Pengembangan Media New Travel Game pada Materi Operasi Hitung Pecahan untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa Kelas VI Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.812Keywords:
Pengembangan, Media New Travel Game, Pecahan, KemandirianAbstract
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui efektivitas media new travel game sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemandirian pada materi operasi hitung pecahan bagi siswa kelas VI di SD Negeri Sumbarang, Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal. New travel game merupakan suatu media pembelajaran berupa permainan edukatif yang disajikan sebagai suatu permainan dalam kegiatan belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model pengembangan ADDIE dengan menerapkan tiga langkah yaitu; Analysis atau analisis, desain, Development atau pengembangan. Hasil penilaian validasi konstruk media pembelajaran yang dilakukan oleh tiga orang validator mempunyai nilai keseluruhan sembilan puluh persen dengan kategori sangat valid dan validasi materi dengan nilai keseluruhan sembilan puluh enam persen dengan kategori sangat valid. Hasil efektivitas media pembelajaran yang diperoleh dari siswa kelas VI SDN Sumbarang mempunyai perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kemandirian siswa juga mengalami peningkatan dari sebelum dan sesudah mengunakan media new travel game. Dengan demikian media pembelajaran new travel game yang dikembangkan dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif
Downloads
References
Afrida, Nur, A. & Handayani, S. (2018). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Rasa Ingin Tahu Peserta didik Kelas XI Melalui Model ARIAS. Prisma I: Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika.
Aliyyah R.R., Puteri, F. A., dan Kurniawati, A. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Sosial Humaniora 8 (2): 126-143
Batubara, H,H,. & Ariani, D.N. (2017). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik dengan Startegi Heuristik KRULIK dan RUDNIK terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah.
Bujuri, Dian Andesta. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI: Volume IX, No.1.
Dani, S. R., Subhan, M., & Hader, A. E. (2021). Pengembangan Media Travel Game Pada Pembelajaran Perkalian dan Pembagian Bilangan Pecahan Matematika di Kelas V Sekolah Dasar. CONSILIUM Journal : Journal Education and Counseling
Gazali, R. Y. 2016. Pembelajaran Matematika yang Bermakna. Math Didactic : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181-190.
Md Suarjana, L. I., Putu Parmiti, D., Elma Arry Safitri, P., Kunci, K., & hitung pecahan, operasi. (2018). Jurnal Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Hitung Pecahan Siswa Sekolah dasar International Journal of Elementary Education, 2(2), 144–155. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE
Muhtarom, Tamim. (2021). Travel Game sebagai Media Pembelajaran Perkalian dan Pembagian. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika Vol. 4 No. 1 (2021).
Nurfadhillah, Septy (2021). Media Pembelajaran Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran (S. Nurfadhillah, Ed.; 1st ed., Vol. 1). CV Jejak.
Priyastutik, S., Suhendri, H., & Kasyadi, S. (2019). Pengaruh Kemandirian dan Konsep Diri terhadap Pemecahan Masalah Matematika Peserta didik. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(1), 1-10.
Suci, A. A. W. & Rosyidi, A. H. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pembelajaran Problem Posing Berkelompok. MATHEdunesa, 1(2).
Sugiyanto, Irfan, Suryandari, S., & Age, L. D. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Kemandirian Belajar Peserta didik di Rumah. Jurnal Inovasi Penelitian Vo.1 No.3
Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumiharsono, R., & Hasanah, H. (2017). Media Pembelajaran: Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru dan Calon Pendidik. Jember: Pustaka Abadi
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan: 2(2), 103-104.
Wahyuni, S. (2015). Developing Science Learning Instruments Based On Local Wisdom To Improve Students’critical Thinking Skills.
Wardhani R. & Yaqin H M. (2013). Game Dasar-Dasar Hukum Islam Dalam Kitab Mabadi’ul Fiqh. Jurnal Teknika Pp 473-478.
Wibawanto, Wandah. (2018). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Cerdas Ulet Kreatif.
Winaryati, Eni. (2018). Penilaian Kompetensi Siswa Abad 21. Seminar Nasional: FMIPA UNIMUS.
Wulandari, N. K., & Rustika, I. M. (2016). Peran Kemandirian dan Kecerdasan Emosional terhadap Penyesuaian Diri pada Peserta didik Asrama Tahun Pertama SMK Kesehaan Bali Medika Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 3 (2), 232-243.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Fajar Hadi Wibowo, Purwo Susongko, Munadi Munadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).