Evaluasi Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter di SD Muhammadiyah Pacul Model CIPP (Contex, Input, Process, Product)

Authors

  • Erna Krisnawati Program Studi Magister Pedagogi, Pascasarjana, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Purwo Susongko Program Studi Magister Pedagogi, Pascasarjana, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Suriswo Suriswo Program Studi Magister Pedagogi, Pascasarjana, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.801

Keywords:

Evaluasi Model CIPP, Penguatan Pendidikan Karakter

Abstract

Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) adalah Program pendidikan di sekolah untuk memperkuat karakter siswa melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga dengan dukungan pelibatan publik dan kerja sama antara sekolah, keluarga, dan masyarakat yang merupakan bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) Adapun urgensi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) adalah 1. Pembangunan SDM merupakan pondasi pembangunan bangsa. 2. Keterampilan abad 21 yang dibutuhkan siswa: Kualitas Karakter, Literasi Dasar, dan Kompetensi 4C, guna mewujudkan keunggulan bersaing Generasi Emas 2045. 3. Kecenderungan kondisi degradasi moralitas, etika, dan budi pekerti. Tujuan program Penguatan Pendidikan Karakter adalah menanamkan nilai-nilai pembentukan karakter bangsa ke peserta didik secara masif dan efektif melalui lembaga pendidikan dengan prioritas nilai-nilai tertentu yang akan menjadi fokus pembelajaran, pemahaman, pengertian, dan praktik, sehingga pendidikan karakter sungguh dapat mengubah perilaku, cara berpikir, dan cara bertindak seluruh bangsa Indonesia menjadi lebih baik dan berintegritas. Penguatan Pendidikan Karakter dimulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), dilanjutkan dengan prioritas pada jenjang pendidikan dasar, yaitu Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Gerakan PPK pada usia dini dan jenjang pendidikan dasar ini akan diintegrasikan dengan prioritas nilai dalam Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) sehingga terjadi perubahan yang masif dan serentak di seluruh Indonesia

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bansu , I. A., & Yamin, M. (2008). Taktik mengembangkan kemampuan individual siswa, Jakarta: Gaung Persada Press.

Budiman, Haris. 2017. Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Volume 8 No. I

Hamdayana, Jumanta, 2014, Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter, Bogor: Ghalia Indonesia.

Harjati. (2008). Prestasi Belajar .Diambil dari Definisipengertian.com/2012/pengertian-definisi prestasi.html pada 12 Maret 2014.

Hetika. (2008). Prestasi Belajar . Diambil dari http://www.poltas.ac.id pada 12 Maret 2014.

Isjoni, Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Kelompok. Bandung: Alfabeta, 2009. Hlm 15-17

Purwanto, Ngalim,”Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran”,Bandung, PT Remaja Rosdakarya: 2011.

Mulyana, T. (2008). Pembelajaran Analitik Sintetik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik Siswa Sekolah Menengah Atas. Disertasi pada PPS UPI. Bandung: Tidak diterbitkan

Shoimin Aris, 2014, Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta: Ar – Ruzz Media

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, 2010, Manajemen Penelitian (Jakarta:Rineka Cipta, 2010).

Sukestiyarno. 2014. Statistika Dasar. Yogyakarta: Universitas Negeri Semarang. Andi Offset.

Sumantri Numan, 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Penerbit Rosdakarya Bandung.

Suseli. 2010. Perbandingan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa yang menggunakan Think Talk Write(TTW) dengan Metode Ekspositori (Studi Eksperimen Mahasiswa Kelas VII SMP Negeri I Balongan Indramayu). IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Syahbana, A. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning.

Downloads

Published

2024-01-14

How to Cite

Krisnawati, E., Susongko, P., & Suriswo, S. (2024). Evaluasi Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter di SD Muhammadiyah Pacul Model CIPP (Contex, Input, Process, Product) . Journal of Education Research, 5(1), 122–129. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.801

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)