Peningkatan Perhatian Belajar melalui Model Kooperatif Learning pada Siswa MTs
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v3i2.81Keywords:
perhatian belajar, kooperatif learning, siswa MTsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi sejauh mana peningkatan pemahaman siswa dengan metode kooperatif learning. Adapun masalah dalam penelitian ini yakni siswa belum siap karena kondisinya dalam proses pembelajaran ribut, ngobrol dengan teman, Siswa banyak yang tidak serius belajar karena mereka senang keluar kelas dengan alasan ke toilet. Belum siap atau tidak berusaha untuk memahami materi yang akan dipelajari serta malas belajar dan tidur-tiduran di kelas Siswa banyak yang bermasalah baik itu kehadiran, tingkah laku kepribadian maupun dalam pengerjaan tugas. Maka demikian, hal tersebut dapat menurunkan sifat berpikir dari tiap-tiap siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIII MTs Darussalam Ngesong Sengon Jombang yang berjumlah dua puluh delapan siswa kelas VIII E. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi yang dilakukan selama penelitian pada siklus I dan siklus II sedang berlangsung. Luaran yang diharapkan oleh peneliti adalah berkembangnya kemampuan berpikir kritis siswa terhadap proses pembelajaran pada setiap mata pelajaran khususnya pelajaran Bahasa Indonesia, selain itu juga kemampuan siswa dalam menyerap informasi dan dapat lebih fokus terhadap proses pembelajaran yang berlangsung di dalam kelas.
Downloads
References
Agus Suprijono. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.
Anggrawati, D., & Kasih, F. (2022). Model Bimbingan Kelompok dalam Menggunakan Metode Role Playing untuk Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi pada Peserta Didik. Journal of Education Research, 2(4). https://doi.org/10.37985/jer.v2i4.64
Ayuni, D. (2021). Pencegahan Bullying dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 2(3), 93–100. https://doi.org/10.37985/jer.v2i3.55
Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter
Bogor: Ghalia Indonesia.
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Isjoni. 2011. Cooperative learning: Mengembangkan kemampuan belajar berkelompok. Bandung: Alfabeta.
Iqbal, M. ., Yulastri, W. ., & Adison, J. . (2021). Kontribusi Kegiatan Mentoring dalam Pembinaan Karakter Jujur Peserta Didik. Journal of Education Research, 2(4), 151–156. https://doi.org/10.37985/jer.v2i4.68
Meriyani, D., Yulaini, E., & Aradea, R. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi dengan menggunakan Metode Pembelajaran Problem Posing dan Problem Solving di SMA Sriguna Palembang Tahun Pelajaran 2021/2022. Journal of Education Research, 2(3), 101–109. https://doi.org/10.37985/jer.v2i3.56
Mulyani Sumantri 2016. Perkembangan Peserta Didik Jakarta Universitas Terbuka
Nana Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nofrika, D. S. (2022). Pandangan Orang Tua Tentang Pembelajaran Daring Untuk Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 2(3), 110–114. https://doi.org/10.37985/jer.v2i3.57
Nursilviani, N., Kasih, F., & Kardo, R. (2022). Model Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Metode Diskusi untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Peserta Didik. Journal of Education Research, 2(4). https://doi.org/10.37985/jer.v2i4.62
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta
Sri Sulistyorini. 2009. Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Semarang: Tiara Wacana
Sukayati. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta. PPPPTK
Suprihatiningrum, Jamil. 2017). Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
Sutarno, Nano. 2009. Materi dan Pembelajaran IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka Wardhani, I. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Universitas Terbuka
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 Eva Eri Dia, Nanda Rizki Ardana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).