dini. Jakarta: Derpartemen pendidikan nasional.

Nuryati, N. (2017). Perkembangan intelektual pada anak usia dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(02), 155–174.

Nxumalo, F. (2019). Decolonizing place in early childhood education. Routledge.

Presiden Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Departemen Pendidikan Nasional.

Putri, S. U. (2019). Pembelajaran sains untuk anak usia dini. UPI Sumedang Press.

Rahmawati, H. K., Djoko, S. W., Diwyarthi, N. D. M. S., Aldryani, W., Ervina, D., Miskiyah, M., Oktariana, D., Octrianty, E., Kurniasari, L., & Fatsena, R. A. (2022). Psikologi perkembangan. CV Widina Media Utama.

Septantiningtyas, N., Shofiatun, A. M., & Rahman, A. (2021). Pembelajaran Sains. Penerbit Lakeisha.

Slavin, R. E. (2019). Educational psychology: Theory and practice.

Solso, R. L., Maclin, O. H., & Maclin, M. K. (2008). Psikologi kognitif. Jakarta: Erlangga.

Sulistyorini, B. (2011). Perkembangan Kognitif dan Kreativitas Anak Usia 0-2 Tahun. Makalah Disajikan dalam Perkuliahan Prodi PG PAUD UNM. Malang September.

Downloads

Published

2024-02-04

How to Cite

Kadir, A., Thaba, A., Bandung, A. T., & Nursaadah, S. (2024). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak di Usia Dini (Taman Kanan-Kanak) Melalui Kegiatan Bermain Sains. Journal of Education Research, 5(1), 380–388. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.828

Issue

Section

Articles

Citation Check