Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa melalui Implementasi Model Discovery Learning Teruji (Tested)
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.802Keywords:
Discovery learning teruji, DLT, mahasiswa, peningkatan hasil belajarAbstract
Sebagian besar dosen seringkali menerapkan satu model pembelajaran tertentu saat mereka mengajar di kelas, namun model pembelajaran yang mereka terapkan bukan merupakan model pembelajaran yang telah teruji dan dikembangkan oleh dosen yang bersangkutan. Riset ini bertujuan untuk mengukur peningkatan hasil belajar mahasiswa dengan menerapkan model discovery learning yang telah teruji oleh dosen dan tim. Metode riset yang dilakukan penelitian tindakan kelas terhadap tiga puluh mahasiswa sarjana yang berada di semester tiga. Riset menunjukan hasil terdapat peningkatan hasil belajar mahasiswa sebesar tiga belas persen dari prasiklus ke siklus satu, dan tujuh persen dari siklus satu ke siklus dua. Hasil belajar mahasiswa yang terukur secara umum adalah keaktifan mereka saat model discovery learning teruji diterapkan di kelas. Model discovery learning teruji tersebut dapat diterapkan di kelas-kelas lainnya pada jenjang pendidikan tinggi, karena model ini telah teruji.
Downloads
References
Agustin, U., V., S., & Kristin, F. (2023). Efektifitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 6 Muatan Pelajaran IPS. Journal of Education Research, 4(4), 1716–1722.
Aini, S., D., & Irawati, S. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa melalui Pembelajaran Visual Thinking Disertai Aktivitas Quick on the Draw. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 210–219. http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagorasPYTHAGORAS:Jurnal
Ambarsari, T. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Model Discovery Learning melalui Google Classroom di SMA Negeri 1 Bayat. Habitus: Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Antropologi, 4(1), 109–120. https://doi.org/10.20961/habitus.v4i1.45776
Ezaldi, D., Rizki, L., M., & Zulhendri. (2023). Studi Komparasi antara Model Pembelajaran Discovery Learning dan Self Directed Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Journal of Education Research, 4(1), 116–124.
Ginting, P., & Hasnah, Y. (2017). Peningkatan Prestasi Belajar Mahasiswa melalui Penerapan Group Investigation Berbantu Media Microblogging Edmodo. Jurnal Tarbiyah, 24(2), 308–329.
Haryani, R. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Siswa SMK Menggunakan Model Discovery Learning: Studi pada Konsep Ikatan Kimia. STEAM Engineering (Journal of Science, Technology, Education And Mechanical Engineering), 2(2), 114–121. https://doi.org/10.37304/jptm.v2i2.2448
Marhadi, H., & Erlisnawati. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Manajemen Kelas dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Riau. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 5(1), 1–13.
Miftah, M., & Syamsurijal. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 59–71. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i01.2250
Panggabean, D., D., & Irfandi. (2016). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah pada Mata Kuliah Fisika Umum I. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 2(1), 44–49. https://doi.org/10.24114/jiaf.v2i1.3739
Suhada, R., Idrus, I., & Kasrina. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 3(1), 32–40. https://doi.org/10.34007/jdm.v4i1.1721
Sumila, R., & Ningsih, Y. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Peserta Didik Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 209–221. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jippsd.v7i1
Syafitri, M., Syaira, A., Julianis, & Saputra, M., A., N. (2023). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Discovery Learning. Journal of Education Research, 4(3), 1577–1580.
Victory, B., L., V. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Menggunakan Kuis Interaktif pada Mata Kuliah Kompetensi Guru Sekolah Dasar di Wilayah Pulau-Pulau Kecil Perbatasan. Journal of Education Research, 4(4), 2251–2257.
Wulandari, Y., Refianne, F., & Estiyani. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Model Discovery Learning di Kelas V SD. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 244–253. https://ojs.unm.ac.id/jppsd/index
Zagoto, M., M. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Word Square. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.1
Zanah, D., N., Putri, C., & Melati, I., I. (2023). Penggunaan Media Video Interaktif untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia dengan Model Discovery Learning. Journal of Education Research, 4(2), 592–598.
Zebua, D., I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Dasar-dasar Akutansi 1 melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Word Square. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 1005–1011.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Ari Gunardi, Maman Fathurrohman, Yuyu Yuhana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).