Pengembangan Media New Travel Game pada Materi Operasi Hitung Pecahan untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

Authors

  • Fajar Hadi Wibowo Magister Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Purwo Susongko Magister Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Munadi Munadi Magister Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.812

Keywords:

Pengembangan, Media New Travel Game, Pecahan, Kemandirian

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui efektivitas media new travel game sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemandirian pada materi operasi hitung pecahan bagi siswa kelas VI di SD Negeri Sumbarang, Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal. New travel game merupakan suatu media pembelajaran berupa permainan edukatif yang disajikan sebagai suatu permainan dalam kegiatan belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE dengan menerapkan tiga langkah yaitu; (1) Analysis (analisis), (2) Design (desain), (3) Development (pengembangan). Hasil penilaian validasi konstruk media pembelajaran yang dilakukan oleh tiga orang validator mempunyai nilai keseluruhan 90% dengan kategori sangat valid dan validasi materi dengan nilai keseluruhan 96 % dengan kategori sangat valid. Hasil efektivitas media pembelajaran yang diperoleh dari siswa kelas VI SDN Sumbarang mempunyai nilai output tes statistic diketahui bahwa nilai asymp. Sig (2 tailed) sebesar 0,008 < 0,05 yang artinya ada perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol.  Kemandirian siswa juga mengalami peningkatan sebesar 23% dari yang semula 63% menjadi 86% dari sebelum dan sesudah mengunakan media new travel game. Dengan demikian media pembelajaran new travel game yang dikembangkan dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrida, Nur, A. & Handayani, S. (2018). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Rasa Ingin Tahu Peserta didik Kelas XI Melalui Model ARIAS. Prisma I: Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika.

Aliyyah R.R., Puteri, F. A., dan Kurniawati, A. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Sosial Humaniora 8 (2): 126-143

Batubara, H,H,. & Ariani, D.N. (2017). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik dengan Startegi Heuristik KRULIK dan RUDNIK terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah.

Bujuri, Dian Andesta. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI: Volume IX, No.1.

Dani, S. R., Subhan, M., & Hader, A. E. (2021). Pengembangan Media Travel Game Pada Pembelajaran Perkalian dan Pembagian Bilangan Pecahan Matematika di Kelas V Sekolah Dasar. CONSILIUM Journal : Journal Education and Counseling

Gazali, R. Y. 2016. Pembelajaran Matematika yang Bermakna. Math Didactic : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181-190.

Md Suarjana, L. I., Putu Parmiti, D., Elma Arry Safitri, P., Kunci, K., & hitung pecahan, operasi. (2018). Jurnal Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Hitung Pecahan Siswa Sekolah dasar International Journal of Elementary Education, 2(2), 144–155. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE

Muhtarom, Tamim. (2021). Travel Game sebagai Media Pembelajaran Perkalian dan Pembagian. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika Vol. 4 No. 1 (2021).

Nurfadhillah, Septy (2021). Media Pembelajaran Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran (S. Nurfadhillah, Ed.; 1st ed., Vol. 1). CV Jejak.

Priyastutik, S., Suhendri, H., & Kasyadi, S. (2019). Pengaruh Kemandirian dan Konsep Diri terhadap Pemecahan Masalah Matematika Peserta didik. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(1), 1-10.

Suci, A. A. W. & Rosyidi, A. H. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pembelajaran Problem Posing Berkelompok. MATHEdunesa, 1(2).

Sugiyanto, Irfan, Suryandari, S., & Age, L. D. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Kemandirian Belajar Peserta didik di Rumah. Jurnal Inovasi Penelitian Vo.1 No.3

Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumiharsono, R., & Hasanah, H. (2017). Media Pembelajaran: Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru dan Calon Pendidik. Jember: Pustaka Abadi

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan: 2(2), 103-104.

Wahyuni, S. (2015). Developing Science Learning Instruments Based On Local Wisdom To Improve Students’critical Thinking Skills.

Wardhani R. & Yaqin H M. (2013). Game Dasar-Dasar Hukum Islam Dalam Kitab Mabadi’ul Fiqh. Jurnal Teknika Pp 473-478.

Wibawanto, Wandah. (2018). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Cerdas Ulet Kreatif.

Winaryati, Eni. (2018). Penilaian Kompetensi Siswa Abad 21. Seminar Nasional: FMIPA UNIMUS.

Wulandari, N. K., & Rustika, I. M. (2016). Peran Kemandirian dan Kecerdasan Emosional terhadap Penyesuaian Diri pada Peserta didik Asrama Tahun Pertama SMK Kesehaan Bali Medika Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 3 (2), 232-243.

Downloads

Published

2024-01-14

How to Cite

Wibowo, F. H., Susongko, P., & Munadi, M. (2024). Pengembangan Media New Travel Game pada Materi Operasi Hitung Pecahan untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 5(1), 130–135. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.812

Issue

Section

Articles

Citation Check