Budaya Guru dan Krisis Kepercayaan terhadap Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.810Keywords:
Budaya Guru, Krisis Kepercayaan Pada PendidikanAbstract
Idealitas pendidikan sekolah dapat diterjemahkan melalui proses pelaksanaan pendidikan sekolah dengan memainkan peran atau keterlibatan proses kerja sama semua pihak yang ada di sekolah sesuai dengan tugas, peran, dan fungsinya secara proporsional. Artikel ini menawarkan analisis menyeluruh tentang interaksi kompleks antara budaya guru dan masalah kepercayaan yang sedang berlangsung dalam sistem pendidikan. Ide kolektif, nilai-nilai, konvensi, dan praktik yang mempengaruhi identitas dan perilaku profesional guru disebut sebagai budaya guru dalam konteks penelitian ini. Selain itu, krisis kepercayaan mengacu pada hilangnya kepercayaan secara bertahap terhadap orang tua, guru, siswa, dan struktur masyarakat yang lebih luas. Investigasi ini secara kritis mengeksplorasi penyebab krisis kepercayaan, seperti tindakan akuntabilitas, persepsi kurangnya otonomi profesional, penggambaran media yang buruk, dan meningkatnya ekspektasi orang tua, untuk memperjelas fenomena rumit ini. Penyelidikan ini juga mengeksplorasi dampak parah krisis ini terhadap budaya guru, seperti hilangnya identitas profesional dan terbatasnya kesempatan kerja.
Downloads
References
Akib, Muh. (2021). Beberapa Pandangan tentang Guru Sebagai Pendidik. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 19(1).
Aslan, A., Suhari, S., Antoni, A., Mauludin, M. A., & MR, G. N. K. (2020). Dinamika Keagamaan Masyarakat Perbatasan Paloh Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 22(1).
Azzahra, L., & Irawan, D. (2023). Pentingnya Mengenalkan Alqur’an Sejak Dini Melalui Pendidikan Agama Islam. Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI), 1(1), 13-20.
Budiutomo, T. W. (2014). Membangun Karakter Siswa Melalui PendidAikan “Unggah Ungguh” Di Sekolah. Academy of Education Journal, 5(2), 53–70. https://doi.org/10.47200/aoej.v5i2.117
Cronin, R., Patricia, Ryan, F., & Coughlan, M. (2008). Undertaking a literature review: a step-by-step approach. British Journal of Nursing, 17(1), 38–43.
Darmawan, D. (2017). Hubungan antara kemampuan manajerial kepala sekolah dan budaya organisasi dengan kinerja guru satuan unit pendidikan di perguruan darul ma’arif, cipete selatan. SEKRETARI.
Dauhan, Novientry Sangiang. (2020). Pengaruh Budaya Kerja terhadap Kinerja Guru. Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar. SHEs: Conference Series, 3(3).
Husni, M. (2014). Budaya Sekolah dan Peningkatkan Mutu Pendidikan. El-Qudwah.
Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. B., & Gunawan, I. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Pembelajaran, Kepemimpinan Perubahan, Kepemimpinan Spiritual, Budaya Sekolah, dan Etika Profesi terhadap Kinerja Mengajar Guru. JMSP (Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan), 4(3).
Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., Yumriani, Y., & BP, A. R. (2022). Pengertian Pendidikan ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al Urwatul Wutsqa, 2(1).
Murfi, A., & Jannana, N. S. (2020). Kepemimpinan Sekolah dalam Situasi Krisis Covid-19 di Indonesia. 5(c), 119–136.
Nita, V., & As’ad Badar, A. F. (2023). Konsep Guru Dalam Pandangan Ki Hajar Dewantara Dan Dari Perspektif Pendidikan Islam. Ability: Journal of Education and Social Analysis.
Nita, W. D., & Sutanto, A. (2022). Pengaruh Budaya Sekolah Dan Motivasi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Smk Muhammadiyah Se-Kota Metro Lampung. POACE: Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan, 2(1).
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6).
Satianingsih, R. (2019). Kompetensi Guru Sd Dalam Tranformasi Pendidikan Era Industri 4.0. … Seminar Nasional Pendidikan Guru …, 1–6. https://psn.prosiding.unri.ac.id/index.php/PSN/article/download/7775/6774
Sari, G. J. P., Sutarman, S., Avicena, H. N., Fata, H. A., Nurita, F. W., & Rohmah, I. (2022). Nilai-Nilai Budaya Sekolah Di Sekolah Umum. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 6(2).
Sujarweni, V.Wiratna. 2014. Metodeologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Perss.
Uliatunida, N. (2020). Perencanaan kurikulum untuk mencapai tujuan pendidikan. Medikom| Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Dakwah, 2(1),
Yacob, A. (2018). Kepercayaan Dalam Perspektif Komunikasi Umum dan Perspektif Komunikasi Islam. Jurnal Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi Sosial dan Kebudayaan, 9(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Ali Madiyan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).