Peningkatan Perhatian Belajar melalui Model Kooperatif Learning pada Siswa MTs

Authors

  • Eva Eri Dia STKIP PGRI Jombang, Indonesia
  • Nanda Rizki Ardana STKIP PGRI Jombang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v3i2.81

Keywords:

perhatian belajar, kooperatif learning, siswa MTs

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi sejauh mana peningkatan pemahaman siswa dengan metode kooperatif learning. Adapun masalah dalam penelitian ini yakni siswa belum siap karena kondisinya dalam proses pembelajaran ribut, ngobrol dengan teman, Siswa banyak yang tidak serius belajar karena mereka senang keluar kelas dengan alasan ke toilet. Belum siap atau tidak berusaha untuk memahami materi yang akan dipelajari serta malas belajar dan tidur-tiduran di kelas Siswa banyak yang bermasalah baik itu kehadiran, tingkah laku kepribadian maupun dalam pengerjaan tugas. Maka demikian, hal tersebut dapat menurunkan sifat berpikir dari tiap-tiap siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIII MTs Darussalam Ngesong Sengon Jombang yang berjumlah dua puluh delapan siswa kelas VIII E. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi yang dilakukan selama penelitian pada siklus I dan siklus II sedang berlangsung. Luaran yang diharapkan oleh peneliti adalah berkembangnya kemampuan berpikir kritis siswa terhadap proses pembelajaran pada setiap mata pelajaran khususnya pelajaran Bahasa Indonesia, selain itu juga kemampuan siswa dalam menyerap informasi dan dapat lebih fokus terhadap proses pembelajaran yang berlangsung di dalam kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Suprijono. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.

Anggrawati, D., & Kasih, F. (2022). Model Bimbingan Kelompok dalam Menggunakan Metode Role Playing untuk Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi pada Peserta Didik. Journal of Education Research, 2(4). https://doi.org/10.37985/jer.v2i4.64

Ayuni, D. (2021). Pencegahan Bullying dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 2(3), 93–100. https://doi.org/10.37985/jer.v2i3.55

Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter

Bogor: Ghalia Indonesia.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Isjoni. 2011. Cooperative learning: Mengembangkan kemampuan belajar berkelompok. Bandung: Alfabeta.

Iqbal, M. ., Yulastri, W. ., & Adison, J. . (2021). Kontribusi Kegiatan Mentoring dalam Pembinaan Karakter Jujur Peserta Didik. Journal of Education Research, 2(4), 151–156. https://doi.org/10.37985/jer.v2i4.68

Meriyani, D., Yulaini, E., & Aradea, R. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi dengan menggunakan Metode Pembelajaran Problem Posing dan Problem Solving di SMA Sriguna Palembang Tahun Pelajaran 2021/2022. Journal of Education Research, 2(3), 101–109. https://doi.org/10.37985/jer.v2i3.56

Mulyani Sumantri 2016. Perkembangan Peserta Didik Jakarta Universitas Terbuka

Nana Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nofrika, D. S. (2022). Pandangan Orang Tua Tentang Pembelajaran Daring Untuk Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 2(3), 110–114. https://doi.org/10.37985/jer.v2i3.57

Nursilviani, N., Kasih, F., & Kardo, R. (2022). Model Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Metode Diskusi untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Peserta Didik. Journal of Education Research, 2(4). https://doi.org/10.37985/jer.v2i4.62

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sri Sulistyorini. 2009. Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Semarang: Tiara Wacana

Sukayati. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta. PPPPTK

Suprihatiningrum, Jamil. 2017). Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar Ruzz Media

Sutarno, Nano. 2009. Materi dan Pembelajaran IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka Wardhani, I. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Universitas Terbuka

Downloads

Published

2022-07-02

How to Cite

Eri Dia, E., & Ardana, N. R. (2022). Peningkatan Perhatian Belajar melalui Model Kooperatif Learning pada Siswa MTs. Journal of Education Research, 3(2), 91–100. https://doi.org/10.37985/jer.v3i2.81

Issue

Section

Articles

Citation Check