Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak di Usia Dini (Taman Kanan-Kanak) Melalui Kegiatan Bermain Sains
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.828Keywords:
Anak Usia Dini, Bermain Sains, Kemampuan KognitikAbstract
Kemampuan kognitif anak sangat penting untuk dikembangkan sedini mungkin. Sebab, membentuk kognitif anak di usia dini adalah cikal bakal perkembangan kognitif anak di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan kognitif anak Kelompok B TK Negeri Pembina Makassar, Sulawesi Selatan melalui kegiatan bermain sains. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan subjek penelitian adalah anak didik Kelompok B TK Negeri Pembina Makassar pada semester II dua ribu dua puluh tiga sampai dua ribu dua puluh empat yang berjumlah enam anak. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif. Dari penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil kemampuan kognitif berkembang sesuai harapan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan sains sederhana dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak Kelompok B TK Negeri Pembina Makassar, Sulawesi Selatan.
Downloads
References
Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Britto, P. R., Lye, S. J., Proulx, K., Yousafzai, A. K., Matthews, S. G., Vaivada, T., Perez-Escamilla, R., Rao, N., Ip, P., & Fernald, L. C. H. (2017). Nurturing care: promoting early childhood development. The Lancet, 389(10064), 91–102.
Garcia, E. (2016). The need to address non-cognitive skills in the education policy agenda. Brill Sense.
Haslana, I., & Wirastania, A. (2017). Mengembangkan kemampuan mengenal angka 1-10 melalui kartu angka pada taman kanak kanak kelompok A. Wahana, 69(2), 61–66.
Islamiyah, N., Aziz, S. A., Tarman, T., Nadira, N., & Thaba, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Scrambel Berbantuan Media Puzzle Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Bahasa Indonesia Murid Sekolah Dasar. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 18(1), 116-129.
Kadir, A., Thaba, A., & Mahmut, A. K. (2021). Meningkatkan Keterampilan Siswa dalam Berdiskusi Melalui Implementasi Teknik Sinektik. Kredo: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 4(2), 368-384.
Kurniawati, R., & Mulyati, M. (2021). Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Sains. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3).
Mudawamah, A., & Idawati, K. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Pada Materi Akidah Akhlak Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(1), 1530–1538.
Nasional, P. K. P. (2007). Kerangka dasar kurikulum pendidikan anak usia dini. Jakarta: Derpartemen pendidikan nasional.
Nuryati, N. (2017). Perkembangan intelektual pada anak usia dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(02), 155–174.
Nxumalo, F. (2019). Decolonizing place in early childhood education. Routledge.
Presiden Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Departemen Pendidikan Nasional.
Putri, S. U. (2019). Pembelajaran sains untuk anak usia dini. UPI Sumedang Press.
Rahmawati, H. K., Djoko, S. W., Diwyarthi, N. D. M. S., Aldryani, W., Ervina, D., Miskiyah, M., Oktariana, D., Octrianty, E., Kurniasari, L., & Fatsena, R. A. (2022). Psikologi perkembangan. CV Widina Media Utama.
Septantiningtyas, N., Shofiatun, A. M., & Rahman, A. (2021). Pembelajaran Sains. Penerbit Lakeisha.
Slavin, R. E. (2019). Educational psychology: Theory and practice.
Solso, R. L., Maclin, O. H., & Maclin, M. K. (2008). Psikologi kognitif. Jakarta: Erlangga.
Sulistyorini, B. (2011). Perkembangan Kognitif dan Kreativitas Anak Usia 0-2 Tahun. Makalah Disajikan dalam Perkuliahan Prodi PG PAUD UNM. Malang September.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Abdul Kadir, Aziz Thaba, AB Takko Bandung, St. Nursaadah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).