Budaya Guru dan Krisis Kepercayaan terhadap Pendidikan

Authors

  • Muhammad Ali Madiyan Magister Manajemen Pendidikan Islam, UIN Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.810

Keywords:

Budaya Guru, Krisis Kepercayaan Pada Pendidikan

Abstract

Idealitas pendidikan sekolah dapat diterjemahkan melalui proses pelaksanaan pendidikan sekolah dengan memainkan peran atau keterlibatan proses kerja sama semua pihak yang ada di sekolah sesuai dengan tugas, peran, dan fungsinya secara proporsional. Artikel ini menawarkan analisis menyeluruh tentang interaksi kompleks antara budaya guru dan masalah kepercayaan yang sedang berlangsung dalam sistem pendidikan. Ide kolektif, nilai-nilai, konvensi, dan praktik yang mempengaruhi identitas dan perilaku profesional guru disebut sebagai budaya guru dalam konteks penelitian ini. Selain itu, krisis kepercayaan mengacu pada hilangnya kepercayaan secara bertahap terhadap orang tua, guru, siswa, dan struktur masyarakat yang lebih luas. Investigasi ini secara kritis mengeksplorasi penyebab krisis kepercayaan, seperti tindakan akuntabilitas, persepsi kurangnya otonomi profesional, penggambaran media yang buruk, dan meningkatnya ekspektasi orang tua, untuk memperjelas fenomena rumit ini. Penyelidikan ini juga mengeksplorasi dampak parah krisis ini terhadap budaya guru, seperti hilangnya identitas profesional dan terbatasnya kesempatan kerja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akib, Muh. (2021). Beberapa Pandangan tentang Guru Sebagai Pendidik. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 19(1).

Aslan, A., Suhari, S., Antoni, A., Mauludin, M. A., & MR, G. N. K. (2020). Dinamika Keagamaan Masyarakat Perbatasan Paloh Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 22(1).

Azzahra, L., & Irawan, D. (2023). Pentingnya Mengenalkan Alqur’an Sejak Dini Melalui Pendidikan Agama Islam. Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI), 1(1), 13-20.

Budiutomo, T. W. (2014). Membangun Karakter Siswa Melalui PendidAikan “Unggah Ungguh” Di Sekolah. Academy of Education Journal, 5(2), 53–70. https://doi.org/10.47200/aoej.v5i2.117

Cronin, R., Patricia, Ryan, F., & Coughlan, M. (2008). Undertaking a literature review: a step-by-step approach. British Journal of Nursing, 17(1), 38–43.

Darmawan, D. (2017). Hubungan antara kemampuan manajerial kepala sekolah dan budaya organisasi dengan kinerja guru satuan unit pendidikan di perguruan darul ma’arif, cipete selatan. SEKRETARI.

Dauhan, Novientry Sangiang. (2020). Pengaruh Budaya Kerja terhadap Kinerja Guru. Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar. SHEs: Conference Series, 3(3).

Husni, M. (2014). Budaya Sekolah dan Peningkatkan Mutu Pendidikan. El-Qudwah.

Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. B., & Gunawan, I. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Pembelajaran, Kepemimpinan Perubahan, Kepemimpinan Spiritual, Budaya Sekolah, dan Etika Profesi terhadap Kinerja Mengajar Guru. JMSP (Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan), 4(3).

Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., Yumriani, Y., & BP, A. R. (2022). Pengertian Pendidikan ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al Urwatul Wutsqa, 2(1).

Murfi, A., & Jannana, N. S. (2020). Kepemimpinan Sekolah dalam Situasi Krisis Covid-19 di Indonesia. 5(c), 119–136.

Nita, V., & As’ad Badar, A. F. (2023). Konsep Guru Dalam Pandangan Ki Hajar Dewantara Dan Dari Perspektif Pendidikan Islam. Ability: Journal of Education and Social Analysis.

Nita, W. D., & Sutanto, A. (2022). Pengaruh Budaya Sekolah Dan Motivasi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Smk Muhammadiyah Se-Kota Metro Lampung. POACE: Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan, 2(1).

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6).

Satianingsih, R. (2019). Kompetensi Guru Sd Dalam Tranformasi Pendidikan Era Industri 4.0. … Seminar Nasional Pendidikan Guru …, 1–6. https://psn.prosiding.unri.ac.id/index.php/PSN/article/download/7775/6774

Sari, G. J. P., Sutarman, S., Avicena, H. N., Fata, H. A., Nurita, F. W., & Rohmah, I. (2022). Nilai-Nilai Budaya Sekolah Di Sekolah Umum. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 6(2).

Sujarweni, V.Wiratna. 2014. Metodeologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Perss.

Uliatunida, N. (2020). Perencanaan kurikulum untuk mencapai tujuan pendidikan. Medikom| Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Dakwah, 2(1),

Yacob, A. (2018). Kepercayaan Dalam Perspektif Komunikasi Umum dan Perspektif Komunikasi Islam. Jurnal Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi Sosial dan Kebudayaan, 9(2).

Downloads

Published

2024-03-09

How to Cite

Madiyan, M. A. (2024). Budaya Guru dan Krisis Kepercayaan terhadap Pendidikan. Journal of Education Research, 5(1), 734–739. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.810

Issue

Section

Articles